Terbit: 30 Mei 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kalau Anda jarang sekali berlari lalu mendadak melakukan jogging atau lari cepat, pergelangan kaki akan terasa tidak nyaman. Hal ini bisa muncul karena kita terlalu memaksakan diri saat berlatih. Selain itu kesalahan demi kesalahan dan gangguan pada kaki juga menyebabkan area pergelangan selalu nyeri saat digunakan untuk berjalan. Bahkan, rasa nyerinya tidak hilang dalam sehari.

nyeri-pergelangan-kaki-doktersehat

Penyebab nyeri pergelangan kaki saat berlari

Pembengkakan yang terjadi di pergelangan kaki saat berlari bisa terjadi karena banyak hal. Yang paling sering muncul ada beberapa hal di bawah ini.

  • Keseleo pergelangan kaki. Keseleo terjadi karena ada peregangan pada ligamen yang menghubungkan beberapa tulang di pergelangan kaki. Beberapa tanda keseleo yang paling umum adalah nyeri yang sangat intens, pembengkakan, terlihat sangat merah, dan pergelangan tidak bisa dipakai sama sekali.
  • Pergelangan kaki menegang. Kondisi ini muncul karena bagian jaringan yang menempelkan otot ke tulang mengalami peregangan yang cukup kuat. Gejalanya kurang lebih sama ditambah dengan kaki yang menjadi sangat kaku dan susah sekali digerakkan.
  • Inflamasi yang terjadi di tendon ini banyak dialami oleh mereka yang banyak berlari atau melakukan olahraga ini dengan intens. Inflamasi yang menyebabkan rasa sakit ini biasanya muncul karena kita lari terlalu intens dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu menggunakan sepatu yang kekecilan juga bisa menyebabkan beberapa hal di bawah ini.
  • Retak dan stres di pergela Kondisi ini muncul pada pelari yang melakukan latihan hingga puluhan kilometer setiap hari, berada di medan yang tidak stabil seperti lebih menanjak dan berbatu. Selain itu nutrisi yang buruk juga bisa memicu kondisi berikut ini.

Menangani nyeri pergelangan kaki

Kalau pergelangan kaki Anda merasakan sakit mulai dari ringan hingga intens, ada baiknya untuk melakukan beberapa hal di bawah untuk membuat rasa sakit reda dan cedera tidak semakin parah.

  • Beristirahat dengan cukup. Sebisa mungkin untuk beristirahat selama 48-72 jam atau 2-3 hari. Kalau Anda menggunakan kaki secara berlebihan, kemungkinan besar rasa sakitnya akan terus muncul dan membuat Anda tidak tahan.
  • Lakukan pengompresan dengan menggunakan air dingin atau menggunakan es. Sebisa mungkin untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi di sini. Lakukan hingga 2 hari sejak kaki cedera. Tempelkan es atau air dingin ke kaki selama 15-20 menit sebanyak 8 kali sehari. Buat jadwal pengompresan misal 2 jam sekali sejak pagi hingga malam hari dan tidur.
  • Balut kaki dengan menggunakan kain yang elastis untuk mengurangi pergerakan yang memicu rasa sakit. Dengan menjaga kaki tetap pada posisinya pembengkakan atau gangguan lain bisa dihindari.
  • Sebisa mungkin untuk membuat kaki agak terangkat ke atas. Kalau Anda bisa melakukannya, kemungkinan terjadi penumpukan darah di area yang cedera akan kecil.

Cara mencegah nyeri di kaki saat berlari

Dengan melakukan penanganan di atas mungkin nyeri akan hilang dengan sendirinya. Namun, akan lebih baik kalau kita bisa mencegah nyeri pada pergelangan dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Melakukan pemanasan dengan benar. Anda tidak bisa langsung lari begitu saja karena bisa memunculkan banyak masalah. Pertama napas tidak akan bertahan lama dan sering kehabisan. Selain itu, kaki juga belum relaks mulai atas hingga ke pergelangan. Kemungkinan terjadi cedera sangat besar.
  • Melakukan peregangan di area kaki mulai dari atas hingga ke pergelangan. Peregangan ini dilakukan untuk melemaskan semua persendian dan juga otot. Saat digunakan untuk berlari, Anda tidak akan mengalami cedera, dan bisa melakukan lari hingga selesai.
  • Gunakan metode atau cara lari yang benar. Sesuaikan dengan kemampuan diri sendiri. Misal sekarang Anda sedang mengalami obesitas. Langsung melakukan lari cepat tentu akan membuat kaki menjadi sakit dan cedera. Belum lagi kalau keseimbangan turun lalu kesandung dan jatuh.
  • Gunakan sepatu yang sesuai dengan ukuran. Selama ini tragedi kaki yang sakit ketika digunakan untuk berlari muncul karena kita jarang sekali memperhatikan ukuran dari sepatu. Usahakan tidak terlalu besar atau kecil untuk mencegah kaki terkilir atau salah urat.

Kapan harus dibawa ke dokter?

Nyeri yang terjadi di pergelangan kaki memang tidak selalu memberikan efek jangka panjang. Setelah minum obat nyeri atau dikompres akan reda dengan sendirinya. Namun, kalau Anda mengalami beberapa hal di bawah ini sesegera mungkin untuk membawanya ke dokter.

  • Rasa nyeri yang terjadi bertahan meski sudah 3 hari. Padahal sudah minum obat atau dikompres agar rasa nyerinya hilang.
  • Jalan dan berlari mengalami gangguan meski sudah seminggu. Mungkin untuk berjalan tidak begitu sakit, saat akan berlari, Anda merasa tidak nyaman bahkan rasa sakit bisa kembali lagi dan bertahan hingga berhari-hari.
  • Mulai tidak bisa berdiri dalam jangka waktu lama. Berat badan terasa lebih berat dan pergelangan kaki tidak mampu untuk menahannya.
  • Pergelangan kaki semakin tidak stabil dan membuat Anda mudah sekali jatuh saat berjalan. Kondisi seperti ini menyebabkan Anda mudah mengalami cedera.
  • Mulai muncul tanda-tanda infeksi seperti pergelangan tangan menjadi sangat merah, muncul luka, dan pembengkakan yang tidak kunjung sembuh.
  • Pernah mengalami cedera pada pergelangan kaki sebelumnya sehingga kondisi cedera yang dialami bisa saja lebih parah.

Inilah beberapa hal tentang nyeri yang muncul pada pergelangan kaki. Dengan melakukan memahami beberapa hal di atas, kita bisa meminimalkan  cedera saat sedang melakukan olahraga lari. Kaki adalah organ yang sangat penting. Kalau Anda mendadak tidak bisa berjalan tentu pergerakan akan sangat terganggu.

 


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi