Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Pinggang Setelah Persalinan

nyeri-pinggang-setelah-melahirkan-doktersehat

DokterSehat.Com – Setelah melakukan persalinan, wanita masih harus berhadapan dengan beberapa masalah. Pertama adalah luka bekas persalinan baik itu luka akibat persalinan normal atau luka akibat persalinan secara Caesar. Kedua karena masalah di pinggang yang sangat menyiksa dan menyebabkan wanita susah sekali tidur.

Masalah pertama bisa diatasi dengan menggunakan obat dari dokter dan menjaga luka dengan baik. Sementara itu, masalah kedua bisa diatasi dengan beberapa cara di bawah ini.

Penyebab nyeri pinggang pasca persalinan

Nyeri di pinggang pasca persalinan bisa disebabkan oleh banyak hal. Sebagian besar penyebab nyeri ini adalah aktivitas selama hamil. Berikut penyebab nyeri pinggang pada wanita setelah persalinan selengkapnya.

  1. Pengaruh hormon

Saat sedang hamil khususnya mendekati hari kelahiran, tubuh akan merilis progesteron dan relaxin. Dua hormonĀ  ini akan menyebabkan area pelvis menjadi lebih relaks. Ligamen menjadi tidak kaku biasanya agar persalinan bisa berjalan dengan lebih mudah.

Sayangnya kondisi ini menyebabkan masalah pada pinggang. Wanita akan mengalami penurunan kekuatan di pinggang dan area itu menjadi terasa sakit karena agak susah menahan beban tubuh.

  1. Postur yang salah

Selama hamil, wanita akan sering susah tidur akibat perutnya yang terus membesar. Akhirnya saat tidur posisi tubuhnya akan mengalami gangguan postur berbulan-bulan. Pinggang menjadi sakit meski wanita sudah melahirkan bayi.

Saat sedang hamil bayi di rahim juga terus membesar. Akhirnya tubuh akan mengalami nyeri karena perut yang terus menggantung. Saat berjalan, wanita akan sering merasakan nyeri di pinggang karena menahan tekanan dari perutnya yang membesar.

  1. Pelemahan otot di perut

Saat rahim membesar dan menekan ke perut, akan ada pelemahan di sekitar otot perut. Pelemahan ini juga berdampak pada pinggang dan menyebabkan masalah pada wanita selama hamil hingga pasca persalinan.

  1. Berat badan yang meningkat tajam

Berat badan yang meningkat tajam, membuat wanita mengalami gangguan susah berjalan hingga tidur. Posisi perut yang salah bisa menyebabkan seorang wanita mengalami nyeri di pinggang pasca persalinan.

  1. Proses persalinan

Saat persalinan terjadi, posisi wanita juga menentukan nyeri atau tidaknya di pinggang. Kalau proses persalinan lama dan posisinya agak tidak tepat, kemungkinan besar akan terjadi masalah pada pinggang akan besar.

Cara mengatasi nyeri pinggang pasca persalinan

Nyeri yang terjadi pasca persalinan memang sangat mengganggu. Namun, Anda mengatasinya dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Mengembalikan berat badan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi nyeri pinggang adalah dengan menurunkan berat badan kembali seperti semula. Cara ini bisa dilakukan dengan cara mengatur pola makan dengan baik dan juga olahraga.

Lakukan penurunan berat badan dengan perlahan-lahan. Jangan terlalu mengurangi asupan nutrisi karena tubuh butuh banyak energi untuk diberikan ke bayi dalam bentuk ASI.

  1. Sementara waktu tidak melakukan aktivitas berat

Sementara waktu jangan melakukan aktivitas terlalu berat. Urusan membersihkan rumah bisa dilakukan oleh pasangan. Selanjutnya masalah mencuci dan sebagainya bisa dilakukan juga oleh orang lain. Jangan memaksakan diri untuk melakukannya karena bisa menyebabkan nyeri semakin menyiksa.

Lakukan pekerjaan ringan saja di satu bukan pertama. Selanjutnya baru lakukan yang lain secara bertahap. Beraktivitas boleh, tapi tetap batasi sesuai kemampuan tubuh.

  1. Melakukan olahraga ringan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, ada baiknya untuk melakukan olahraga secara ringan saja. Misal jalan kaki saat pagi hari atau sore hari. Lakukan hal ini secara rutin agar tubuh tidak kaku dan nyeri di pinggang bisa segera hilang.

Jangan lakukan olahraga terlalu kuat seperti lari atau jogging. Lakukan yang sederhana saja asal rutin. Kalau Anda ingin melakukannya, lebih baik dengan pengawasan pasangan. Misal jalan pagi bersama agar kalau ada masalah bisa segera dibantu.

  1. Memperbaiki postur tubuh

Belajarlah untuk memperbaiki postur tubuh dengan baik. Postur tubuh bisa diperbaiki dengan belajar duduk dengan cara yang benar. Apalagi saat sedang menyusui bayi.

Memperbaiki postur tubuh juga bisa dilakukan saat sedang tidur. Misal dengan memberikan bantal atau guling di dekat pinggang agar tidak terasa sakit.

  1. Duduk atau tidur di tempat yang nyaman

Pinggang yang sakit sangat sensitif dengan tempat duduk dan kasur yang digunakan. Misal saat duduk menggunakan kursi yang memiliki bantalan di bagian belakang. Dengan bantalan ini, Anda tidak akan merasakan sakit yang cukup menyiksa.

Selanjutnya kasur pun juga usahakan menggunakan jenis spring bed. Dengan kasur jenis ini tekanan di pinggang akan rendah sehingga nyeri akan segera reda.

  1. Hindari menggendong bayi sambil berdiri

Hindari menggendong bayi dengan berdiri. Kalau ingin menyusui ada baiknya untuk segera duduk. Kalau ingin berdiri ada baiknya untuk tidak melakukannya secara berlebihan.

Kecuali kaki Anda sudah kuat dan ada sandarannya, menyusui sambil berdiri bisa dilakukan. Pahami kekuatan tubuh agar tidak terlalu memaksakan diri.

  1. Beri kompres di area pinggang

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri di pinggang adalah dengan menggunakan kompres. Anda bisa menggunakan kompres panas atau dingin untuk meringankan nyeri yang sering muncul.

Selain menggunakan kompres, Anda juga bisa menggunakan semacam salep otot dan koyo. Dengan dua hal ini rasa nyeri bisa sedikit diredakan sehingga wanita tidak merasa tersiksa.

Nyeri di pinggang setelah persalinan adalah hal yang biasa dialami oleh banyak wanita. Namun, kalau dibiarkan bisa menyebabkan masalah yang besar dan mengganggu proses penyembuhan dari wanita itu sendiri. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda dan pasangan sehingga kehidupan pasca persalinan bisa berjalan dengan lancar.