‘Ngulet’ Saat Bangun Tidur, Paru-Paru Pemuda Ini Kolaps

ngulet_paru_kolaps_doktersehat_1
Photo Source: Oddity Central

DokterSehat.Com– Salah satu hal yang biasa kita lakukan saat bangun tidur dan masih berada di atas kasur adalah menggeliat atau ngulet. Dengan melakukan peregangan, maka tubuh akan terasa lebih enakan atau segar. Sayangnya, seorang pemuda bernama Wu dari Shenzen, Tiongkok, justru mengalami kejadian mengerikan gara-gara melakukan hal ini. Bagaimana tidak, paru-parunya sampai kolaps hanya gara-gara menggeliat!

Dilansir dari Oddity Central, pada 16 Juli 2018 lalu, Wu seperti biasanya terbangun di pagi hari dan langsung ngulet demi melemaskan otot-otot dan persendiannya. Hanya saja, bukannya merasa lebih segar, ia merasakan sensasi nyeri pada dadanya. Wu kemudian mulai mengalami gangguan pernapasan dan paru-parunya seperti sangat gatal sehingga membuatnya terus batuk-batuk.

Wu langsung diantar keluarganya ke rumah sakit karena kesulitan bernapas. Dokter kemudian mengecek kondisinya dengan sinar-X dan mendiagnosisnya terkena spontaneous pneumothorax pada paru-paru kirinya. Kondisi ini juga disebut sebagai paru-paru kolaps.

Saat itu, paru-paru bagian kiri milik Wu sudah dipenuhi oleh cairan. Ia pun langsung dirujuk ke Longgang Central Hospital demi mendapatkan operasi darurat. Dokter kemudian berhasil mengeluarkan 1,5 liter darah yang sudah memasuki paru-paru kirinya dan menyelamatkan nyawanya.

Dokter berkata bahwa fisik Wu yang cenderung sangat kurus membuatnya rentan untuk terkena masalah kesehatan ini saat melakukan beberapa aktivitas fisik seperti peregangan, angkat berat, atau bahkan menyelam. Paru-parunya pun lebih rentan untuk terkena tekanan berukuran lebih besar.

Wu sangat beruntung karena nyawanya masih bisa selamat. Setelah menjalani masa pemulihan, ia kini sudah diperbolehkan untuk pulang. Hanya saja, ia mungkin akan berpikir-pikir lagi untuk ngulet saat bangun tidur.