Abate – Manfaat, Cara Penggunaan, dan Efek Samping

cara-penggunaan-abate-doktersehat
Photo source: Dinkes.ntbprov.go.id

DokterSehat.Com – Abate obat apa? Abate adalah obat yang tergolonga ke dalam larvasida yang bisa memberantas nyamuk saat masih berada di dalam fase larva. Obat abate sudah lama dipakai di dalam negeri guna megendalikan wabah Demam Berdarah yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan dan Aedes albopictus.

Masih bingung tentang bubuk abate ini? Yuk, baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat abate. Temukanlah informasi tentang bentuk sediaan abate, kandungan abate, harga abate, manfaat abate, cara menggunakan abate, kelebihan abate, dan efek samping abate jika tertelan manusia.

Rangkuman Informasi Obat Abate

  • Nama                                       : Abate
  • Golongan Obat                          : Insektisida » Larvasida
  • Bentuk Sediaan                         : Serbuk atau bubuk
  • Kandungan                               : Temephos 1%
  • Harga Abate                             : Rp2.500-5.000 per sachet (1 gram)
  • Manfaat Abate                          : Membunuh nyamuk sejak fase larva
  • Indikasi Abate                          : Larvasidasi di dalam rumah dan lingkungan sekitar
  • Kontraindikasi Abate                 : Hipersensitivitas terhadap Temephos
  • Cara Penggunaan Abate            : Ditaburi ke dalam wadah penampungan air
  • Dosis Abate                             : 1 gram untuk setiap 10 liter air
  • Kelebihan Abate                       : Aman, efektif, dosis rendah, dan lainnya
  • Efek Samping Abate                 : Reaksi alergi (hipersensitif) dan keracunan (berlebih)

Bentuk Sediaan Abate

Obat abate memiliki bentuk sediaan serbuk atau bubuk. Bubuk abate dikemas di dalam bungkusan sachet. Setiap 1 sachet abate berisi 1 gram bubuk abate. Obat abate juga tersedia dalam kemasan botol besar yang memiliki berat bersih 1 kg per botol.

Penyimpanan obat abate harus berada di dalam tempat yang aman dan sulit untuk dijangkau anak-anak. Hal ini bertujuan agar anak-anak tidak menyalahgunakan bubuk abate dan mengiranya sebagai makanan serbuk.

Kandungan Abate

Kandungan yang ada di dalam bubuk abate adalah Temephos dengan kadar 1%. Jadi, setiap satu sachet abate yang berisi 1 gram mengandung Temephos sebanyak 0,01 gram. Temephos telah direkomendasikan oleh WHO sebagai pengendali jentik nyamuk secara kimiawi.

Temephos bisa mengendalikan jumlah vektor wabah penyakit Demam Berdarah dengan cara memusnahkan jentik nyamuk (larva nyamuk) sebelum dewasa dan menularkan penyakit. Banyaknya jentik nyamuk yang mati bisa membuat jumlah vektor berkurang pula.

Harga Abate

Umumnya, obat abate dijual per pack, di mana setiap pack berisi 10 sachet. Setiap satu dos berisi 5 pack atau 50 sachet. Harga abate adalah Rp2.500-5.000 per sachet dengan berat bersih 1 gram untuk setiap sachet.

Jadi, harga obat abate per pack adalah Rp25.000-50.000, sedangkan harga abate per dos atau kotak adalah Rp125.000-250.000. Selain itu, obat abate juga bisa didapatkan di dalam kemasan yang lebih besar dengan berat bersih 1 kg di dalam botol besar. Kisaran harga per 1 kg abate adalah Rp80.000-85.000.

Manfaat Abate

Manfaat Abate adalah untuk memberantas penyakit Demam Berdarah dengan cara mengendalikan jumlah vektor. Bubuk abate merupakan pengendalian vektor penyakit Demam Berdarah secara kimia.

Kandungan kimia yang ada di dalam bubuk abate, yaitu Temephos bisa membunuh jentik-jentik nyamuk sebelum ia mencapai dewasa dan menyebarkan penyakit DBD. Hal ini bisa mengurangi jumlah vektor DBD dan angka kejadian DBD pun bisa diturunkan.

Indikasi Abate

Penggunaan Abate bisa dilakukan sebagai tindakan larvasidasi terhadap vektor penyebab penyakit Demam Berdarah atau Dengue. Tindakan larvasidasi ini biasanya dilakukan ketika musim hujan atau banyak korban demam berdarah yang berjatuhan masuk rumah sakit hingga meninggal.

Kontraindikasi Abate

Obat abate tidak boleh digunakan di dalam wadah penampungan air yang diminum apabila terdapat salah satu anggota keluarga yang memiliki hipersensitivitas terhadap kandungan Temephos yang ada di dalam serbuk abate. Pasalnya, hal tersebut bisa memicu terjadinya reaksi alergi yang merugikan kesehatan.

Cara Penggunaan Abate

Cara penggunaan bubuk abate adalah dengan cara menaburkan bubuk tersebut ke dalam wadah penampungan air kamar mandi dan wadah untuk air minum. Hal ini dikarenakan biasanya wadah-wadah tersebut sering dihinggapi oleh nyamuk sebagai tempat meletakkan telur-telur nyamuk yang akan menetas menjadi larva.

Ketika larva tersebut menetas, maka larva-larva nyamuk tersebut akan mengonsumsi air di dalam wadah yang telah diberikan taburan bubuk abate. Larva nyamuk yang mengonsumsi air yang telah bercampur Temephos pun secara perlahan akan mati.

Kandungan Temephos yang ada di dalam air tersebut akan menghambat enzim sistem saraf larva sehingga menyebabkan kematian pada larva tersebut sebelum beranjak dewasa dan menjadi vektor penyakit demam berdarah atau DBD. Perkembangbiakan nyamuk pun bisa ditekan karena larva-larva tersebut sudah mati sebelum bertelur.

Dosis Abate

Dosis abate adalah 1 gram untuk 10 liter air. Jadi, jika di dalam wadah penampungan air Anda berisikan 100 liter air, maka Anda membutuhkan 10 gram bubuk abate. Jangan heran jika Anda hanya membutuhkan sedikit bubuk abate. Pasalnya, obat abate bisa bekerja secara efektif dengan dosis yang sangat rendah.

Kelebihan Penggunaan Abate

Penggunaan obat abate telah lama dan sering dilakukan oleh para penduduk. Obat abate sering digunakan terutama di kala memasuki musim hujan di saat kondisi tersebut mendukung peningkatan perkembangbiakan nyamuk.

Banyak orang yang tak ragu untuk menggunakan obat abate karena memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah:

  1. Direkomendasikan oleh WHO sebagai pengendalian vektor DBD secara kimiawi
  2. Mampu membunuh larva nyamuk dengan sangat efektif
  3. Bermanfaat dalam dosis rendah sehingga aman bagi manusia dan hewan peliharaan
  4. Tidak menimbulkan residu yang membahayakan
  5. Tidak memiliki risiko keracunan jika digunakan dengan dosis dan aturan yang tepat

Efek Samping Abate

Sebenarnya, obat abate tidaklah menimbulkan efek samping yang parah jika Anda menggunakannya sesuai dengan aturan pakai dan dosis yang tepat. Namun, obat abate bisa menimbulkan efek samping bila Anda atau anggota keluarga alergi terhadap Temophos.

Efek samping Abate bagi hipersensitivitas adalah reaksi alergi berupa gatal-gatal, ruam, pusing, mual, muntah, sakit perut, dan pembengkakan di area wajah. Selain itu, ada juga potensi keracunan jika Anda menaburkan bubuk abate secara berlebihan.