Terbit: 23 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Semakin bertambahnya usia, maka semakin menurun pula kemampuan serta ketahanan tubuh seseorang. Makanan pun harus dibatasi, tidak boleh sembarangan. Sebab, usia tua sangat rawan terhadap berbagai macam penyakit akibat ketahanan tubuh yang sudah melemah.

4 Nutrisi Penting Bagi Orang di Atas Usia 40 Tahun

Dilansir dari laman Step to Health, ada rahasia mudah agar tetap sehat walaupun usia telah menua, khususnya di atas 40 tahun. Rahasia tersebut adalah dengan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat sudah menua. Apa saja nutrisi tersebut? Berikut diantaranya:

1. Kalsium

Salah satu masalah yang sering dialami oleh orang tua adalah pengeroposan tulang. Semakin bertambah usia, seseorang akan mengalami penurunan ketahanan pada tulang. Untuk itu, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperti keju, susu, yoghurt, dan sebagainya. Dianjurkan bagi orang yang usianya telah melebihi 40 tahun untuk memperbanyak kalsium karena risiko osteoporosis juga cukup tinggi.

2. Vitamin B12

Vitamin B12 memang sangat penting bagi orang dengan usia lanjut. Hal tersebut dikarenakan vitamin B12 akan memberikan energi serta memaksimalkan fungsi otak, otot, dan syaraf pada tubuh. Jika sampai kekurangan vitamin B12, maka seseorang akan menjadi lemas, tak bergairah, nafsu makan menurun, bahkan anemia.

3. Vitamin D

Seseorang dengan usis di atas 40 tahun memang sangat membutuhkan vitamin D untuk penyerapan kalsium.  Vitamin D bisa didapatkan dari susu ataupun cara alami, yakni berjemur di pagi hari. Kekurangan vitamin D bisa berdampak serius, misalnya multiple sclerosis serta penyakit kardiovaskular. Untuk itu, usahakan agar rutin berjemur di pagi hari serta mengonsumsi suplemen vitamin D.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

4. Omega 3

Ketika sudah berusia lanjut, seseorang dilarang untuk mengonsumsi makanan yang kaya lemak atau kalori, seperti daging. Untuk menggantinya, Anda bisa menggunakan ikan. Sebab, ikan kaya akan omega 3 yang dibutuhkan oleh tubuh saat usia tua. Sebab, selain membantu dalam meningkatkan kesehatan fisik, omega 3 juga bisa membantu dalam penguatan pikiran sehingga tak mudah pikun.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi