Mengatasi Katarak dengan Bahan Alami, Efektifkah?

obat-katarak-doktersehat

DokterSehat.Com – Menumpuknya protein di bagian lensa mata hingga mengaburkan pandangan adalah gejala penyakit katarak. Selain itu, katarak bisa dipicu oleh usia, infeksi, polusi hingga diabetes. Melihat katarak bisa dipicu oleh banyak hal, lantas obat katarak apakah yang harus digunakan?

Mengobati Katarak dengan Bahan Alami

Cara mengobati katarak selain operasi adalah menggunakan pengobatan alami. Akan tetapi, obat katarak alami ini sebenarnya ditujukan untuk mengurangi keparahan gejala atau menjadi salah satu cara mencegah munculnya katarak. Jadi, menggunakan obat mata katarak alami ini tidak serta merta bisa mengatasi buramnya pandangan yang sudah terjadi.

Pada umumnya, makanan-makanan yang mengandung glutathione dan antioksidan baik untuk menjaga kesehatan mata. Beberapa makanan itu antara lain: bayam, brokoli, kubis dan asparagus.

Sementara itu, buah-buahan yang mengandung glutathione antara lain: grapefruit, stroberi, dan alpukat. Selain itu, makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin juga berguna untuk mendukung kesehatan mata Anda. Beberapa makanan itu di antaranya: jagung, telur, dan lobak. Beberapa makanan ini juga mengandung karotenoid yang dapat membantu mencegah degenerasi makula dan pembentukan katarak.

Pakar kesehatan menyarankan untuk menghindari gula putih dan minuman-minuman yang mengandung fruktosa tinggi. Makanan atau minuman yang memiliki kandungan tinggi gula cenderung membuat katarak bertumbuh.

Berikut adalah obat katarak alami yang dipercaya mampu mengurangi pandangan buram akibat katarak, di antaranya:

  1. Wortel

Obat katarak alami yang satu ini sudah banyak dikenal masyarakat karena kemampuannya menjaga kesehatan mata. Wortel kaya akan vitamin A sehingga sangat baik mengobati gangguan pada mata, tak terkecuali katarak.

2. Bawang putih

Obat katarak alami berikutnya adalah bawang putih. Meski terdengar aneh, makan bawang putih mentah-mentah akan membantu mengurangi derita katarak. Hal ini karena bawang putih mengandung bahan antioksidan, antibiotik dan sangat baik dalam menyembuhkan penyakit. Cukup makan 2-3 siung bawang putih setiap hari untuk mengurangi gejala katarak.

3. Labu

Selain wortel, labu juga dapat digunakan sebagai obat katarak alami karena kandungannya yang kaya akan vitamin A. Cara mengonsumsinya, Anda bisa membuat seperti jus.

4. Bayam

Bukan hanya tubuh saja yang ternutrisi, bayam juga sangat baik untuk mata. Ini karena bayam banyak mengandung karotenoid sehingga dapat membantu penyembuhan penyakit katarak. Makan dua porsi bayam per hari akan membantu meredakan gejala katarak.

5. kacang almond

Almond telah lama dipercaya menjadi obat katarak alami. Cara mengonsumsinya, Anda bisa merendamnya semalaman kemudian mengonsumsinya di pagi hari.

Almond memiliki kandungan yang kaya akan asam lemak omega-3 dan senyawa organik kuat lainnya yang membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mencegah peradangan di dalam tubuh, sehingga juga dipercaya menurunkan risiko katarak.

6. Teh hijau

Karena kandungan antioksidannya, teh hijau dipercaya menjadi obat katarak alami.  Fitonutrien hadir dalam teh hijau sangat efektif dalam memperlambat terjadinya pandangan kabur.

Teh hijau menetralisir radikal bebas dan memperlambat stres oksidatif yang ada di mata. Konsumsi teh hijau secara teratur dapat menjaga mata Anda tetap muda dan sehat selama bertahun-tahun.

7. Pepaya

Kandungan papain pada pepaya memiliki efek positif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Papain adalah enzim yang membantu mempercepat proses pencernaan protein. Bintik-bintik keruh pada lensa terbuat dari protein berlebih, sehingga menambahkan pepaya ke dalam asupan harian Anda bisa mengurangi gejala katarak.

8. Pisang

Lutein adalah salah satu enzim yang dipercaya mampu mengatasi mata katarak. Enzim ini biasa ditemukan pada buah dan sayuran kuning dan oranye

Lutein pada pisang memiliki dampak langsung pada pembentukan dan ketebalan katarak. Antioksidan pada pisang ini terbukti dapat memperbaiki kesehatan mata dan memperlambat pembentukan kabut lensa mata yang dapat menyebabkan katarak.

9. Mengonsumsi air putih lebih banyak

‘Obat’ mata katarak alami lainnya yang mudah untuk dilakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh. Hidrasi yang tepat sangat penting untuk kesehatan mata dan mengelola masalah kesehatan yang ada seperti katarak.

Racun dapat menumpuk dan menyebabkan perubahan yang merugikan di tubuh, termasuk masalah kesehatan mata jika Anda tidak memiliki cukup air di dalam tubuh. Selain itu, tubuh membutuhkan banyak air untuk mendetoksifikasi dan membuang racun keluar. Minumlah air putih 2 liter per hari agar kesehatan tubuh, khususnya mata dapat terjaga dengan baik.

10. Hindari stres berlebih

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa ada kaitan antara stres dan masalah mata seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak. Penelitian itu membuktikan, stres bisa berdampak pada mata Anda seperti halnya kesehatan Anda secara keseluruhan.

Latihan fisik, meditasi, doa, dan afirmasi positif hanyalah sebagian dari banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres. ‘obat’ mata katarak alami ini juga memungkinkan tubuh untuk melawan penyakit lain secara alami.

Nah, itulah obat katarak alami yang bisa Anda gunakan. Meski begitu, jika Anda hanya mengandalkan obat mata katarak seperti di atas, penyakit katarak bisa menjadi lebih parah. Pengobatan alami ini pada dasarnya adalah tindakan pencegahan atau pilihan pengobatan untuk katarak ringan sampai sedang.

Selain itu, beberapa pakar kesehatan lain mengungkapkan, hingga kini belum ada obat atau suplemen yang terbukti mampu mencegah dan mengatasi mata katarak. Tetes mata dengan resep dokter berguna untuk memperlebar pupil dan kadang digunakan untuk memperlambat proses katarak. Namun penggunannya harus digunakan dengan mempertimbangkan manfaat dan efek samping yang bisa terjadi.

Saat Anda didiagnosis mengidap katarak, seorang dokter biasanya menanyakan apakah penanganan katarak akan dilakukan operasi atau tidak. Jika Anda masih nyaman dengan penglihatan mata saat itu, Anda bisa untuk menunda operasi. Akan tetapi, jika katarak membuat Anda kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari, maka operasi katarak harus dilakukan untuk memulihkan penglihatan.