Terbit: 25 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Alco drop obat apa? Alco drop adalah obat dengan kandungan Pseudoefedrin Hidroklorida yang biasa diberikan kepada anak-anak. Obat Alco drop bisa untuk melegakan hidung tersumbat dengan cara melebarkan pembuluh darah yang ada di saluran hidung.

Alco drop – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat alco drop termasuk informasi tentang indikasi alco drop, kontraindikasi alco drop, bentuk sediaan alco drop, manfaat alco drop, dosis alco drop, dan efek samping alco drop.

  • Nama: Alco drop
  • Kelas Terapi: Dekongestan Nasal Sistemik
  • Monografi Obat: Pseudoefedrin Hidroklorida

Indikasi Alco drop

Obat Alco drop bisa diberikan kepada anak-anak yang memiliki keluhan obstruksi saluran napas yang reversibel. Anak yang ingin meredakan masalah pada hidung seperti bersin-bersin. Selain itu, masalah hidung tersumbat juga bisa diredakan  dengan menggunakan obat alco drop.

Masalah hidung tersumbat yang bisa diredakan dengan penggunaan obat Alco drop adalah masalah hidung tersumbat akibat pilek, demam, dan alergi. Anak-anak yang sedang memiliki sinus yang tersumbat atau tertekan bisa diberikan obat Alco drop sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Kontraindikasi Alco drop

Ada beberapa hal yang bisa menjadi kontraindikasi dengan kandungan Pseudoefedrin Hidroklorida di dalam obat Alco drop. Hindarilah pengonsumsian obat Alco drop yang mengandung Pseudoefedrin Hidroklorida pada anak-anak yang sedang mendapatkan terapi obat dengan menggunakan inhibitor monoamin oksidase (MAO).

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Beberapa contoh inhibitor monoamin oksidase seperti phenelzine (Nardil), furazolidone (Furoxone), selegiline (Eldepryl), isocarboxazid (Marplan), rasagiline (Azilect), dan Emsam, Zelapar). Interaksi inhibitor monoamin oksidase tersebut akan memiliki efek samping yang serius apabila berinteraksi dengan Pseudoefedrin Hidroklorida di dalam Alco drop.

Kontraindikasi obat Alco drop juga pasti terjadi pada anak yang alergi dengan kandungan Pseudoefedrin Hidroklorida. Oleh karena itu, apabila anak memiliki alergi dengan kandungan tersebut maka anak tidak bisa menggunakan obat Alco drop.

Ada beberapa kondisi medis yang perlu diwaspadai sebelum menggunakan obat alco drop. Beberapa kondisi medis seperti penyakit jantung iskemik, hipertensi, diabetes mellitus, hipertiroidisme, dan masalah pada ginjal  harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum obat Alco drop.

Selain itu, ibu hamil dan ibu menyusui juga perlu melakukan konsultasi sebelum menggunakan obat Alco drop. Hal ini dikarenakan kandungan Pseudoefedrin Hidroklorida bisa masuk ke dalam air susu ibu (ASI) sehingga bisa memberikan efek negatif pada bayi yang sedang disusui.

Bentuk Sediaan Alco drop

Obat Alco drop yang beredar di pasaran memiliki bentuk sediaan cair seperti sirup. Akan tetapi, obat Alco drop dilengkapi dengan pipet tetes sebagai gelas ukur yang nyaman digunakan bagi anak-anak.  Di dalam satu botol Alco drop oral sebanyak 15 mL mengandung Pseudoefedrin Hidroklorida sejumlah 7.5 mg.

Manfaat Alco drop

Obat Alco drop memiliki beberapa manfaat yang baik untuk meredakan masalah pada hidung anak. Manfaat Alco drop bisa untuk melebarkan pembuluh darah pada saluran hidung sehingga hidung tidak lagi mengalami penyumbatan.

Hidung tersumbat yang bisa diredakan dengan penggunaan obat Alco drop adalah hidung tersumbat yang diakibatkan oleh pilek, demam, dan alergi. Manfaat Alco drop yang lain juga bisa untuk meredakan sinus tersumbat atau tekanan pada hidung

Dosis Alco drop

Manfaat Alco drop bisa anak dapatkan apabila meminumnya dengan dosis yang tepat. Dosis Alco drop untuk anak usia 2-5 tahun adalah 0.8 mL sebanyak 3 kali dalam sehari. Dosis Alco drop tersebut setara dengan dosis Alco plus dengan bentuk sediaan sirup yaitu 1.25 mL sebanyak tiga kali dalam sehari.

Efek Samping Alco drop

Obat Alco drop memiliki beberapa efek samping yang perlu Anda ketahui. Beberapa efek samping Alco drop di antaranya adalah insomsia, mulut dan tenggorokan kering, rasa dingin yang ekstrim, tegang, cemas, kesemutan, rasa gelisah, jantung berdebar, gejala flu, dan nyeri tubuh.

Selain itu, efek samping Alco drop juga bisa menyebabkan asietas, aritmia, dan tremor. Obat Alco drop juga bisa menyebabkan rasa kantuk. Efek samping Alco drop lainnya adalah tanda-tanda reaksi alergi seperti gatal-gatal, ruam kulit, sesak napas, sakit kepala, mual, muntah, dan adanya bengkak pada bibir, mata, atau wajah.

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id
  2. Us National Library of Medicine: http://medlineplus.gov
  3. Drugs.com


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi