Aloclair: Manfaat, Dosis, Efek Samping

aloclair-doktersehat
Photo source: http://www.rigelpharma.com/

DokterSehat.Com – Aloclair obat apa? Aloclair Plus atau Aloclair adalah obat sariawan dengan kandungan ekstrak lidah buaya, Sodium hyaluronate, Glycyrrhetinic acid, dan Polyvinylpyrrolidone. Aloclair Plus tersedia dalam 3 sediaan yaitu gel, obat kumur, dan juga┬áspray.

Ketahui selengkapnya tentang Aloclair mulai dari manfaat, efek samping, dosis, petunjuk penggunaan, dan lainnya melalui artikel ini!

Rangkuman Informasi Obat Aloclair

Nama Obat Aloclair
Kandungan Obat ekstrak lidah buaya, Sodium hyaluronate, Glycyrrhetinic acid, dan Polyvinylpyrrolidone
Kategori Obat bebas
Manfaat Obat Mengatasi sariawan
Kontraindikasi Hipersensitif
Sediaan Obat Obat kumur, gel, spray

Kandungan dan Cara Kerja Aloclair

Aloclair Plus atau Aloclair adalah obat dengan kandungan utama ekstrak lidah buaya, Sodium hyaluronate, Glycyrrhetinic acid, dan Polyvinylpyrrolidone. Obat ini digunakan untuk mengatasi sariawan atau lesi mulut yang disebabkan oleh beberapa sebab.

Ekstrak lidah buaya berguna untuk menyembuhkan luka, mengurangi nyeri, dan mencegah infeksi. Kandungan selanjutnya adalah Sodium hyaluronate yang bertugas melembapkan dan membantu menyembuhkan luka. Ketiga, Glycyrrhetinic acid berguna untuk mengurangi bengkak dan nyeri. Selanjutnya Polyvinylpyrrolidone berguna untuk pembentukan lapisan pelindung.

Aloclair Plus bekerja dengan cara membentuk lapisan pada luka untuk melindungi luka dari stimulasi seperti makanan, minuman, tekanan, dan gesekan. Obat ini juga membantu mengurangi rasa nyeri dan mempercepat penyembuhan sariawan.

Manfaat Aloclair

Secara umum, manfaat Aloclair adalah untuk mengatasi sariawan atau lesi pada mulut yang disebabkan oleh berbagai kondisi. Manfaat obat ini adalah untuk membentuk lapisan pelindung untuk lesi tersebut.

Jika sariawan berada pada bagian mulut yang sulit dijangkau, maka disarankan untuk menggunakan Aloclair Plus gel yang aplikatornya panjang. Sedangkan untuk sariawan pada bagian mulut yang sulit dijangkau, disarankan menggunakan Aloclair Plus spray. Aloclair obat kumur sebaiknya digunakan untuk sariawan yang jumlahnya banyak dan menyebar.

Dosis Aloclair

Aloclair tersedia dalam sediaan Aloclair Plus spray, Aloclair Plus gel, dan Aloclair Plus obat kumur. Berikut adalah dosis Aloclair yang lazim diberikan:

  • Dosis Aloclair spray: semprot sebanyak 3 kali sehari.
  • Dosis Aloclair gel: 1-2 tetes, gunakan 3-4 kali sehari.
  • Dosis Aloclair obat kumur: 2 sendok takar atau 10 ml, kumur sebanyak 2-3 kali sehari

Dosis Aloclair dapat berbeda bergantung pada sediaannya. Ikuti petunjuk dosis yang ada dalam kemasan obat. Selain itu, dosis juga dapat berubah sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien. Jangan pernah mengganti dosis obat tanpa berdiskusi dengan dokter atau apoteker sebelumya.

Petunjuk Penggunaan Aloclair

Petunjuk penggunaan Aloclair disesuaikan dengan sediaannya.

1. Petunjuk penggunaan Aloclair spray

Petunjuk penggunaan Aloclair spray adalah sebagai berikut ini:

  • Saat menggunakan produk untuk pertama kali, lepaskan bagian atas dan oleskan vaporizer.
  • Arahkan vaporizer ke arah lebih dalam mulut dan semprotkan sebanyak 3 kali atau sesuai dengan kebutuhan untuk menutupi area yang terluka.
  • Hindari menelan obat ini, meskipun obat ini relatif tidak berbahaya jika tertelan.

2. Petunjuk penggunaan Aloclair gel

Petunjuk penggunaan Aloclair gel adalah sebagai berikut ini:

  • Oleskan 1 atau 2 tets gel untuk menutupi seluruh luka atau lesi mulut.
  • Hindari kontak langsung antara apikator dengan lesi.
  • Jangan menyentuh lesi menggunakan lidah paling tidak selama 2 menit hingga lapisan penutup luka terbentuk.
  • Tutup penutup aplikator setelah obat selesai diaplikasikan.

3. Petunjuk penggunaan Aloclair obat kumur

Petunjuk penggunaan Aloclair obat kumur adalah sebagai berikut ini:

  • Isi tutup pengukur yang disediakan hingga tanda indikator 10 ml.
  • Kumur-kumur selama kurang lebih selama 10 menit sebelum membuangnya.
  • Hindari penggunaan pada anak-anak yang belum bisa berkumur.
  • Hindari makan dan minum selama 1 jam setelah menggunakan obat ini.
  • Usahakan untuk tidak menelan obat ini.

Petunjuk Penyimpanan Aloclair

Simpan obat Aloclair seusia dengan petunjuk penyimpanannya untuk mencegah obat rusak dan efektivitasnya menurun. Berikut adalah petunjuk penyimpanan Aloclair yang harus diperhatikan:

  • Simpan obat Aloclair pada suhu ruangan.
  • Simpan obat Aloclair di tempat kering dan tidak lembap, jangan simpan di kamar mandi.
  • Hindari obat Aloclair dari cahaya atau sinar matahari langsung.
  • Hindari obat Aloclair dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
  • Jika obat sudah memasuki masa expired, jangan buang obat sembarangan, diskusikan dengan apoteker tentang petunjuk pembuangan obat ini.

Efek Samping Aloclair

Penggunaan Aloclair Plus relatif aman dan hingga kini belum ditemukan efek samping dari penggunaannya. Apabila Anda mengalami efek samping tertentu seperti reaksi alergi atau gejala efek samping lainnya, segera hentikan penggunaan obat ini.

Apabila efek samping tidak kunjung membaik, segera konslutasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Interaksi Obat Aloclair

Interaksi obat dapat terjadi ketika Aloclair digunakan bersama dengan jenis obat-obatan lain tertentu. Interaksi obat menyebabkan efektivitas obat menurun dan dapat meningkatkan potensi terjadinya efek samping.

Beri tahu dokter apabila Anda sedang mengonsumsi atau belakangan mengonsumsi obat-obatan tertentu termasuk obat resep, non-resep, hingga obat herbal.

Konsumsi alkohol juga dapat menyebabkan interaksi obat, maka sebaiknya dihindari. Diskusikan juga dengan dokter tentang jenis makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari selama penggunaan obat Aloclair untuk menghindari interaksi obat.

Peringatan dan Perhatian Aloclair

Obat Aloclair termasuk ke dalam kategori obat bebas yang penggunaannya tidak harus melalui resep dokter. Berikut adalah beberapa hal lain yang perlu menjadi peringatan dan perhatian selama penggunaan obat Aloclair:

  • Jangan gunakan obat Aloclair pada pasien yang hipersensitif terhadap komponen yang terkandung dalam Aloclair.
  • Konsultasikan dengan dokter apabila penggunaan obat ini tidak memberikan efek atau memperburuk kondisi lesi pada mulut. Kosultasikan juga dengan dokter apabila Anda mengalami sariawan yang berulang.