Sakit Perut Setelah Makan Pedas? Ini Penyebabnya

sakit-perut-masuk-angin-doktersehat

DokterSehat.Com– Makanan pedas memang bisa memberikan sensasi mantap saat dikonsumsi. Rasa yang pedas juga membuat nafsu makan meningkat. Hanya saja, terkadang kita langsung mengalami sensasi sakit perut setelah mengonsumsi makanan pedas. Sebenarnya, apakah efek sakit perut ini wajar atau justru menandakan ada yang salah di saluran pencernaan?

Saat kita mengonsumsi makanan pedas, kita biasanya juga menelan kandungan di dalam cabai bernama capsaicin. Capsaicin ini merangsang saraf yang ada pada lambung untuk mengirimkan sinyal nyeri pada organ pencernaan ke otak. Hal inilah yang membuat kita merasakan sensasi sakit perut.

Hanya saja, munculnya sinyal nyeri pada lambung ini biasanya baru terjadi jika kita mengonsumsi makanan pedas dengan berlebihan sehingga jumlah capsaicin yang ada di dalam saluran pencernaan sangat banyak. Selain menyebabkan kita merasakan sensasi nyeri, keberadaan capsaicin ini juga bisa membuat iritasi lambung meningkat dan merangsang pergerakan usus menjadi lebih aktif. Hal ini akan berimbas pada munculnya sakit perut, perut kembung, perih yang bisa dirasakan di ulu hati, mual-mual, dan sensasi gangguan pencernaan lainnya.

Lantas, mengapa terkadang kita tidak mengalami sensasi sakit perut setelah makan pedas? Bisa jadi hal ini disebabkan oleh jumlah cabai yang kita konsumsi tidaklah banyak, atau level pedas dari cabai yang kita makan tidaklah terlalu tinggi.

Hanya saja, karena kebanyakan masyarakat Indonesia suka dengan makanan pedas dan menganggap makanan yang kurang pedas sebagai sesuatu yang kurang mantap, ada baiknya kita tidak sembarangan dalam mengonsumsi cabai. Batasi konsumsinya agar tidak berlebihan. Selain itu, ada baiknya kita juga tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, gorengan, makanan cepat saji, makanan manis, makanan kaya MSG, makanan berpengawet, minuman bersoda, minuman berkafein, dan minuman beralkohol.

Kita juga sebaiknya selalu makan di waktu yang teratur, rajin berolahraga, mencukupi kebutuhan air putih setidaknya 2 liter dalam sehari, mengelola stres dengan lebih baik, tidak lagi merokok, dan beristirahat dengan cukup setiap malam agar tidak mudah terkena sakit perut setelah mengonsumsi makanan pedas.