Terbit: 27 Agustus 2020 | Diperbarui: 4 September 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Oat milk bisa dijadikan alternatif lain selain susu sapi, kambing, atau susu kedelai. Seberapa besar manfaat jenis susu yang satu ini? Simak informasi lengkap mengenai susu oat, termasuk bagaimana cara membuatnya berikut ini.

10 Manfaat Oat Milk (Susu Gandum), Nutrisi, dan Cara Membuatnya

Oat Milk dan Kandungan Nutrisinya

Oat milk adalah susu yang terbuat dari oat, yakni satu dari sekian macam jenis gandum. Ya, jika selama ini Anda hanya mengetahui oat dalam bentuk sereal, maka Anda harus tahu jika oat juga diolah menjadi susu segar nan menyehatkan. Adanya oat milk—atau susu gandum—semakin menambah alternatif pilihan susu, terutama bagi Anda yang memang vegan atau alergi terhadap susu sapi.

Untuk urusan manfaat kesehatan, jangan ditanya. Susu gandum tidak kalah dengan susu lainnya, kok. Hal ini dikarenakan pada oat milk terkandung sejumlah nutrisi penting. Setiap 1 gelas susu oat (240 ml) mengandung:

  • Kalori: 120 Kkal
  • Vitamin A: 18% dari total AKG harian
  • Vitamin B2: 46% dari total AKG harian
  • Vitamin B12: 50% dari total AKG harian
  • Vitamin D: 18% dari total AKG harian
  • Fosfor: 22% dari total AKG harian
  • Kalsium: 27% dari total AKG harian
  • Potasium: 6% dari total AKG harian
  • Zat besi: 2% dari total AKG harian
  • Serat: 2 gram
  • Lemak: 5 gram
  • Karbohidrat: 16 gram

Manfaat Oat Milk bagi Kesehatan

Lantas, apa saja manfaat oat milk bagi kesehatan tubuh kita? Berikut informasinya.

1. Merawat Tulang

Manfaat susu gandum yang pertama adalah untuk merawat kesehatan dan kekuatan tulang. Alasannya sudah jelas, yakni pada susu terkandung kalsium dan vitamin D.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Sebagaimana yang kita ketahui, tulang memerlukan asupan kalsium yang cukup agar senantiasa sehat dan kuat. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan tulang menjadi rentan untuk mengalami berbagai masalah kesehatan seperti pengeroposan (osteoporosis).

Sementara itu, vitamin D berperan dalam mengoptimalkan proses penyerapan kalsium oleh tubuh. Jadi, asupan kalsium akan percuma apabila tidak diimbangi dengan asupan vitamin D yang mencukupi.

2. Menurunkan Kolesterol

Oat milk apabila dikonsumsi secara rutin juga bisa membantu menurunkan kadar lemak LDL alias kolesterol ‘jahat’ di dalam tubuh Anda. Ini dimungkinkan karena pada susu tersebut terkandung serat sehat bernama beta-glukan.

Beta-glukan membentuk zat berbentuk gel di dalam usus. Zat ini lantas akan mengikat kolesterol dan mengurangi penyerapannya. Ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Sebuah studi mengemukakan bahwa minum sekitar 3 cangkir (750 ml) susu oat setiap hari selama 5 minggu efektif mengurangi kolesterol jahat sebesar 5%. Sementara itu, studi lain mengamati bahwa rata-rata, mengonsumsi 3 gram oat setiap hari menurunkan kolesterol sebesar 5-7%.

Manfaat susu gandum yang satu ini juga secara tidak langsung turut meminimalisir risiko Anda terkena penyakit kardiovaskular yakni jantung dan stroke yang memang salah satu faktor pemicunya adalah kolesterol tinggi.

3. Memperbaiki Suasana Hati

Suasana hati Anda sedang tidak bagus? Jika ya, maka salah satu cara yang bisa dilakukan guna memperbaiki mood tersebut adalah dengan mengonsumsi susu gandum. Kok bisa?

Ya, susu oat dikatakan bisa membantu mengatasi suasana hati yang buruk karena mengandung vitamin B. Menurut penelitian, vitamin B terbukti dapat meningkatkan suasana hati agar semakin baik, selain manfaat-manfaat lainnya seperti mengatasi stres oksidatif dan merawat kesehatan kuku.

4. Merawat Rambut dan Kulit

Selain untuk memperbaiki suasana hati yang sedang ‘jelek’, susu oat melalui kandungan vitamin B kompleksnya juga menurut sejumlah penelitian juga bermanfaat untuk menjaga agar rambut dan kulit senantiasa terlihat sehat terawat.

5. Mencegah Anemia

Susu gandum juga mengandung mineral zat besi. Adanya kandungan zat besi ini lantas membuat susu juga sangat disarankan untuk dikonsumsi jika Anda ingin terhindar dari yang namanya anemia alias kekurangan darah.

Sebagaimana yang kita ketahui, zat besi adalah mineral yang fungsi utamanya adalah untuk membantu proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Oleh sebab itu, mencukupi kebutuhan zat besi menjadi suatu keharusan dikarenakan sel darah merah memiliki tugas mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

6. Meningkatkan Imunitas

Manfaat oat milk lainnya yang tidak kalah penting adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dengan demikian, tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Khasiat susu gandum dalam meningkatkan imunitas ini tidak lepas dari adanya kandungan vitamin A dan D. Kedua vitamin tersebut diklaim dapat mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh dalam menangkal serangan penyakit. Sebaliknya, kekurangan vitamin-vitamin tersebut—menurut studi yang dirilis oleh US National Library of Medicine—membuat tubuh lebih rentan terserang penyakit dan infeksi.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat pada susu oat dapat membantu menurunkan dan menjaga berat badan, cocok bagi Anda yang kini sedang menjalani program diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Mengapa bisa demikian?

Jawabannya tentu saja karena susu gandum diperkaya oleh serat sehat. Serat ini dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga membuat frekuensi makan bisa lebih terkendali yang mana hal ini diperlukan agar proses penurunan berat badan bisa berlangsung optimal.

8. Mencegah Diabetes

Kandungan serat pada oat milk juga bermanfaat untuk membantu mencegah diabetes karena serat berfungsi untuk menjaga agar kadar gula darah tetap berada dalam batas normal. Sementara bagi para penderita diabetes, susu ini berfungsi untuk mengendalikan gula darah.

9. Merawat Kesehatan Mata

Kembali lagi ke kandungan vitamin A yang dimiliki oleh susu gandum, manfaat selanjutnya yang bisa didapat dari susus ini adalah mata yang fungsinya senantiasa terjaga. Sebagaimana yang kita ketahui, vitamin A adalah vitamin yang salah satu fungsi utamanya adalah merawat kesehatan mata.

10. Cocok untuk yang Alergi Susu Hewan

Manfaat terakhir dari susu gandum yang dibahas kali ini adalah, untuk mengakomodir Anda yang alergi terhadap susu sapi atau kambing agar tetap mendapat asupan nutrisi yang hampir sama dengan susu-susu tersebut. Ini juga berlaku bagi Anda yang memang tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang berasaldari hewan (vegan).

Baca Juga: 10 Manfaat Oatmeal untuk Ibu Hamil dan Kandungan Nutrisi

Cara Membuat Oat Milk

Saat ini, sudah banyak beredar produk susu oat di pasaran dengan berbagai macam merek dan harga. Namun, Anda juga bisa membuatnya sendiri, lho!

Berikut adalah cara membuat oat milk yang bisa Anda praktikkan di rumah:

  • Siapkan 1 gelas (81 gram) oat bebas gluten dan 3 gelas (710 ml) air.
  • Masukkan kedua bahan tersebut ke dalam blender, kemudian aduk selama beberapa sampai menjadi bubur.
  • Saring oat yang sudah di-blend menggunakan kain saringan (cheesecloth), dan tuangkan ke dalam botol.
  • Simpan botol berisi susu di dalam kulkas selama 5 hari.

Setelah 5 hari, susu gandum pun siap dikonsumsi. Anda dapat menambahkan beberapa bahan seperti madu, vanilla, bubuk kayu manis, atau sirup maple untuk menambah cita rasa susu. Selamat mencoba!

 

  1. Naduma, L. 2019. 5 Shocking Benefits of Oat Milk. https://www.medicaldaily.com/5-oat-milk-benefits-432114 (diakses pada 27 Agustus 2020)
  2. Picincu, A. 2018. What Are the Benefits of Oat Milk? https://www.livestrong.com/article/267017-what-are-the-benefits-of-oat-milk/ (diakses pada 27 Agustus 2020)
  3. Raman, R. 2019. Oat Milk: Nutrition, Benefits, and How to Make It. https://www.healthline.com/nutrition/oat-milk (diakses pada 27 Agustus 2020)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi