Terbit: 12 Januari 2021 | Diperbarui: 20 Januari 2021
Ditulis oleh: Pamella Fricylia | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Menjaga daya tahan tubuh anak adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap orang tua. Salah satu caranya yaitu dengan memenuhi kebutuhan asupan nutrisi anak dengan baik. Lalu, apakah nutrisi yang ibu berikan untuk mendukung daya tahan tubuh anak sudah optimal?

Nutrisi yang Teruji Klinis untuk Tumbuh Kembang Anak yang Optimal

Makanan untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Hal sederhana yang perlu diperhatikan oleh para ibu yaitu dengan memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang terdiri dari:

  • Protein. Berikan makanan laut, daging tanpa lemak dan unggas, telur, kacang-kacangan, kacang polong, produk kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian tanpa garam.
  • Buah-buahan. Berikan bebagai buah segar dan jika anak diberikan jus, maka pastikan untuk tidak menambahkan gula.
  • Sayuran. Berikan berbagai macam sayuran hijau, sayuran merah, kacang polong, buncis, dan wortel.
  • Olahan biji-bijian. Pilih biji-bijian, seperti roti gandum, oatmeal, popcorn, dan quinoa. Batasi biji-bijian olahan seperti roti putih dan pasta.
  • Produk susu. Berikan anak untuk mengonsumsi produk susu tanpa lemak atau rendah lemak, yogurt, keju, atau susu kedelai.

Daya Tahan Tubuh Anak Berkaitan dengan Kesehatan Saluran Cerna

Tahukah Anda bahwa ternyata daya tahan tubuh anak berkaitan erat dengan sistem saluran cernanya? Oleh karena itu, menjaga kesehatan saluran cerna anak adalah hal penting yang perlu diperhatikan.

Perlu diketahui bahwa 70% kekebalan tubuh berkaitan dengan sistem pencernaan, khususnya usus. Ibu dapat membantu meningkatkan kekebalan anak dengan memberi asupan yang dapat meningkatkan bakteri baik di usus.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Berdasarkan penjelasan dari dr. Arlita Putri, Sp.A. selaku dokter spesialis anak, cara agar anak memiliki saluran pencernaan yang sehat yaitu dengan memberikan asupan makanan dan minuman yang kandungan nutrisinya mampu mengoptimalkan bakteri baik dalam saluran cerna. Nutrisi yang dimaksud adalah kombinasi probiotik dan prebiotik.

Prebiotik adalah bakteri baik yang berfungsi untuk membentuk antibodi atau sistem imun. Prebiotik adalah makanan bakteri baik yang berfungsi mengoptimalkan sistem kerja bakteri baik dan mendukung kolonisasinya. Kebutuhan probiotik dan prebiotik bisa didapatkan dengan pemberian ASI.

Kriteria Susu Pertumbuhan untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Hal pertama yang harus dipastikan adalah susu pertumbukan mengandung komponen yang dibutuhkan untuk menjaga saluran pencernaannya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa susu pertumbuhan yang diberi tambahan prebiotik FOS:GOS 1:9 serta Omega 3 dan 6 mampu memperkuat imunitas dan menurunkan risiko infeksi. Kandungan omega 3 dan 6 berperan penting dalam menunjang kemampuan otak si kecil.

Nutrisi terbaik untuk si kecil adalah nutrisi yang memang sudah terbukti secara klinis, yaitu kombinasi prebiotik FOS:GOS 1:9 serta Omega 3 dan 6. Salah satu susu pertumbuhan yang bisa jadi rekomendasi yaitu Nutrilon Royal ActiDuoBio+ yang memiliki kandungan-kandungan tersebut.

nutrilon royal doktersehat

Keunggulan berbagai kandungan di dalam Nutrilon Royal ActiDuoBio+ terdiri dari:

  • FOS:GOS 1:9 terbukti klinis mampu meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Omega 3 dan 6 mampu mendukung kemampuan berpikir anak.
  • 12 vitamin dan 9 mineral dapat mendukung tumbuh kembang anak.

Nutrilon Royal Actduobio+ dibuat berdasarkan formula dari Nutricia Research Center. Sebagai informasi, Nutricia Research Center berpengalaman lebih dari 40 tahun di bidang imunologi serta 100 tahun di bidang nutrisi awal kehidupan. Didukung pula oleh lebih dari 250 ilmuwan, termasuk ahli biologi, ahli gizi, pakar kesehatan, dan ahli teknologi pangan.

 

  1. Anonim. The Importance of Good Gut Health in Children. https://www.oac.edu.au/news-views/the-importance-of-good-gut-health-in-children/
  2. Anonim. Nutrition for Children. https://www.health.harvard.edu/topics/nutrition-for-children


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi