Makan Buah Malam Hari, Apakah Baik Bagi Kesehatan?

DokterSehat.Com – Salah satu penyebab kenaikan berat badan yang signifikan adalah jika kita sering ngemil, khususnya ketika dilakukan di malam hari. Aktivitas ngemil makanan, khususnya untuk menemani sesi menonton acara televisi atau film tentu saja akan sangat asyik untuk dilakukan.

Tak hanya itu, banyak orang yang sebenarnya sudah tidur namun terbangun dan pada akhirnya memakan camilan karena perutnya yang tiba-tiba lapar. Sebuah pertanyaan pun muncul, andai camilan yang biasanya kurang sehat dan bisa menimbulkan masalah berat badan tidak ideal ini diganti dengan buah-buahan, apakah akan memberikan dampak baik bagi kesehatan?

Pakar kesehatan ternyata memberikan jawaban; ya. Ada dampak positif jika kita mengganti camilan tidak sehat ini dengan buah-buahan. Tak seperti camilan pada umumnya, makan buah malam hari ternyata tidak memberikan risiko penambahan berat badan. Hanya saja, tidak semua buah-buahan akan cocok dimakan di malam hari. Ingatlah bahwa ada beberapa jenis buah yang memiliki rasa asam yang justru bisa berimbas pada masalah perut jika dikonsumsi malam hari.

Baca juga: 3 Jenis Makanan Sehat yang Aman Dikonsumsi pada Malam Hari

Jika kita nekat mengonsumsi buah yang terasa asam di malam hari, maka dikhawatirkan saluran pencernaan akan bermasalah, yakni menimbulkan iritasi pada usus. Selain itu, kita juga berpotensi mengalami reflux asam perut saat kiat tertidur. Reflux asam perut sendiri terjadi karena saat tidur, proses pencernaan sedang membersihkan usus. Sayangnya, karena di dalam usus ini memiliki kandungan asam tinggi dari buah-buahan, maka terjadilan reflux asam perut yang bisa memicu sakit perut. Jika hal ini terjadi, tentu kita akan mengalami masalah tidur.

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika buah-buahan yang sebaiknya kita hindari untuk dikonsumsi di malam hari adalah jeruk, pisang, stroberi, hingga beberapa jenis buah beri. Selain itu buah-buahan tersebut akan menjadi camilan sehat yang ideal bagi kesehatan tubuh Anda.

Buah yang Baik Dimakan Malam Hari

Berikut beberapa buah yang bisa Anda coba saat mengemil dan manfaat makan buah di malam hari:

1. Ceri

Untuk camilan sebelum tidur, ceri bisa menjadi pilihan yang baik. Ceri mengandung melatonin – hormon yang menginduksi tidur. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi ceri larut malam mungkin memberi Anda kualitas tidur yang baik. Selain itu, ceri bisa menjadi solusi yang baik untuk penderita insomnia.

2. Pisang

Buah yang cocok dimakan malam hari adalah pisang, karena buah ini mengandung nutrisi yang akan membantu Anda rileks di tempat tidur. Kandungan dalam pisang adalah kalium dan magnesium. Nutrisi ini membantu dengan merilekskan otot-otot Anda, menghasilkan malam yang tenang. Pisang juga mengandung banyak karbohidrat, yang terbukti membuat Anda mengantuk dengan memproduksi triptofan dan mengalirkannya ke otak. Jika Anda bosan dengan pisang setiap malam, Anda bisa mengoleskan selai ceri pada pisang Anda.

Baca juga: Mudah Dibuat, Ini 3 Menu Makan Malam Sehat yang Bisa Bantu Diet

3. Stroberi

Stroberi rasanya enak, mengandung antioksidan dan vitamin C yang membantu Anda dalam beristirahat. Stroberi memberikan kalori rendah, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kenaikan berat badan. Resep terbaik untuk dinikmati stroberi adalah gula rendah dan sereal protein tinggi yang dikombinasikan dengan beberapa stroberi dan blueberry. Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, bahkan ada manfaat kesehatan dari daun stroberi

4. Grapefruit

Grapefruit juga bisa menjadi pilihan alternatif karena mengandung lycopene, antioksidan dalam tubuh yang telah terbukti memperbaiki cara Anda tidur. Grapefruit termasuk buah yang sehat dan menghidrasi. Zat-zat likopen juga membantu mengurangi penyakit jantung dan kanker serta memiliki manfaat anti-penuaan. Grapefruit baik untuk dehidrasi juga sejak 82% dikomposisi oleh air. Jika dihitung, maka porsi grapefruit biaya untuk 1/3 cangkir air.

5. Semangka

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya bagaimana semangka dapat menjadi makanan ringan larut malam yang baik karena ada pro dan kontra bahwa tidak ada gunanya memakan semangka saat kita sulit tidur. Anda tidak perlu khawatir karena semangka kaya lycopene dan likopen membantu Anda tidur lebih nyenyak. Mungkin, jika Anda kehabisan semangka di rumah, Anda dapat menggantinya dengan melon.

6. Apel dan pir

dua buah ini adalah bahan termudah yang hampir dapat kita temukan di setiap supermarket atau minimarket, bahkan di pinggir jalan. Apel dan pir juga membuat pilihan makanan ringan di malam hari saat kita mencoba menurunkan berat badan. Anda tidak perlu membuat persiapan yang rumit karena kerutan kulit dan daging buah bisa cukup memuaskan untuk diet Anda.

Baca juga: Tips Makan Malam Sehat Bersama Keluarga

7. Alpukat

Anda dapat menikmati alpukat yang sehat di malam hari atau bahkan beberapa alpukat yang dihancurkan dengan roti bakar. Alpukat bisa meningkatkan kualitas tidur Anda dan menurut penelitian, buah ini mengandung lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Nah, itu dia manfaat makan buah di malam hari. Yuk, mulai sekarang rutin makan buah setiap hari agar tubuh kita tetap bugar!