Normal Gak Sih Jika Kita Jatuh Cinta Pada Dua Orang Sekaligus?

doktersehat-patah-hati-cinta-sedih
pic credit: emran

DokterSehat.Com– Pasti ada sebagian orang yang pernah berada dalam kondisi dilema ini: Di satu sisi, kita sudah memiliki pasangan yang kita cintai, namun, kita juga bertemu dengan seseorang yang baru dan membuat kita jatuh cinta padanya. Sebenarnya, apakah wajar jika kita bisa mencintai dua orang sekaligus?

Cukup banyak orang yang berpikir jika rasa tertarik pada orang lain akan lenyap begitu saja jika kita sudah punya pasangan. Padahal, dalam realitanya, insting manusia akan tetap memiliki rasa tertarik pada orang lain, khususnya lawan jenis yang memang bisa menarik perhatian kita. Insting ini ternyata sudah ada sebagai warisan sejak zaman purba yang menganggap seks sebagai kegiatan biologis yang murni hanya diperuntukkan untuk berkembang biak, bukannya sebagai hal yang terkait dengan emosi dan rasa cinta seperti yang dilakukan oleh manusia modern seperti sekarang ini.

Ramani Durvasula, Ph.D yang merupakan professor psikologi yang berasal dari UCLA, Amerika Serikat menyebut mencintai dua orang sekaligus sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi. Hal yang sama juga diungkapkan oleh hasil penelitian yang dilakukan di University of Pisa.

Laman kesehatan Womens Health menyebutkan bahwa saat seseorang sedang bahagia atau nyaman dengan pasangannya. Ia akan cenderung lebih percaya diri dan lebih terbuka pada orang-orang baru, apalagi jika kondisi kehidupan dan ekonominya juga cenderung lebih baik dan sehat. Hanya saja, saat bertemu dengan orang baru inilah Ia juga bisa mengalami rasa tertarik pada orang lain meskipun sebenarnya Ia sudah memiliki pasangan.

Meskipun dianggap sebagai hal yang wajar, cukup banyak orang yang menganggap mencintai dua orang sekaligus sebagai hal yang sulit, apalagi jika seseorang memilih untuk menghargai hubungan yang sudah dibina sejak lama dan tidak ingin menyakiti pasangannya. Hal inilah yang membuat kita memang sebaiknya tetap setia dengan pasangan yang sudah bersama dengan kita sejak lama.