Benarkah Oatmeal Bisa Atasi Sembelit?

doktersehat-oatmeal-topping
Photo Credit: Flickr.com/oksiana

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang sangat menyebalkan adalah sembelit atau susah buang air besar. Hal ini bisa membuat selera makan menurun drastis dan tubuh pun akan terasa jauh lebih tidak nyaman. Adakah cara yang efektif untuk mengatasinya?

Sebagian orang menyarankan kita untuk mengonsumsi oatmeal jika sedang mengalami sembelit. Sebagai informasi, oatmeal adalah makanan yang terbuat dari biji gandum yang digiling. Makanan ini biasanya dikonsumsi saat sarapan pagi. Hanya saja, kita sebenarnya bisa mengonsumsinya kapanpun kita mau jika memang menyukainya. Toh, makanan ini tergolong sebagai makanan sehat karena kaya akan zat besi, vitamin B, magnesium, mangan, serta selenium.

Dikenal luas mampu menurunkan tekanan darah dan mencegah diabetes tipe 2, oatmeal ternyata juga bisa merangsang pergerakan usus. Hal ini berarti, makanan ini memang sangat cocok untuk dikonsumsi demi mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan serat di dalamnya.

Adanya serat akan membantu pergerakan usus menjad lebih lancar. Serap juga akan menyerap cairan yang kita minum sehingga membantu pergerakan limbah pada usus besar denagn lebih baik. Selain itu, tingginya kadar serat dalam oatmeal juga akan mampu menurunkan kadar kolesterol tubuh dengan efektif.

Melihat adanya fakta ini, jangan ragu untuk mengonsumsi oatmeal saat terkena sembelit. Selain itu, pastikan untuk memperbanyak asupan air minum dan rutin berolahraga demi merangsang pergerakan usus menjadi lebih baik dan masalah sembelit pun bisa akan segera diatasi.