Nyeri Punggung Bawah – Pengertian dan Gejala

nyeri-punggung-bawah-doktersehat

DokterSehat.Com– Apa itu nyeri punggung bawah? Nyeri punggung bawah atau low back pain adalah nyeri pada punggung bagian bawah yang biasanya disebabkan karena cedera pada otot (tegang) atau ligamen (keseleo). Low back pain seringkali terjadi yang memengaruhi hingga 80 persen orang di Amerika pada beberapa titik dalam hidup mereka. Banyak orang yang terkena nyeri punggung bawah ini akan mengalami lebih dari satu kali.

Nyeri Punggung Bawah

Low back pain adalah gejala yang mungkin terjadi dari berbagai proses yang berbeda. Low back pain (LBP) bukanlah suatu penyakit. Sebanyak hingga 85 persen orang dengan nyeri punggung bawah, meski mendapat pemeriksaan medis menyeluruh, tidak ada penyebab spesifik rasa sakit yang bisa diidentifikasi.

Nyeri punggung bawah bisa memiliki banyak penyebab yang menjadi kondisi mendasar, namun seringkali tidak ada penyebab spesifik yang akan ditemukan dan rasa sakit akan mereda dengan sendirinya. Artikel ini akan mengulas banyak penyebab nyeri punggung bawah dan evaluasi serta diagnosis yang tepat. Pastikan untuk mendiskusikan gejala individual Anda dan juga perawatan yang disarankan dengan dokter untuk menentukan rencana diagnosis dan perawatan yang tepat untuk keadaan Anda.

  • Low back pain adalah penyebab kedua terbanyak setelah flu sebagai penyebab izin sakit di hari kerja. Kondisi ini juga salah satu alasan paling banyak bagi pasien untuk mengunjungi klnik atau unit gawat darurat rumah sakit. Kondisi ini merupakan keluhan neurologis kedua yang paling sering di Amerika Serikat, setelah sakit kepala.
  • Bagi kebanyakan orang, bahkan orang-orang dengan iritasi akar saraf, gejalanya akan membaik dalam dua bulan tidak peduli pengobatan apa yang digunakan, bahkan jika tidak ada pengobatan yang diberikan.
  • Dokter biasanya menyebut sakit punggung sebagai akut jika sudah ada kurang dari sebulan dan kronis jika berlangsung dalam jangka waktu yang lebih lama.

Gejala Nyeri Punggung Bawah

Nyeri punggung bawah dapat disertai berbagai gejala. Gejala ini bisa ringan dan hanya mengganggu atau bisa parah dan melemahkan. Nyeri punggung bawah bisa mulai secara tiba-tiba atau mulai perlahan-lahan — mungkin datang dan pergi — dan secara bertahap memburuk seiring berjalannya waktu.

Tergantung pada penyebab yang mendasari rasa sakit, berikut gejala nyeri punggung bawah yang dapat dialami dalam berbagai cara, di antaranya:

  • Rasa sakit bisa menjalar ke depan, samping, atau belakang kaki Anda, atau mungkin hanya berada di punggung bawah
  • Rasa sakit bisa memburuk dengan aktivitas
  • Terkadang, rasa sakitnya mungkin lebih buruk di malam hari atau dengan duduk lama seperti dalam perjalanan yang panjang di dalam mobil
  • Anda mungkin memiliki mati rasa atau kelemahan di bagian kaki yang menerima suplai syarafnya dari saraf terkompresi
  • Hal ini bisa menyebabkan ketidakmampuan telapak kaki dalam melenturkan kaki. Ini berarti Anda tidak dapat berdiri di atas jari kaki atau menekuk kaki ke bawah. Hal ini terjadi ketika saraf sakral pertama tertekan atau terluka
  • Contoh lain dari LBP adalah ketidakmampuan untuk mengangkat ibu jari kaki ke atas. Hasil ini terjadi ketika saraf lumbal kelima tertekan.

Selain itu, gejala nyeri punggung bawah biasanya dijelaskan oleh jenis serangan awal dan lamanya:

1. Nyeri punggung bawah akut

Jenis nyeri ini biasanya datang tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa hari atau minggu, dan dianggap sebagai respons normal tubuh terhadap cedera atau kerusakan jaringan. Rasa sakit secara bertahap mereda saat tubuh mulai melakukan penyembuhan.

2. Nyeri punggung bawah subakut

Berlangsung antara 6 minggu dan 3 bulan, jenis rasa sakit ini biasanya bersifat mekanis (seperti ketegangan otot atau nyeri sendi) tetapi berkepanjangan. Pada titik ini, pemeriksaan medis dapat dipertimbangkan, dan disarankan jika rasa sakitnya parah dan membatasi kemampuan seseorang untuk berpartisipasi dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, tidur, dan bekerja.

3. Nyeri punggung kronis

Biasanya didefinisikan sebagai nyeri punggung bawah yang berlangsung selama lebih dari 3 bulan, jenis nyeri ini biasanya berat, tidak merespons pada perawatan awal, dan membutuhkan pemeriksaan medis menyeluruh untuk menentukan sumber nyeri yang tepat.

Jenis Nyeri Punggung Bawah

Ada banyak cara untuk mengkategorikan nyeri pinggang, berikut dua jenis nyeri punggung bawah secara umum, di antaranya:

1. Rasa sakit mekanis

Penyebab paling umum dari nyeri punggung bawah, nyeri mekanik (nyeri aksial) adalah rasa sakit terutama dari otot, ligamen, sendi (sendi facet, sendi sacroiliac), atau tulang di dalam dan di sekitar tulang belakang. Jenis rasa sakit ini cenderung dilokalisasi ke punggung bawah, pantat, dan kadang-kadang bagian atas kaki. Biasanya dipengaruhi oleh pemuatan tulang belakang dan mungkin terasa berbeda berdasarkan gerakan (maju /mundur/memutar), aktivitas, berdiri, duduk, atau beristirahat.

2. Nyeri radikuler

Jenis nyeri ini dapat terjadi jika akar saraf tulang belakang menjadi tertusuk atau meradang. Nyeri radikuler dapat mengikuti pola akar saraf atau dermatom ke bokong dan / atau kaki. Sensasinya yang spesifik adalah rasa sakit yang tajam, seperti tersetrum atau leram, dan panas yang dapat dikaitkan dengan mati rasa atau kelemahan (sciatica). Biasanya dirasakan hanya pada satu sisi tubuh.

Ada banyak sumber tambahan nyeri, termasuk nyeri klaudikasio (dari stenosis) nyeri myelopatik, nyeri neuropatik, kelainan bentuk, tumor, infeksi, nyeri akibat kondisi peradangan (seperti rheumatoid arthritis atau ankylosing spondylitis), dan nyeri yang berasal dari bagian lain dari tubuh dan terasa di punggung bawah (seperti batu ginjal, atau kolitis ulserativa).

Juga memungkinkan nyeri pinggang untuk berkembang tanpa penyebab pasti. Ketika ini terjadi, fokus utama dari nyeri punggung bawah atau backpain adalah mengobati gejala (bukan penyebab gejala) dan kesehatan pasien secara keseluruhan.

Sementara utuk nyeri punggung bawah subakut dan kronis, diagnosis menyeluruh penting untuk meletakkan dasar untuk perawatan dan rehabilitasi yang tepat. Pengobatan nyeri punggung bawah mengurangi kemungkinan sakit punggung kambuhan dan membantu mencegah perkembangan nyeri punggung bawah kronis.

Nyeri Punggung Bawah – Halaman Selanjutnya: 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10