Sederet Nutrisi yang Anda Butuhkan Sebagai Pecinta Olahraga

doktersehat olahraga ringan setelah sahur

DokterSehat.Com– Olahraga merupakan sebuah aktivitas kebugaran yang dilakukan dengan melatih beberapa bagian tubuh dengan teknik-teknik tertentu. Dengan sederet gerakan yang padat, tubuh akan mengeluarkan banyak tenaga beserta keringat yang menyebabkan kurangnya cadangan energi dan cairan.

Tentu saja, jika tidak segera diganti dengan asupan nutrisi dan cairan, tubuh akan menjadi sangat lemas dan dehidrasi. Oleh karenanya, bagi Anda yang rutin melakukan olahraga, disarankan untu tetap memerhatikan asupan nutrisi bagi tubuh. Pasalnya, tubuh yang aktif bergerak membutuhkan nutrisi seimbang agar tetap fit dan tidak mudah lelah.

Apa saja nuntrisi tersebut? Simak informasinya berikut ini.

1. Karbohidrat

Tidak sedikit orang percaya bahwa karbohidrat adalah salah satu penyebab kenaikan berat badan. Sehingga, mereka yang ingin menurunkan berat badan akan menjauhi makanan yang mengandung karbohidrat. Padahal, karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengubahnya menjadi energi. Energi tersebut nantinya akan digunakan untuk melakukan aktivitas sepanjang hari, termasuk olahraga.

2. Protein

Aktivitas olahraga tidak luput dari peranan otot. Sebab, otot membantu dalam pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh. Oleh karenanya, dibutuhkan asupan protein yang tinggi agar massa otot tidak berkurang. Sehingga, proses pembakaran lemak dan kalori berjalan dengan baik.

3. Vitamin

Nutrisi selanjutnya yang dibutuhkan Anda sebagai pecinta olahraga adalah vitamin. Vitamin ini berfungsi untuk membantu menambah energi dan melancarkan pencernaan. Anda bisa memperoleh vitamin tersebut dari buah-buahan seperti pisang, beri, jeruk, dan anggur.

4. Air Mineral

Air merupakan hal yang penting bagi tubuh setiap orang. Pasalnya, lebih dari 50 persen komposisi tubuh dipenuhi dengan air. Ketika tubuh rutin berolahraga, banyak cairan yang akan keluar sehingga Anda harus segera menggantinya dengan mengonsumsi banyak air mineral agar tidak dehidrasi.