Obat Neurodex: Dosis, Komposisi, Indikasi, dan Peringatan

Obat Neurodex - DokterSehat

DokterSehat.Com – Neurodex obat apa? Obat Neurodex adalah salah satu merek suplemen vitamin B kompleks yang terdiri atas vitamin B1, B6, dan B12.  Vitamin tersebut berguna untuk nutrisi sel saraf yang disebut sebagai neurotropik–sehingga vitamin ini dapat digunakan untuk melindungi dan menjaga saraf.

Obat lain yang serupa dengan Neurodex adalah Neurobion dan Neurosanbe. Kedua obat ini memiliki fungsi yang serupa namun berbeda merk dan nama. Setelah Anda mengetahui neurodex obat untuk apa, kenali manfaat dan fungsi Neurodex berikut ini.

Fungsi Neurodex dan Manfaat Neurodex

Obat neurodex untuk apa? Fungsi Neurodex adalah melindungi dan menjaga fungsi saraf agar tetap berjalan dengan normal. Sementara manfaat Neurodex adalah dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin B, anemia, gangguan saraf otak, dan pegal otot.

Perlu diperhatikan bahwa penggunaan obat Neurodex tidak dianjurkan untuk anak-anak, karena dosis neurodex mengandung vitamin B yang tinggi. Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin B ini melebihi dosis yang sudah diberikan oleh dokter. Penggunaan obat akan lebih aman jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang menangani Anda.

Setelah Anda mengetahui manfaat dan fungsi Neurodex, mari kenali lebih mendalam mengenai dosis Neurodex, komposisi Neurodex, indikasi dan peringatan dari penggunaan suplemen vitamin B tersebut.

Simak informasi di bawah ini supaya Anda lebih cermat dalam menggunakan dan mengonsumsi Neurodex.

Nama: Neurodex
Sediaan obat: Tablet salut selaput.

Komposisi Neurodex

  • Vitamin B1 mononitrat 100 mg.
  • Vitamin B6 HCl 200 mg.
  • Vitamin B12 200 mcg.

Berikut penjelasan tentang masing-masing komposisi Neurodex:

  • Vitamin B1 atau tiamin adalah vitamin B yang memiliki peran utama sebagai koenzim pada proses dekarboksilasi asam alfa – keto dan berperan dalam proses metabolisme karbohidrat. Secara alami vitamin B1 banyak terdapat pada gandum, jamur, biji bunga matahari, kentang, jeruk, dan hati.
  • Vitamin B6 atau piridoksin adalah vitamin B yang memiliki peran utama membantu dalam proses metabolisme protein dan asam empedu. Merupakan vitamin yang banyak terdapat pada zat makanan daging-dagingan, kacang-kacangan, dan pisang.
  • Vitamin B12 atau kobalamin adalah vitamin B yang memiliki peran utama dalam sintesa asam nukleat yang berpengaruh pada pematangan sel dan pemeliharaan integritas jaringan saraf. Vitamin ini banyak terdapat pada sereal, dan produk kedelai.

Indikasi Penggunaan Obat Neurodex

  • Digunakan untuk terapi defisinesi (kekurangan) vitamin B1, B6, dan B12 seperti pada kasus polineuritis (radang saraf), beri-beri, gangguan saraf otak, infeksi mata, hingga penurunan kesadaran.
  • Digunakan untuk kondisi gangguan saraf seperti kesemutan, baal.
  • Digunakan untuk kondisi pegal-pegal sebagai suplemen.
  • Digunakan untuk kondisi gangguan fungsi saraf seperti cegukan yang terlalu lama, penyakit pikun pada orang tua.
  • Suplemen pada pasien anemia atau kekurangan darah merah akibat defisiensi vitamin B12 (yang ditandai dengan ukuran sel darah merah besar-besar, perlu diperiksa oleh tenaga medis ahli)

Kontraindikasi Penggunaan Obat Neurodex

Meskipun Neurodex adalah suplemen vitamin, namun tidak semua orang boleh menggunakannya. Neurodex tidak boleh digunakan oleh penderita yang diketahui memiliki riwayat hipersensitif atau alergi terhadap vitamin B kompleks atau komponen vitamin B1, vitamin B6, atau vitamin B12 dan komponen lain dari obat. Tidak diperkenankan juga pada orang dengan gangguan pembekuan darah.

Peringatan Obat Neurodex

  • Jangan digunakan untuk pasien yang menerima obat levodopa.
  • Tidak boleh digunakan untuk anak-anak, karena mengandung vitamin B dosis tinggi.
  • Waspadai penggunaan vitamin B6 dosis tinggi dalam jangka waktu yang lama karena dapat menyebabkan terjadinya sindroma neuropati.
  • Jangan melebihi dosis yang dianjurkan tanpa berkonsultasi dengan dokter.
  • Tidak cocok diberikan kepada pasien anemia megaloblastik (anemia yang dikarenakan kekurangan Cobalamyn dan asam folat dalam tubuh).

Cara Pakai dan Dosis Neurodex

Pada umumnya Neurodex dijual bebas tanpa perlu resep dokter, namun demikian harus tetap mengikuti aturan pakai yang tertera dalam paket. Obat Neurodex diminum dengan dosis satu tablet per hari sebelum atau sesudah makan.

Neurodex dapat dikonsumsi kapan saja baik pada saat sakit, setelah penyembuhan penyakit, atau pada saat kondisi sehat. Sebaiknya mengikuti anjuran dosis dan cara pakai dari dokter Anda.

1 tablet sehari atau seperti yang disarankan oleh dokter. Karena ini suplementasi, maka bisa dikonsumsi baik oleh orang yang sehat maupun sakit. Selain itu, Neurodex dapat diberikan bersama atau tanpa makanan. Konsumsi Neurodex bersama makanan dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada gastrointestinal.

Reaksi yang Tidak Diharapkan

Penggunaan vitamin B6 dalam jangka panjang menyebabkan sindrom neuropati, yaitu kehilangan rasa atau kesemutan pada tangan dan kaki, karena kerusakan bagian ujung saraf atau munculnya rasa nyeri.

Perhatian, jika Anda mengalami kontraindikasi dari penggunaan obat tersebut, segera hubungi dokter. Anda juga bisa mendatangi rumah sakit terdekat untuk diberikan penanganan medis yang cepat terhadap efek obat yang dialami.

Meskipun obat Neurodex adalah suplemen, Anda tetap tidak dianjurkan untuk mengonsumsi dengan dosis yang berlebihan tanpa petunjuk dokter. Memerhatikan anjuran medis saat mengonsumsi obat apa pun sangat dianjurkan untuk Anda.