Obat Nicardipine: Sediaan, Dosis dan Indikasi

obat nicardipine-doktersehat

Penyakit darah tinggi sering menjadi momok yang menakutkan untuk banyak orang. Jika Anda memiliki rekan atau anggota keluarga yang mengalami darah tinggi, tentu Anda setuju apabila pertolongan medis dan penggunaan obat yang tepat sangat disarankan untuk para penderita darah tinggi. Salah satu obat yang dapat diresepkan oleh dokter untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi adalah obat Nicardipine. Obat Nicardipine adalah obat penghambat saluran kalsium atau calcium channel blocker. Fungsi Nicardipine adalah untuk membuat pembuluh darah lebih kendur dan rileks sehingga dapat meningkatkan volume aliran darah.

Kini Anda telah mengetahui Nicardipine obat apa. Obat Nicardipine adalah obat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu fungsi Nicardipine adalah untuk mengobati angina, mencegah gejala stroke, dan mencegah serangan jantung.

Penggunaan obat Nicardipine memberikan dampak yang selaras antara penurunan tekanan darah dengan penurunan beban kerja jantung. Ketika pembuluh darah lebih rileks dan lebar sebagai efek dari konsumsi obat Nicardipine, secara otomatis hal tersebut juga menurunkan beban kerja jantung. Angina merupakan efek yang mungkin terjadi jika jantung diharuskan untuk bekerja terlalu keras. Selain itu, dalam kondisi tertentu, jantung yang dipaksa untuk bekerja terlalu keras dapat mengalami penurunan kinerja hingga mengalami masalah yang kerap kali disebut sebagai serangan jantung.

Dari informasi pembuka tentang obat Nicardipine ini, tentu Anda sudah mengetahui fungsi dan manfaat Nicardipine. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang obat Nicardipine, Anda dapat menyimak informasi tentang Nicardipine obat apa di bawah ini. Mengetahui fungsi Nicardipine, manfaat, dosis Nicardipine, dan keterangan tentang obat Nicardipine secara lebih detail akan membuat Anda lebih berhati-hati dalam mengonsumsi obat yang digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi ini.

Nama: Nicardipine

Bentuk Sediaan Obat Nicardipine

Kapsul

  • 20mg
  • 30mg

Kapsul, rilis diperpanjang

  • 30mg
  • 45mg
  • 60mg

Larutan Infus

  • 20mg/200mL
  • 40mg/200mL

Larutan Injeksi

  • 5mg/mL

Nama Dagang: Cardene

Indikasi Penggunaan Obat Nicardipine

  • Nicardipine digunakan dengan atau tanpa obat lain untuk mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi). Menurunkan tekanan darah tinggi membantu mencegah stroke, serangan jantung, dan masalah ginjal. Nicardipine disebut kelas calcium channel blockers. Ia bekerja dengan cara merelaksasi pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir lebih mudah.
  • Penggunaan obat ini selain untuk menurunkan tekanan darah juga untuk beberapa kondisi kesehatan. Kondisi tersebut mungkin tidak tercantum dalam label profesional disetujui untuk obat, tetapi yang mungkin diresepkan oleh dokter Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi berikut ketika diresepkan oleh ahli kesehatan Anda.
  • Obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah beberapa jenis nyeri dada (angina). Ini dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam berolahraga dan menurunkan frekuensi serangan angina. Obat ini harus diminum secara teratur sehingga efektif. Obat tidak boleh digunakan untuk mengobati serangan nyeri dada ketika mereka terjadi. Gunakan obat lain (seperti nitrogliserin sublingual) untuk meringankan serangan nyeri dada seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk rinciannya.

Cara Menggunakan Obat Nicardipine

  • Konsumsi obat dengan mulut, biasanya dua kali sehari dengan atau tanpa makanan atau seperti yang diarahkan oleh dokter. Telan kapsul seluruhnya. Jangan dihancurkan, dikunyah, atau dilarutkan. Melakukan hal tersebut dapat melepaskan semua obat sekaligus dan dapat meningkatkan efek samping.
  • Dosis didasarkan pada kondisi medis dan respon terhadap pengobatan. Dokter mungkin secara bertahap akan meningkatkan dosis Anda. Ikuti petunjuk dokter dengan hati-hati.
  • Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal. Untuk membantu Anda ingat, konsumsi obat pada waktu yang sama setiap hari. Penting untuk terus minum obat ini bahkan jika Anda merasa baik. Kebanyakan orang dengan tekanan darah tinggi tidak merasa sakit sehingga malas untuk minum obat.
  • Beritahu dokter jika kondisi Anda tetap atau memburuk (misalnya, pembacaan tekanan darah rutin Anda tetap tinggi atau meningkat, nyeri dada Anda memburuk atau lebih sering).

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penggunaan obat Nicardipine harus dilakukan secara rutin sesuai dengan petunjuk dokter. Anda sangat tidak disarankan untuk menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba ketika kondisi Anda terasa membaik.

Penghentian penggunaan obat yang tiba-tiba ini justru bisa memperburuk kondisi pasien tekanan darah tinggi. Tetap konsumsi obat secara rutin dan jangan lupa untuk mengonsultasikan tentang perubahan kondisi kesehatan yang Anda rasakan selama mengonsumsi obat. Pemeriksaan rutin juga dibutuhkan apabila kondisi kesehatan justru menurun, bahkan setelah mengonsumsi obat Nicardipine ini secara berkala sesuai dengan petunjuk dokter.

Kini Anda telah mengetahui Nicardipine obat apa. Bagi Anda yang masih penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang obat Nicardipine, Anda bisa membaca informasi selengkapnya pada halaman selanjutnya.

Obat Nicardipine – Halaman Selanjutnya :   1   2   3