Nyeri Kaki – Mata Kaki dan Telapak Kaki

DokterSehat.Com– Nyeri kaki adalah kondisi tidak nyaman yang terjadi pada kaki, bisa terjadi di tumit, jempol kaki, sakit jari kaki lainnya, telapak kaki, dan pergelangan kaki. Berikut adalah nyeri kaki yang disebabkan oleh mata kaki dan telapak kaki.

Nyeri Mata Kaki

Metatarsalgia adalah nyeri kaki dan peradangan pada mata kaki atau bola kaki. Anda merasa sakit dan peradangan pada mata kaki Anda. Sepatu yang tidak pas adalah penyebab yang biasa. Tapi Anda mungkin mendapatkannya dari aktivitas berat, seperti berlari atau melompat.

Penyebab Nyeri Mata Kaki

Terkilir adalah penyebab umum nyeri kaki. Nyeri mata kaki juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi berikut ini:

1. Keseleo

Keseleo umumnya disebabkan ketika mata kaki terkilir atau memutar sehingga mata kaki luar bergerak ke tanah, merobek ligamen mata kaki yang menyatukan tulang. Memutar mata kaki juga dapat menyebabkan nyeri kaki karena kerusakan pada tulang rawan atau tendon pergelangan kaki.

2. Rematik

Rematik atau gout terjadi ketika asam urat menumpuk di dalam tubuh hingga menyebabkan nyeri kaki. Konsentrasi asam urat yang lebih tinggi dari normal ini (produk sampingan dari kerusakan sel-sel tua yang normal) dapat menyimpan kristal di persendian, menyebabkan rasa sakit yang tajam.

3. Pseudogout

Pseudogout adalah kondisi serupa di mana deposit kalsium menumpuk di sendi yang menyebabkan nyeri kaki.

4. Gejala rematik

Gejala rematik dan pseudogout termasuk rasa sakit, bengkak, dan kemerahan pada mata kaki.

5. Artritis

Artritis juga dapat menyebabkan nyeri mata kaki. Arthritis adalah peradangan sendi.

6. Radang sendi

Berbagai jenis radang sendi dapat menyebabkan rasa sakit di mata kaki, tetapi osteoartritis adalah yang paling umum. Osteoartritis sering disebabkan oleh keausan pada sendi. Semakin lanjut usia, semakin besar kemungkinan mereka menderita osteoartritis.

7. Artritis septik

Artritis septik adalah radang sendi yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Nyeri kaki dapat menyebabkan rasa sakit di pergelangan kaki, jika mata kaki adalah salah satu daerah yang terinfeksi.

Penyebab nyeri mata kaki lainnya:

  • Encok
  • Kerusakan atau cedera saraf, seperti linu panggul
  • Pembuluh darah tersumbat
  • Infeksi pada sendi

Cara mengatasi nyeri mata kaki di rumah

Perawatan nyeri kaki di rumah dapat dilakukan dengan metode RICE yang direkomendasikan, di antaranya:

1. Beristirahat

Hindari membebani pergelangan kaki Anda. Cobalah untuk bergerak sesedikit mungkin selama beberapa hari pertama. Gunakan tongkat jika Anda harus berjalan atau bergerak.

2. Kompres es

Gunakanlah kantong es di mata kaki setidaknya selama 20 menit pada suatu waktu. Lakukan cara ini sebanyak tiga hingga lima kali sehari selama tiga hari setelah cedera. Ini membantu mengurangi pembengkakan dan mati rasa.

3. Perban

Bungkus mata kaki yang terluka dengan perban elastis. Jangan membungkusnya terlalu kencang sehingga pergelangan kaki menjadi mati rasa atau jari kaki membiru.

4. Kaki di atas tumpukan bantal

Jika memungkinkan, pertahankan mata kaki terangkat di atas tumpukan bantal atau jenis struktur pendukung lainnya.

Anda bisa minum obat bebas, seperti acetaminophen atau ibuprofen, untuk menghilangkan nyeri kaki dan bengkak. Setelah sakit mata kaki reda, latihan mata kaki secara lembut dengan memutarnya. Putar kedua arah, dan berhenti jika mulai sakit.

Anda juga bisa menggunakan tangan untuk melenturkan mata kaki ke atas dan ke bawah dengan lembut. Latihan-latihan ini akan mengembalikan rentang gerak dan membantu melatih pergelangan kaki, sehingga menurunkan risiko cedera kambali.

Jika sakit pergelangan kaki adalah akibat artritis, Anda tidak akan dapat menyembuhkan atau menghilangkan nyeri sakit. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasinya dengan:

  • Menggunakan penghilang rasa sakit topikal
  • Minum obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) untuk mengurangi rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan
  • Tetap aktif secara fisik dan ikuti program kebugaran yang berfokus pada olahraga ringan
  • Biasakan makan sehat
  • Melakukan peregangan untuk mempertahankan rentang gerak yang baik di persendian dapat
    menjaga berat badan dalam kisaran yang sehat, yang akan mengurangi stres pada persendian

Nyeri Telapak Kaki

Fasciitis Plantar. Ini adalah penyebab paling umum saki telapak kaki. Plantar fasciitis dapat memengaruhi tumit, lengkungan di telapak kaki, atau keduanya. Pengobatan nyeri telapak kaki adalah sama terlepas dari lokasi. Untuk plantar fasciitis persisten (terus menerus), suntikan dengan campuran anestesi lokal dan steroid dapat membantu.

Telapak kaki datar atau lengkungan rata bisa terjadi ketika lengkungan kaki rata keluar (sering ketika berdiri atau berjalan), yang menyebabkan nyeri telapak kaki dan masalah lainnya. Kaki datar dapat diobati dengan sisipan sepatu, penyesuaian sepatu, istirahat, menggunakan es, menggunakan tongkat berjalan atau brace, atau terapi fisik. Kadang-kadang tindakan operasi diperlukan untuk sakit telapak kaki.

Nyeri Kaki:  1  2  3