Nyeri Ibu Jari Kaki Tanda Asam Urat?

ibu-jari-kaki-jempol-doktersehat
Photo Source: Flickr/essers

DokterSehat.Com– Salah satu tanda dari penyakit asam urat atau gout adalah munculnya rasa nyeri pada kaki, khususnya pada bagian persendian. Hanya saja, banyak orang yang mengeluhkan sensasi nyeri pada ibu jari kaki, baik itu saat berjalan ataupun saat tidak digunakan untuk beraktivitas. Sebenarnya, apakah nyeri pada ibu jari kaki juga termasuk tanda dari masalah asam urat?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa rasa nyeri yang muncul pada ibu jari kaki ternyata memang bisa saja terkait dengan masalah asam urat. Hanya saja, kita harus benar-benar mengecek seperti apa sensasi nyeri pada ibu jari kaki ini. Jika terjadi pembengkakan, kemerahan, dan sensasi hangat pada persendian jempol kaki, maka bisa dipastikan bahwa hal ini memang terkait dengan masalah asam urat.

Sebagai informasi, penyakit asam urat disebabkan oleh menumpuknya kadar asam urat di dalam tubuh dan membuatnya terus mengendap dan membentuk kristal runcing pada persendian. Biasanya, penyakit ini lebih sering terjadi pada kaum pria, khususnya yang sudah melebihi usia 30 tahun. Beberapa tempat yang sering mengalami asam urat adalah jempol kaki, jari-jari kaki, pergelangan kaki, hingga pada lutut.

Asam urat bisa menyebabkan rasa nyeri pada persendian yang muncul berulang kali. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal sebagai podagra grout. Selain sensasi nyeri pada persendian, masalah asam urat juga bisa memicu datangnya tofus, kondisi dimana endapan asam urat bisa menyebabkan benjolan pada kulit. Dalam banyak kasus, masalah asam urat juga bisa memicu batu ginjal.

Jika sampai kita mengalami gejala seperti sensasi nyeri pada jempol dan persendian, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter karena jika memang penyebabnya adalah masalah asam urat, kita bisa mendapatkan solusi yang tepat untuk mengatasinya.