Terbit: 19 Mei 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Niacinamide atau disebut juga nicotinamide adalah bentuk vitamin B3 yang sering digunakan untuk perawatan kulit. Di antara beberapa bahan perawatan kulit lainnya seperti retinol dan vitamin C, niacinamide adalah yang menonjol karena keserbagunaannya untuk hampir semua masalah dan jenis kulit.

Manfaat Niacinamide untuk Kulit dan Aturan Pemakaiannya

Apa Itu Niacinamide?

Niacinamide adalah vitamin larut dalam air yang bekerja dengan zat alami di kulit untuk membantu meminimalkan pori-pori yang membesar, mengencangkan pori-pori yang kendur, memperbaiki warna kulit yang tidak merata, melembutkan garis-garis halus/kerutan, dan mengurangi kusam.

Fungsi niacinamide lainnya adalah meningkatkan pelindung kulit (garis pertahanan pertama) dan membantu membantu kulit memperbaiki tanda-tanda kerusakan di masa lalu.

Dikarenakan larut dalam air, penggunaannya adalah dengan memakannya atau mengoleskannya secara topikal untuk mendapatkan manfaatnya. Senyawa kimia ini adalah sesuatu yang sangat penting dalam menunjang kesehatan kulit karena tubuh tidak dapat memproduksinya.

Manfaat Niacinamide untuk Kulit

Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa didapatkan kulit, di antaranya:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

1. Memudarkan Hiperpigmentasi

Penelitian telah menunjukkan bahwa niacinamide dapat membantu memudarkan hiperpigmentasi pada kulit. Meskipun cara spesifik di mana hal ini terjadi belum sepenuhnya dipahami, menambahkan vitamin ini ke dalam rutinitas perawatan kulit dapat membantu mencerahkan kulit selama berminggu-minggu.

Selain itu, penggunaan niacinamide topikal juga telah terbukti mengurangi kemerahan dan noda pada kulit. Bahkan, penggunaannya telah terbukti memperbaiki dan mencegah kulit pucat tanpa menyebabkan iritasi. Hal ini menjadikannya sebagai perawatan topikal yang ideal untuk memulihkan warna kulit.

2. Memperkuat Pelindung Alami Kulit

Vitamin ini dapat meningkatkan produksi ceramide dan elastin, di mana kedua merupakan komponen penting dari pelindung kulit. Niacinamide membuat kulit lebih terhidrasi dan mempertahankan kelembapannya.

Selain itu, suplemen ini juga dapat membantu dan menstabilkan produksi minyak di kulit, sehingga membantu menjinakkan dan mencegah jerawat.

Saat dioleskan, niacinamide berubah menjadi nicotinamide adenine dinucleotide (NAD) yang memiliki sifat antioksidan kuat melawan radikal bebas. Ini sangat penting untuk kesehatan kulit, karena kerusakan DNA dapat terjadi tanpa terlihat sebagai respons terhadap sejumlah stres sehari-hari, termasuk polusi lingkungan dan paparan radiasi ultraviolet. Meningkatkanya jumlah NAD mengurangi kerusakan sel oksidatif di dalam sel kulit.

Baca Juga: Hydraulic Acid: Fungsi, Cara Kerja, Aturan Pakai, Efek Samping, dll

3. Mencegah Kanker Kulit

Sebuah studi menunjukkan bahwa individu dengan risiko tinggi kanker kulit non-melanoma dapat mencegah penyakit tersebut dengan asupan oral niacinamide. Namun, penelitian terkait hal ini masih terbatas, sehingga penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk memastikan hasilnya dengan pasti.

Senyawa kimia ini aman untuk semua jenis kulit dan segala usia, bahkan pada mereka yang memiliki peradangan seperti rosacea.

4. Menghilangkan Bintik-Bintik Hitam

Jika Anda memiliki bercak hitam atau bintik-bintik hitam akibat paparan matahari, pertimbangkanlah untuk menggunakan senyawa kimia ini. Dalam konsentrasi tertentu, niacinamide dianggap mampu memblokir enzim yang bertanggung jawab untuk memproduksi pigmentasi, melanin, dan memperbaiki warna kulit.

Sebuah studi mengungkapkan, penggunaan produk yang mengandung campuran pencerah kulit, termasuk retinol, antioksidan resveratrol, dan nicotinamide selama empat minggu, ternyata membuat kulit lebih bercahaya, meratakan warna kulit, dan mengurangi hiperpigmentasi.

5. Melawan Penyebab Stres yang Berbahaya

Sinar UV, polusi, stres, dan kurang tidur dapat menciptakan radikal bebas yang merusak sel-sel kulit yang sehat. Sel kulit yang rusak menimbulkan tanda-tanda penuaan dini seperti perubahan warna dan kerutan. Niacinamide memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan tersebut.

