Terbit: 21 November 2017
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

DokterSehat.Com– Jika Anda membawa lebih dari satu bayi, Anda mungkin perlu menyesuaikan diet dan olah raga Anda. Anda dapat mengunjungi dokter lebih sering daripada wanita yang mengandung satu bayi. Anda juga mungkin perlu perawatan khusus selama kehamilan, persalinan, dan kelahiran.

Kehamilan Kembar – Harapan: Nutrisi dan Penambahan Berat Badan

Pertimbangan nutrisi
Saat hamil dengan banyak bayi, Anda perlu makan lebih banyak daripada jika Anda membawa satu bayi. Makan dengan baik penting bagi kesehatan dan kesehatan bayi Anda. Jika Anda mengandung anak kembar, Anda perlu makan sekitar 600 kalori ekstra per hari – itu dua kali lipat jumlah kalori ekstra yang dianjurkan untuk kehamilan tunggal. Untuk kembar tiga, Anda harus melipatgandakan jumlah kalori yang dibutuhkan untuk satu kehamilan. Kalori ini harus berasal dari makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh Anda. Beberapa wanita dengan anak kembar mungkin mengalami mual dan muntah lebih sering, yang mungkin membuat jumlah kalori yang tepat sulit masuk. Mungkin lebih mudah makan dengan porsi kecil tetapi sering. Semua wanita hamil perlu mendapatkan sejumlah zat besi tambahan (27 mg sehari) dan asam folat (600 mikrogram per hari). Mengambil suplemen multivitamin prenatal akan memastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah yang disarankan ini.

Penambahan berat badan
Seiring dengan makan dengan baik, pertambahan berat badan yang tepat sangat penting untuk kesehatan bayi Anda. Anda perlu menambah berat badan saat membawa lebih dari satu bayi daripada jika Anda hanya membawa satu bayi. Jika Anda mengharapkan bayi kembar dan berat badan Anda normal sebelum kehamilan, disarankan agar Anda mengalami penambahan berat badan antara 37 pon (16,8 kg) – 54 pon (25 kg). Jika Anda kelebihan berat badan sebelum hamil, Anda harus mengalami penambahan berat badan antara 31 pon (14 kg) – 50 pon (22,7 kg). Jika Anda mengalami obesitas (indeks massa tubuh 30 atau lebih besar), Anda harus menambah berat badan antara 25 pon (11,3 kg) – 42 pon (19 kg) (lihat Tabel 19-2). Kenaikan berat badan harus dilakukan secara bertahap. Dengan bayi kembar, Anda harus mendapatkan sekitar 1 pon (0,5 kg) per minggu pada paruh pertama kehamilan. Pada paruh kedua kehamilan, Anda harus berusaha untuk mendapatkan setidaknya sedikit lebih dari 1 pon setiap minggu.

Kehamilan Kembar – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi