3 Bahan Alami yang Ampuh untuk Mengobati Asam Urat

doktersehat-asam-urat

DokterSehat.Com– Asam urat merupakan sebuah jenis penyakit yang menyerang persendian, baik tangan maupun kaki. Biasanya, asam urat akan menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa sehingga membuat penderitanya menjadi cukup tersiksa. Bahkan, tidak sedikit pula yang sampai jatuh pingsan akibat tak kuat menahan rasa nyeri tersebut.

Asam urat bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pola hidup tak sehat, pola makan, obat-obatan, alkohol, jarang berolahraga, dan masih banyak faktor lainnya. Biasanya, penderita asam urat adalah orang yang telah berusia 30 tahun ke atas. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan bagi anak muda untuk menderita penyakit yang satu ini.

Sampai saat ini, asam urat terbilang sebagai penyakit yang cukup sulit diatasi. Sebab gejalanya pun tak terdeteksi. Asam urat kambuh secara tiba-tiba tanpa pertanda atau isyarat terlebih dahulu. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan berbagai macam cara, salah satunya adalah menggunakan bahan alami atau obat tradisional. Adapun obat tradisional yang bisa mengatasi asam urat adalah sebagai berikut:

1. Kumis Kucing

Mungkin Anda sudah cukup familiar dengan tanaman yang satu ini. Kumis kucing memang terkenal sebagai obat alami dari segala penyakit, tak terkecuali asam urat. Kandungan garam kalium yang ada di dalamnya dipercaya bisa membuang racun di dalam tubuh melalui air seni. Sehingga tak hanya mengatasi asam urat, kumis kucing pun bisa mencegah batu ginjal.

2. Daun Salam

Daun salam umumnya digunakan sebagai bumbu dapur sebagai penyedap rasa pada makanan. Namun, tak hanya itu saja, daun salam juga ternyata bisa mengatasi asam urat. Hal itu dikarenakan daun salam mengandung flavonoid dan minyak astiri yang bisa mengurangi kadar kolesterol dan racun berbahaya penyebab asam urat di dalam tubuh.

3. Jahe

Rempah yang satu ini memang sangat terkenal manfaatnya. Selain bisa mengatasi flu dan meningkatkan kekebalan tubuh, ternyata jahe juga bisa mengatasi asam urat dan masalah persendian lainnya. Hal itu dikarenakan senyawa yang terdapat pada jahe bisa melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh sehingga Anda akan terhindar dari masalah persendian, termasuk asam urat.