6. Mengurangi Iritasi

Salah satu hal terbaik tentang niacinamide adalah senyawa kimia ini mendukung penggunaan produk anti penuaan yang berpotensi menyebabkan iritasi karena meningkatkan pergantian sel kulit, termasuk retinol dan alpha hydroxy acid (AHA), seperti asam glikolat.

Vitamin ini dapat menenangkan kulit dan membatasi iritasi yang disebabkan oleh pengelupasan kulit yang lebih kuat. Bahkan, senyawa kimia ini juga digunakan untuk mengatasi kemerahan, sehingga Anda bisa menggunakan nicotinamide pada kulit sensitif.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Kulit Sensitif dan Cara Merawatnya

Apakah Niacinamide Memiliki Efek Samping?

Niacinamide topikal umumnya dianggap aman untuk digunakan. Namun, senyawa kimia ini dapat memicu alergi pada seseorang yang sudah memiliki alergi sebelumnya. Hal ini dikarenakan nicotinamide menyebabkan tubuh melepaskan histamin.

Anda dapat menghindari reaksi alergi yang meluas dan kepekaan produk dengan melakukan uji tempel:

  • Oleskan produk seukuran uang receh di lengan bawah.
  • Tunggu 24 jam.
  • Jika Anda mulai mengalami kemerahan, gatal, atau bengkak, cuci area tersebut dan hentikan penggunaan.
  • Jika Anda tidak mengalami efek samping apa pun, berarti produk tersebut aman digunakan.

Pada akhirnya, seperti halnya produk perawatan kulit yang lain, Anda mungkin tidak akan melihat hasil signifikan selama beberapa minggu. Meskipun sebagian besar penelitian mengungkapkan peningkatan hasil selama 4 minggu penggunaan, tidak ada waktu pasti yang bisa dijadikan patokan.

Jika Anda tidak melihat perubahan apa pun dalam beberapa bulan, mungkin sudah waktunya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter dapat merekomendasikan produk yang sesuai, perubahan pola makan, dan hal-hal lainnya untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Baca Juga: 16 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari, Berbahaya!

Waktu Terbaik Menggunakan Niacinamide?

Penggunaan produk yang mengandung nicotinamide pada dasarnya adalah sebagai perawatan tambahan untuk mengatasi masalah kulit diluar pembersihan rutin, toning, dan pelembap. Penggunaan produk dalam bentuk serum sebaiknya diterapkan setelah penggunaan toner atau sebelum menggunakan pelembap.

Perlu Anda ketahui, beberapa cleanser, cream, dan masker wajah juga mengandung nicotinamide. Oleh karena itu, baca setiap label produk dengan hati-hati dan ikuti semua petunjuk penggunaan.

Apa yang Harus Anda Perhatikan saat Memilih Produk yang Mengandung Niacinamide?

Konsentrasi niacinamide dapat bervariasi antar produk, meskipun kebanyakan formulasi adalah 5 persen atau kurang.

Beberapa laporan menunjukkan formula 5 persen efektif dalam mengobati hiperpigmentasi dan kerusakan yang terkait dengan paparan sinar matahari.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda bisa memulai dengan konsentrasi yang lebih rendah. Formula dengan 2 persen niacinamide dapat membantu meringankan gejala eksim dan kondisi serupa.

Bolehkah Niacinamide Dikombinasikan dengan Produk Perawatan Kulit Lainnya?

Nicotinamide dapat digunakan bersama bahan aktif lainnya untuk hasil yang optimal. Misalnya, beberapa laporan menunjukkan bahwa niacinamide dapat bekerja dengan baik bersama copper, folic acid, dan zinc untuk mengobati jerawat.

Anda mungkin bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari serum niacinamide saat digunakan bersama hyaluronic acid. Hyaluronic acid diklaim dapat meningkatkan penyerapan produk.

 

  1. Anonim. HOW NIACINAMIDE HELPS SKIN. https://www.paulaschoice.com/expert-advice/skincare-advice/ingredient-spotlight/how-niacinamide-helps-skin.html. (Diakses pada 19 Mei 2021).
  2. Cherney, Kristeen. 2018. Everything You Should Know About Niacinamide. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/niacinamide#benefits. (Diakses pada 19 Mei 2021).
  3. Kumar, Karthik. 2021. What Does Niacinamide Do for Skin?. https://www.medicinenet.com/what_does_niacinamide_do_for_skin/article.htm. (Diakses pada 19 Mei 2021).
  4. Migala, Jessica. 2020. Niacinamide Is the Gentle Ingredient Sensitive Skin Loves, According to Dermatologists. https://www.prevention.com/beauty/skin-care/a34151630/niacinamide-for-skin-car. (Diakses pada 19 Mei 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi