DokterSehat.Com– Beberapa waktu belakangan, warganet dihebohkan dengan informasi yang menyebut nata de coco mengandung plastik. Hal ini disebabkan oleh tekstur nata de coco yang cenderung kenyal sehingga dianggap terbuat dari bahan tersebut. BPOM langsung menanggapi hal ini demi mengatasi kekhawatiran masyarakat.

nata-de-coco-doktersehat

Penjelasan BPOM Tentang Kandungan Nata de Coco

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut kabar ini tidak benar. Lembaran tipis yang kita temukan dalam potongan nata de coco bukanlah plastik.

Berikut adalah penjelasan lengkap dari BPOM terkait dengan isu nata de coco ini.

  • Nata de coco adalah bahan makanan yang terbuat dari bahan utama air kelapa. Proses pembuatannya dilakukan dengan menggabungkan jutaan lapisan benang selulosa sehingga membentuk jeli. Hal inilah yang membuat nata de coco memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan. Serat pangan ini juga sangat baik bagi kesehatan.
  • Lapisan benang selulosa ini ternyata bisa memerangkap cairan. Karena alasan inilah jika kita menekan jeli nata de coco, akan keluar cairan. Jika kita mengeluarkan cairan ini hingga jeli hampir kering, akan membuatnya terlihat seperti plastik. Lembaran inilah yang disalahartikan banyak orang sebagai plastik.
  • Jeli nata de coco memang sangat kenyal sehingga sulit untuk disobek, namun bukan berarti hal ini menandakan bahwa nata de coco mengandung plastik.
  • Kita sebaiknya cermat dalam memilih nata de coco, yakni dengan memilih yang masih memiliki warna putih atau transparan yang bersih, memiliki struktur yang kuat dan tidak mudah hancur, tidak lengket, tidak memiliki aroma asam, dan tidak kotor.

BPOM juga menyarankan kita untuk selalu mengecek kemasan, label, izin edar, dan masa kadaluarsa dari produk nata de coco yang kita pilih agar aman untuk dikonsumsi.

Manfaat Nata de Coco bagi Kesehatan

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika mengonsumsi nata de coco.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Menurunkan Kolesterol

Kandungan serat yang tinggi di dalam nata de coco bisa membantu perut kenyang dan kita pun akan mampu mengatur pola makan dengan lebih baik dan sehat. Keinginan untuk ngemil atau makan makanan yang tidak sehat dan tinggi kolesterol bisa ditekan.

Kandungan di dalam nata de coco juga bisa menurunkan kinerja enzim HMG-Koa yang bisa berimbas pada menurunnya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini akan membuat risiko terkena penyakit kardiovaskular akan menurun.

  1. Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Kandungan serat yang tinggi dan kadar gulanya yang cenderung rendah bisa membantu penderita diabetes menjaga pola makan dan rasa kenyang. Hal ini tentu akan mencegah kadar gula darah.

Meskipun begitu, sebaiknya kita cermat dalam mengecek kandungan gula dalam kemasan nata de coco karena ada beberapa produk yang tinggi kandungan gula.

  1. Baik bagi Pencernaan

Sudah menjadi rahasia umum jika serat baik bagi kesehatan pencernaan. Fungsi pencernaan akan semakin membaik, penyerapan makanan meningkat, dan keseimbangan bakteri di dalam usus juga terjaga sehingga sistem kekebalan tubuh akan tetap kuat.

  1. Mengatasi Dehidrasi

Nata de coco bisa membantu mengembalikan keseimbangan cairan tubuh dengan cepat. Hal ini tentu akan membantu mengatasi dehidrasi.

  1. Baik untuk Program Diet

Jika kita ingin menurunkan berat badan, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi nata de coco karena bahan makanan ini tinggi serat namun rendah kalori. Hanya saja, pastikan untuk tidak memberi tambahan seperti sirup yang membuatnya tinggi kalori.

 

Sumber:

  1. Anonim. 2019. PENJELASAN BADAN POM RI tentang Isu Nata De Coco. pom.go.id/new/view/more/klarifikasi/105/PENJELASAN-BADAN-POM-RI–tentang–Isu-Nata-De-Coco.html (Diakses pada 10 Desember 2019).