Normalkah Jika Badan Terasa Lemas Saat Hamil?

lemas-saat-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com – Saat hamil, tubuh wanita akan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Tak hanya berubah bentuk menjadi lebih besar khususnya pada bagian perut, sering kali kekuatan fisik ibu hamil juga akan ikut terpengaruh. Lemas saat hamil adalah salah satu gangguan yang sering dialami, apakah ini sesuatu yang normal?

Badan Lemas saat Hamil

Banyak pakar kesehatan mengatakan bahwa lemas saat hamil adalah sesuatu yang normal, khususnya pada trimester pertama dan ketiga. Badan terasa lemas saat hamil di trimester pertama biasanya disebabkan karena pertumbuhan janin di dalam kandungan.  Pada periode tersebut, tubuh ibu hamil akan memproduksi hormon progesteron dengan sangat banyak yang pada akhirnya menjadi penyebab lemas saat hamil.

Sementara itu, badan terasa lemas saat hamil di trimester ketiga, hal itu hal ini disebabkan oleh besarnya ukuran atau berat dari janin di dalam kandungan. Adanya beban tambahan ini akan membuat ibu hamil merasakan beban tubuh yang lebih berat saat berjalan atau melakukan aktivitas lainnya. Alhasil, ibu hamil akan merasa mudah lelah dan kurang nyenyak saat tidur.

jika badan terasa lemas pada saat trimester ketiga kehamilan, hal ini disebabkan oleh besarnya ukuran atau berat dari janin di dalam kandungan. Adanya beban tambahan ini akan membuat ibu hamil merasakan beban tubuh yang lebih berat saat berjalan atau melakukan aktifitas lainnya. Alhasil, mereka pun akan merasa mudah lelah dan kurang nyenyak saat tidur.

Menurut pakar kesehatan, lemas saat hamil bisa diatasi dengan mengambil waktu istirahat, khususnya untuk mengambil waktu tidur siang. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kembali stamina untuk melanjutkan aktivitas hingga malam hari.

Tak hanya itu, ibu hamil juga disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur, khususnya olahraga ringan layaknya berjalan santai 3 hingga 4 kali dalam seminggu selama 30 menit. Hindari olahraga yang berat karena bisa membuat ibu hamil kelelahan atau jatuh sakit.

Langkah lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi badan lemas saat hamil adalah dengan menjaga asupan gizi setiap harinya. Konsumsi makanan-makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, vitamin serta mineral. Selain itu, jangan lupa untuk penuhi asupan cairan tubuh.

Terlepas dari berbagai perubahan hormon dan fisik selama kehamilan, lemas saat hamil juga bisa dipengaruhi oleh stres menanti persalinan. Gangguan psikologis ini dapat mengurangi waktu istirahat sehingga membuat badan lemas saat hamil.

Namun, lemas saat hamil yang dialami oleh setiap wanita berbeda-beda. Ada yang merasa sangat lelah dan ada juga yang tidak begitu merasakannya. Biasanya, badan lemas saat hamil lama kelamaan akan berkurang pada minggu ke 12 sampai minggu ke 14. Setelah melewati minggu tersebut, energi tubuh bisa kembali normal sehingga Anda merasa lebih bertenaga.

Jika Anda sudah melakukan beberapa langkah seperti di atas, namun lemas saat hamil dirasa berlebihan, sebaiknya segera periksakan kondisi ke dokter.

Penyebab Lemas Saat Hamil

Seperti penjelasan sebelumnya, badan lemas saat hamil adalah sesuatu yang normal terjadi. Berikut adalah penyebab lemas saat hamil lainnya yang harus Anda tahu, di antaranya:

1. Adanya perubahan hormon

Meningkatnya hormon progesteron adalah salah satu penyebab badan lemas saat hamil. Hormon ini bisa memicu rasa kantuk. Meski sering mengantuk, banyak ibu hamil muda yang susah mendapatkan tidur nyenyak pada malam hari karena seringnya buang air kecil.

2. Mual dan muntah

Mual dan muntah pada ibu hamil dapat terjadi kapan saja. Saat hal itu terjadi, banyak energi yang terkuras, kondisi inilah yang membuat lemas saat hamil dan membuat Bumil enggan untuk melakukan aktivitas.

3. Anemia

Lemas saat hamil juga bisa dikaitkan dengan anemia. Guna mengetahui defisiensi zat besi ini, dokter perlu melakukan tes darah. Tes ini umumnya dilakukan pada trimester pertama atau awal trimester ketiga.

4. Dehidrasi

Badan lemas saat hamil yang sering kali tidak disadari adalah dehidrasi. Pastikan bahwa kebutuhan cairan tubuh selama hamil terpenuhi dengan baik. Jika Anda mengalami dehidrasi hal itu bisa membahayakan kesehatan. Selain terganggunya kesehatan ibu hamil, dehidrasi juga bisa menyebabkan kerusakan otak janin.

5. Bertambahnya berat badan

Memasuki trimester ketiga, lemas saat hamil akan lebih sering dialami. Hal ini terkait bertambah besarnya ukuran janin dan berat badan ibu. Sulit tidur dan sering buang air kecil membuat ibu merasa lelah.

6. Gula darah tidak stabil

Badan lemas saat hamil bisa terjadi akibat gula darah pada ibu hamil yang tidak stabil. Gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan gangguan ini. Jika gula darah terlalu tinggi, kemungkinan Anda mengidap diabetes gestasional di mana dipicu karena kehamilan.

7. Perubahan emosional

Kondisi fisik ibu hamil sangat dipengaruh emosi, termasuk ketika ibu hamil merasa cemas. Banyak hal yang bisa dicemaskan oleh ibu hamil seperti kesehatan janin hingga persiapannya menjadi ibu. Kecemasan dapat menguras energi dan akhirnya membuat kelelahan dan rasa lemas. Hal ini harus mampu di atasi ibu hamil agar tidak berlanjut menjadi depresi.

Nah, itulah hal-hal yang menyebabkan lemas saat hamil. Segera istirahat tiap kali ibu hamil merasa lelah. Jika kondisinya tidak mendukung, Bumil bisa menyisihkan waktu untuk tidur siang atau tidur malam lebih awal.

Jangan lupa penuhi asupan bernutrisi dengan oatmeal, telur, dan ikan salmon. Sedangkan buah yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan energi adalah stroberi, ceri dan bluberry. Buah-buah tersebut mengandung zat antioksidan yang tinggi sehingga bisa melawan hormon stres yang membuat tubuh ibu hamil semakin lemas.