Albothyl Ovula – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

efek-samping-albothyl-ovula-doktersehat
Image by Andreas Koczwara from Pixabay

DokterSehat.Com – Albothyl Ovula obat apa? Albothyl Ovula adalah obat yang bisa mengatasi masalah infeksi pada area vagina akibat aktivitas jamur atau bakteri tertentu. Obat albothyl ovula juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Jangan menggunakan obat luar untuk miss V ini secara sembarangan.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat albothyl ovula termasuk informasi tentang bentuk sediaan albothyl ovula, kandungan albothyl ovula, harga albothyl ovula, manfaat albothyl ovula, indikasi albothyl ovula, kontraindikasi albothyl ovula, dosis albothyl ovula, dan efek samping albothyl ovula.

Rangkuman Informasi Obat Albothyl Ovula

Nama Albothyl Ovula
Golongan Obat Infeksi Vagina dan Vulva
Bentuk Sediaan Ovula (Vaginal Suppositoria)
Kandungan Polikresulen
Harga Rp18.000-30.000 per kapsul ovula
Manfaat Mengatasi masalah infeksi pada vagina
Indikasi Penggunaan Kandidiasis, trikomoniasis, dan lainnya
Kontraindikasi Hipersensivitas, anak-anak, dan lainnya
Cara pakai Dimasukkan ke dalam vagina
Dosis 1 ovula per hari (malam hari)
Efek samping Tidak nyaman, nyeri, dan lainnya

Bentuk Sediaan Albothyl Ovula

Bentuk sediaan obat albothyl ovula adalah ovula. Ovula dikenal juga dengan istilah vaginal suppositoria karena berbentuk seperti suppositoria tetapi dimasukkan ke area vagina. Jangan sampai keliru mengira albothyl ovula yang berbentuk suppositoria dimasukkan ke dalam liang dubur.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa kebanyakan suppositoria dimasukkan ke dalam liang dubur. Akan tetapi, hal tersebut berbeda dengan albothyl ovula yang dimasukkan ke dalam vagina. Sebenarnya, obat albothyl yang berfungsi untuk atasi infeksi vagina memiliki tiga bentuk sediaan.

Ketiga bentuk sediaan obat albothyl adalah gel, cairan luar, dan ovula. Anda bisa menemukan pemaparan obat albothyl dengan bentuk sediaan gel atau cairan pada bahasan yang lain. Artikel kali ini lebih banyak membahas tentang obat albothyl berbentuk ovula.

Kandungan Albothyl Ovula

Ada kandungan bahan aktif tunggal yang terdapat di dalam albothyl ovula. Bahan aktif tersebut adalah Polikresulen. Bahan aktif kresulen merupakan hasil dari proses kondensasi dua senyawa hingga menjadi Metakresolsulfonat Formaldehid.

Polikresulen adalah bahan aktif obat yang memiliki beberapa manfaat terutama terkait dengan pengobatan infeksi jamur dan infeksi bakteri pada area vagina. Manfaat polikresulen juga bisa atasi masalah selain pada area vagina, yaitu untuk atasi sariawan mulut.

Harga Albothyl Ovula

Harga albothyl ovula terbilang cukup mahal untuk per satu ovula (vaginal suppositoria). Kisaran harga albothyl ovula adalah Rp18.000-30.000 per ovula. Obat albothyl ovula bisa dijual secara ecer per satu ovula.

Akan tetapi, banyak juga penjual yang menjualnya dalam 1 pack. Setiap 1 pack berisi 6 ovula yang dibanderol dengan harga sekitar Rp100.000-150.000. Mungkin, harga yang Anda dapatkan bisa sedikit lebih mahal atau murah daripada harga tersebut.

Manfaat Albothyl Ovula

Manfaat albothyl ovula yang utama adalah untuk mengatasi masalah infeksi jamur dan infeksi bakteri pada area vagina. Kandungan polikresulen di dalam obat albothyl ovula bisa atasi kandidiasis dan trikomoniasis.

