Ketahui 4 Penyebab Mengapa Nyamuk Suka Menggigit Kulit Anda

nyamuk_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/John Tann

DokterSehat.Com– Anda pasti pernah digigit nyamuk ketika sedang tidur atau saat sedang duduk santai di rumah, bukan? Nyamuk merupakan serangga yang banyak ditemukan di Negara tropis, salah satunya Indonesia. Jenis serangga ini seringkali menghisap darah kita, bahkan terkadang meninggalkan jejak, seperti bintik merah pada kulit, bentol dan terasa gatal. Banyak orang yang menggunakan obat nyamuk untuk membasmi keberadaan nyamuk. Selain itu, penggunaan losion anti nyamuk juga sangat membantu untuk menghindari gigitan nyamuk.

Akan tetapi, pernahkah Anda berpikir mengapa nyamuk tersebut menggigit kita? Ternyata, Ada beberapa alasan dan penyebab mengapa nyamuk suka menggigit Anda. Apa saja itu?

1. Kehamilan

Penyebab pertama mengapa nyamuk suka menggigit Anda adalah karena kehamilan. Jika banyak nyamuk menggigit Anda, kemungkinanĀ  besar Anda sedang hamil. Hal ini sebenarnya tidak aneh. Pasalnya, wanita hamil cenderung mengeluarkan gas karbondioksida lebih banyak daripada wanita yang sedang tidakĀ  hamil, ataupun pria. Seperti yang Anda tahu bahwa gas karbondioksida merupakan salah satu gas yang bisa memicu kehadiran nyamuk. Selain itu, suhu tubuh ketika sedang hamil lebih hangat sehingga disukai oleh nyamuk.

2. Berdiam Diri

Inilah mengapa nyamuk suka menggigit Anda ketika sedang duduk santai. Sebab, nyamuk suka menggigit seseorang yang hanya berdiam diri, dibandingkan mereka yang lebih banyak bergerak. Inilah sebabnya, mengapa saat Anda bergerak tidak ada satupun nyamuk yang datang menggigit kulit Anda.

3. Berkeringat

Setelah melakukan banyak aktivitas yang menyebabkan keluarnya keringat dari tubuh Anda, sebaiknya Anda segera membersihkan diri. Sebab, nyamuk menyukai aroma keringat seseorang. Hal ini dikarenakan karbondioksida yang keluar dari dalam tubuh bersama dengan keringat, menjadi faktor penyebab mengapa nyamuk kerap menggigit Anda.

4. Bau Kaki

Bau kaki merupakan masalah yang kerap dialami oleh banyak orang. Bau kaki biasanya disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan sepatu dan kaki. Akibat dari bau kaki tersebut, nyamuk akan menggigit Anda. Sebab, kaki yang bau bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi nyamuk.