Ngeri, Warna Urine Pria Ini Ungu

urine_ungu_doktersehat_1
Photo Source: Dirbuzz

DokterSehat.Com– Pria berusia 70 tahun dari India dilarikan ke rumah sakit karena warna urine dari tubuhnya berubah menjadi ungu, sangat berbeda dari warna urine yang normal yang seringkali adalah jernih atau sedikit kekuningan. Apa penyebab dari perubahan warna urine yang sangat aneh ini?

Dilansir dari Dirbuzz, pakar kesehatan yang menangani kondisi sang pria sempat kebingungan dengan warna urine sang pria karena kasus ini sangat jarang terjadi di dunia medis. Sang pria kemudian dipindah ke King George’s Medical College yang ada di kota Lucknow, 531 km dari New Delhi. Tubuhnya kini dipasang kateter urine yang bisa membantunya mengosongkan kandung kemih dan mengumpulkan urine di dalam kantong khusus.

Sang pria sebelumnya dirawat di rumah sakit selama enam bulan karena pembesaran prostat. Ia pun menjalani operasi demi mengatasi masalah kesehatan ini.

Dalam kasus yang kemudian dipublikasikan dalam BMJ Case Reports ini, dihasilkan fakta bahwa perubahan warna air seni pada sang pria disebabkan oleh terkumpulnya reaksi kimia di dalam tubuh sang pria. Mikro organisme di dalam tubuh sang pria kemudian memetabolisme tryptophan, sejenis asam amino yang ada di dalam makanan. Kondisi ini membuat tubuh sang pria memproduksi indole yang kemudian berubah menjadi indoxl sulfate yang akhirnya memicu perubahan warna urine menjadi ungu.

Dr. Siddharth Pandey yang menangani kondisi sang pria akhirnya mendiagnosisnya dengan masalah kesehatan bernama purple urinary bag syndrome (PUBG). Hanya saja, belum benar-benar jelas apa pemicu dari masalah perubahan warna urine ini. Dokter pun hanya menganggap sang pria sedang mengalami fenomena yang sangat tidak biasa. Beruntung, ia masih dalam kondisi yang stabil meski mengalami hal yang sangat aneh ini.