Nyeri Kaki – Jari Kaki

doktersehat-kaki-nyeri-jari-jamur-kuku-1024

DokterSehat.Com– Nyeri kaki adalah kondisi tidak nyaman yang terjadi pada kaki. Nyeri kaki bisa terjadi di tumit, jempol kaki, jari-jari sakit, telapak kaki, dan pergelangan kaki.

Apa Itu Arthritis Jari Kaki?

Radang sendi kaki disebabkan oleh radang sendi jari kaki. Penyakit ini paling sering menyerang jempol kaki, tetapi yang lain mungkin terpengaruh juga.

Cedera atau trauma di masa lalu, seperti patah atau jari kaki sakit karena terkilir, dapat menyebabkan artritis. Osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan asam urat juga bisa menjadi penyebabnya.

Faktor risiko jari kaki sakit meliputi:

  • Bertambahnya usia
  • Kelebihan berat badan
  • Riwayat keluarga artritis

Wanita yang mengenakan sepatu ketat bertumit tinggi untuk sebagian besar hidup mereka mungkin juga berisiko mengalami sakit jari kaki.

Penyebab Sakit Jari Kaki

Sakit jari kaki dapat dibebabkan beberapa penyakit hingga cedera kaki, berikut di antaranya:

1. Encok

Gout atau encok adalah bentuk dari arthritis (radang sendi), juga sering disebut asam urat, yang dapat menyebabkan rasa sakit jari kaki. Kristal asam urat berkumpul di sendi jari kaki, menyebabkan jari-jari sakit parah dan mengalami pembengkakan. Jempol kaki sering terpengaruh.

Untuk mengobati encok lakukan tips berikut:

  • Istirahatkan kaki
  • Kompres dengan es
  • Minum obat untuk nyeri asam urat akut, seperti colchicine, nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID), atau prednisone
  • Hindari makanan yang dapat memicu asam urat lebih buruk

2. Bunion

Bunion adalah tonjolan tulang sepanjang tepi kaki, sebelah pangkal jempol kaki. Ini terkait dengan misalignment (ketidakselarasan) dari sendi kaki pertama. Siapapun bisa mendapatkannya, terutama jika mereka memakai sepatu yang tidak cukup atau tidak nyaman. Ini sering muncul seiring bertambahnya usia seseorang. Orang menderita bunion sering juga memiliki hammertoes. Cobalah mengubah sepatu lebih nyaman atau memakai sisipan bantalan sepatu. Jika jari-jari kaki sakit masih terasa, dokter mungkin menyarankan operasi.

2. Hammertoe

Hammertoe adalah ketika jari kaki kedua, ketiga, atau keempat menekuk pada sendi tengah, menciptakan penampilan seperti palu. Hal ini dapat berasal dari ketidakseimbangan otot, tetapi juga dapat disebabkan oleh memakai sepatu yang tidak pas, yang menjadi penyebab jari tengah kaki sakit.

Dokter mungkin akan merekomendasikan Anda memakai sepatu dengan bantalan kaki yang mendalam dan lebar, agar tidak menyebabkan jari-jari kaki sakit. Dokter juga dapat memberikan latihan untuk meregangkan otot-otot kaki Anda. Jika masih memiliki masalah, Anda dapat berbicara dengan dokter Anda tentang operasi.

3. Claw toe

Jari seperti cakar atau claw toe adalah ketika kaki Anda menunjuk ke arah bawah atau ke atas dan tidak mampu untuk lurus. Seringkali kondisi ini merupakan hasil dari kerusakan saraf dari penyakit seperti diabetes atau peminum alkohol, yang melemahkan otot-otot di kaki Anda. Tanpa alas kaki khusus untuk mengakomodasi kaki cakar, Anda dapat terkena iritasi, sakit jari kaki, dan kapalan.

Berikut tips untuk mengobatinya:

  • Perubahan alas kaki yang lebih pas. Hindari sepatu hak tinggi dan sepatu ketat
  • Lakukan peregangan untuk jari-jari kaki dan sendi jari kaki
  • Cobalah menyisipkan bantalan pada sepatu
  • Tanyakan kepada dokter tentang operasi

4. Kuku kaki tumbuh ke dalam

Kuku kaki tumbuh ke dalam adalah ketika kulit pada satu atau kedua sisi kuku yang tumbuh di atas kuku. Hal ini dapat menyebabkan jari-jari sakit dan dapat menyebabkan infeksi.

Berikut tips untuk mengobati sakit jari kaki dan infeksi:

  • Rendam kaki di dalam air hangat empat kali sehari
  • Ganjal dengan sepotong kain kasa antara kuku dan kulit yang sudah basah, lakukan sehari sekali
  • Jika perawatan ini tidak bekerja, hubungi dokter

5. Toe turf

Toe turf adalah rasa sakit jari kaki di pangkal jempol akibat terklirinya ligamen yang ada di sendi jempol kaki. Toe turf juga dapat menjadi bentuk sesamoiditis atau fraktur sesamoid.

6. Jari kaki terkilir

Jari kaki terkilir adalah kondisi ketika Anda menekuk kaki lalu sakit di jari kaki, merusak tendon atau jaringan lunak jari kaki. Jika Anda tidak memiliki patah tulang, rasa sakit dan pembengkakan akan hilang dalam beberapa hari.

7. Fraktur tulang jari kaki

Fraktur tulang jari kaki adalah kondisi patah tulang jari kaki yang bisa terjadi di salah satu tulang jari-jari kaki. Fraktur kecil mungkin hanya memerlukan istirahat, kompres es, dan meminum obat penghilang sakit jari kaki. Patah tulang serius mungkin memerlukan pembedahan. Konsultasikan ke dokter untuk memastikan.

8. Hallux rigidus

Hallux rigidus atau kaku jempol kaki adalah jenis arthritis (radang sendi) di pangkal jempol kaki. Gejala jari-jari kaki sakit dan kekakuan sendi yang memburuk dari waktu ke waktu. Pengobatan dapat meliputi penghilang rasa sakit dan latihan peregangan. Pembedahan mungkin diperlukan dalam beberapa kasus.

9. Pembengkakan

Semua jenis arthritis menyebabkan peradangan pada sendi, yang dapat menyebabkan pembengkakan. Jari-jari sakit bisa menjadi merah dan terasa hangat saat disentuh.

Anda mungkin memperhatikan gejala ini setelah duduk untuk sementara waktu, atau setelah Anda bangun dari tempat tidur.

Jari-jari kaki sakit yang membengkak juga dapat menyulitkan untuk menggunakan sepatu. Kemungkinan akan merasa sesak sampai Anda berjalan beberapa saat dan bengkaknya turun.

10. Panas

Ketika peradangan membawa lebih banyak darah ke jari-jari kaki, Anda mungkin merasakan kehangatan atau panas di area sakit di jari kaki. Ini dapat sedikit menjengkelkan, tetapi biasanya tidak mengganggu aktivitas harian Anda. Kemungkinan kaki mengalami kemerahan pada kulit di sekitar sendi, dan mungkin menjadi lembut saat disentuh.

Nyeri kaki – Halaman Selanjutnya:   1   2   3