Nasi Penyebab Banyak Orang Indonesia Menderita Diabetes?

doktersehat diabetes pria

DokterSehat.Com– Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar Kemenkes RI pada 2013 lalu, setidaknya 12 juta warga Indonesia dengan usia lebih dari 15 tahun telah dipastikan mengidap diabetes tipe 2. Jumlah ini tentu sangat banyak untuk warga satu negara, bukan? Lantas, apa sebenarnya penyebab dari banyaknya warga Tanah Air yang mengidap salah satu penyakit paling mematikan ini?

Banyak orang yang berpikir jika penyebab utama dari rentannya warga Indonesia terkena diabetes adalah karena kegemaran kita makan nasi. Sebagaimana kita ketahui, nasi dijadikan makanan pokok yang dikonsumsi 3 kali sehari. Banyak orang yang bahkan masih merasa belum makan jika belum makan nasi. Hal ini berarti, terdapat banyak sekali kalori yang dikonsumsi masyarakat Indonesia setiap hari.

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa mengonsumsi nasi putih hingga lebih dari 5 kali dalam seminggu bisa meningkatkan risiko terkena diabetes hingga 17 persen. Hal ini berarti, makan nasi memang bisa memicu datangnya penyakit ini. Hanya saja, di negara-negara lain yang warganya juga makan nasi setiap hari seperti Jepang atau Korea Selatan, risiko diabetes warganya tidak setinggi di Indonesia. Berarti, ada hal lain yang membuat warga Indonesia lebih rentan terkena diabetes.

Pola makan yang tidak sehat menjadi penyebab lainnya. Kebanyakan masyarakat masih tidak mengonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang, khususnya dalam hal menyepelekan sayur dan buah-buahan. Selain itu, kita juga cenderung suka mengonsumsi teh dan kopi yang ditambah dengan gula. Padahal, mengonsumsi gula dengan berlebihan bisa memicu datangnya diabetes.

Penyebab lain mengapa orang Indonesia rentan terkena diabetes adalah karena kita cenderung malas bergerak. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Stanford University, dihasilkan fakta bahwa orang Indonesia paling malas untuk berjalan kaki di seluruh dunia. Kita juga malas berolahraga sehingga membuat risiko untuk terkena diabetes meningkat.