Lebih detailnya, inilah beberapa manfaat albothyl ovula:

1. Membunuh jamur atau bakteri

Obat albothyl ovula bisa membunuh jamur dari genus Candida yang biasa menyebabkan keputihan patologis pada vagina. Salah satu jenis jamur yang sering menginfeksi vagina adalah jamur Candida albicans.

Selain itu, obat albothyl ovula juga bisa membunuh parasit protozoa Trichomonas vaginalis yang merupakan penyebab salah satu penyakit menular seksual. Jika bakteri atau jamur tersebut sudah mati, maka infeksi bisa telah teratasi.

Baca Juga: Normalkah Bila Mengalami Keputihan Saat Hamil Tua?

2. Meluluhkan jaringan yang terinfeksi

Manfaat albothyl ovula tidak hanya sebatas membunuh penyebab infeksi vagina. Albothyl ovula juga turut ‘membersihkan’ kondisi dalam pasca vagina terinfeksi. Jaringan-jaringan yang terlah terinfeksi jamur atau bakteri bisa diluluhkan dengan cara membekukan jaringan yang terinfeksi lalu dikeluarkan bersama cairan vagina.

3. Merangsang pembentukan sel baru

Jamur atau bakteri sudah mati, jaringan yang rusak juga sudah berhasil dibersihkan, selanjutnya adalah perangsangan pembentukan sel-sel baru sebagai pengganti sel-sel mati yang terinfeksi. Kandungan albothyl ovula pun masih memiliki manfaat regenerasi sel ini.

4. Menghentikan pendarahan vagina

Biasanya, infeksi jamur atau infeksi bakteri pada vagina disertai dengan adanya pendarahan vagina. Manfaat albothyl ovula bisa atasi masalah pendarahan vagina akibat infeksi dengan cara membekukan pendarahan.

Wanita yang telah menjalani tindakan biopsi serviks atau pengangkatan polip serviks juga biasa mengalami pendarahan sehingga diresepkan obat albothyl ovula ini.

Indikasi Obat Albothyl Ovula

Tidak semua perempuan bisa menggunakan albothyl ovula. Obat albothyl ovula merupakan obat yang hanya bisa digunakan bila telah mendapatkan resep dokter. Pasalnya, albothyl ovula adalah obat yang terkait dengan area paling sensitif pada wanita.

Berikut ini adalah beberapa indikasi penggunaan obat albothyl ovula:

  • Keputihan patologis akibat jamur atau bakteri
  • Radang vagina
  • Radang leher rahim
  • Kandidiasis
  • Trikomoniasis
  • Pasca tindakan biopsi serviks
  • Pasca tindakan pengangkatan polip serviks

Indikasi-indikasi tersebut memerlukan tindakan diagnosis yang dilakukan oleh dokter. Oleh karena itu, periksakan diri Anda ke dokter untuk mendiagnosis adanya indikasi medis tersebut.

Kontraindikasi Albothyl Ovula

Orang yang memiliki masalah hipersensitivitas terhadap polikresulen tidak dapat menggunakan obat albothyl ovula. Obat ini juga tidak boleh digunakan pada vagina anak kecil, wanita hamil trimester 1, dan wanita yang sedang haid.

Dosis Albothyl Ovula

Dosis albothyl ovula adalah satu ovula per hari. Penggunaan obat albothyl ovula disarankan pada malam hari sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menghindari penggesekan karena aktivitas tubuh. Selama menggunakan albothyl ovula, sebaiknya memakai pembalut agar pakaian dalam tidak kotor terkena hasil reaksi obat albothyl ovula.

Efek Samping Albothyl Ovula

Efek samping obat albothyl ovula yang sering dijumpai adalah ketidaknyamanan pada area di dalam vagina. Ada juga beberapa wanita yang merasakan rasa nyeri. Reaksi alergi berupa ruam dan gatal-gatal juga bisa terjadi.

Apabila efek samping semakin parah atau tidak berhenti, hentikan penggunaan albothyl ovula. Pergilah ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk melakukan konsultasi terkait efek samping yang Anda alami.

 

 

Sumber:

  1. PIONAS-BPOM. Metakresolsulfonat Formaldehid (Polikresulen). http://pionas.pom.go.id/monografi/metakresolsulfonat-formaldehid-polikresulen