Ngeri, 14 Cacing Gelang Diangkat dari Saluran Empedu Wanita Ini

doktersehat-Askariasis-Infeksi-cacing-Gelang-1024

DokterSehat.Com– Dokter bedah di India menemukan belasan cacing yang masih hidup di dalam organ dalam wanita berusia 38 tahun bernama Sunita. Keberadaan cacing ini diketahui setelah Sunita mengunjungi rumah sakit karena mengeluhkan sakit perut, demam, muntah-muntah, dan penyakit kuning selama enam bulan.

Dilansir dari Fox News, hasil pemindaian dengan CT Scan menghasilkan fakta bahwa terdapat 14 cacing gelang hidup dengan ukuran 15 cm hingga 20 cm ditemukan dalam saluran empedu yang menghubungkan hati dengan ususnya. Dokter bedah dari Fortis Hispital, New Delhi, langsung bertindak cepat dan menggunakan snares dan tang khusus endoskopi untuk mengeluarkan cacing-cacing tersebut tanpa melakukan pembedahan.

Cacing gelang bisa muncul di dalam perut jika kita mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi oleh telur cacing. Biasanya, makanan-makanan ini diolah atau ditempatkan di tempat yang tidak higienis atau tidak dimasak hingga benar-benar matang. Selain itu, kebiasaan malas mencuci tangan sebelum makan juga bisa menjadi pemicunya.

“Sakit perut yang kurasakan sangat parah sampai-sampai aku tak sanggup berdiri. Aku juga kehilangan 12 kg berat badan hanya dalam waktu sebulan. Beruntung, dokter bisa menemukan apa penyebabnya,” ucap Sunita.

Setelah cacing gelang ini diangkat dari perutnya, Sunita tak lagi mengalami sakit perut dan gejala lainnya.

Sementara itu, dr. Arvind Khurana yang merupakan ahli gastroenterologi di rumah sakit tempat Sunita dirawat menyebutkan bahwa meskipun kasus cacing ditemukan di usus manusia cukup sering terjadi, sangat jarang cacing ini ditemukan di saluran empedu, apalagi jumlahnya mencapai 14 ekor.

Selalu jaga kebersihan dan jangan sembarangan mengonsumsi makanan yang tidak sehat agar tidak sampai mengalami masalah cacingan sebagaimana yang dialami oleh Sunita.