Ngantuk Kawal Pilkada, Pria Ini Minum Tinta yang Dikira Kopi

minum_tinta_pemilu_doktersehat_1
Photo Source: Okezone/Line Today

DokterSehat.Com– Pria bernama Mustafa, Anggota linmas yang menjaga di TPS 01 di Kelurahan Sungai Jawi Luar, Pontianak, Kalimantan Barat, mengantuk tatkala mengawal pencoblosan di wilayah tersebut. Sebelumnya, ia tidak tidur semalaman demi menjaga keamanan dan ketertiban di TPS tersebut.

Sayangnya, karena mengantuk berat, Mustafa sampai salah meminum tinta yang disediakan di depannya. Ia mengira tinta ini adalah kopi yang diharapkan bisa mengatasi rasa kantuknya. Ia mengaku sampai meminum satu teguk tinta yang seharusnya ditujukan bagi para pemilih setelah mencoblos.

Mustafa mengaku meminum tinta ini pada pukul 11.00 WIB. Saat itu, suasana TPS memang sedang sangat ramai. Posisi gelas kopi yang seharusnya akan ia minum persis berada di samping wadah tinta yang terbuat dari bekas wadah air minum berbentuk gelas plastik. Saat mengambil kopi inilah ia justru keliru mengambil wadah tinta dan langsung meminumnya begitu saja.

Mustafa langsung menelannya begitu saja tanpa merasakannya terlebih dahulu. Saat itulah ia baru menyadari jika kopi yang ia minum adalah tinta. Padahal, tinta ini kaya akan kandungan alkohol dan bahan kimia lainnya seperti silver nitrat, gentian violet, IPA dan aquades yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

Tak ingin terkena masalah kesehatan, Mustafa langsung berusaha memuntahkannya. Ia juga terus meludahkan air liurnya yang telah berubah menjadi berwarna biru tersebut hingga ratusan kali. Sayangnya, badan Mustafa mulai gemetaran sehingga kemudian dibantu oleh petugas TPS lainnya.

Sayangnya, dengan alasan belum punya uang, Mustafa tidak mau langsung berobat. Meskipun begitu, karena sudah mulai merasakan gejala batuk-batuk, ia sudah berencana untuk pergi ke layanan kesehatan terdekat.