DokterSehat.Com– Kecantikan memang menjadi sebuah hal yang tidak bisa ditawar bagi kebanyakan wanita. Memiliki wajah yang yang cantik sedar terlihat awet muda adalah impian besar bagi wanita. Maka tak heran jika berbagai cara dilakukan untuk mendapatkannya. Salah satu cara yang paling ampuh dan populer dalam mendapatkan kecantikan secara alami adalah menjaga pola makan.

doktersehat-perawatan-wajah

Pasalnya, dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti buah dan sayur yang kandungan nutrisinya kompleks, maka wajah yang cantik pun bukan mimpi lagi. Telah banyak bukti bahwa makanan sehat bisa memberikan kecantikan secara efektif dan alami. Lantas, apa saja nutrisi yang bisa membuat wajah menjadi selalu cantik dan tampak awet muda? Berikut diantaranya:

1. Asam Ferulat

Asam ferulat adalah sebuah nutrisi yang dipercaya bisa menyehatkan kulit pada tubuh seseorang, termasuk kulit wajah. Asam ferulat sendiri tersedia pada makanan sehat seperti tomat, beras merah, jagung, dan sebagainya. Dengan asupan asam ferulat yang cukup, wajah akan terjaga dari penuaan dini sehingga membuat Anda menjadi awet muda selalu.

2. Beta Karoten

Bukan rahasia lagi kalau makanan yang mengandung beta karoten sangat baik bagi kesehatan tubuh, khususnya kulit wajah. Sebab, beta karoten adalah zat yang bisa melindungi kulit dari radiasi sinar UV dan menangkal radikal bebas. Adapun makanan yang mengandung beta karoten mulai dari wortel, mangga, pepaya, dan sebagainya. Makanan yang mengandung beta karoten sangat cocok dikonsumsi untuk orang yang sering kontak langsung dengan matahari dan polusi lingkungan.

3. Vitamin

Ada beberapa macam vitamin yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit wajah, yaitu vitamin A, C, dan E. Dengan terpenuhinya seluruh vitamin itu, maka sel di dalam tubuh akan terus beregenerasi dengan baik hingga kelembutan kulit pun senantiasa terjaga. Adapun makanan yang bisa memenuhinya mulai dari buah-buahan, biji-bijian, sayuran, dan ikan.