Terbit: 10 September 2018 | Diperbarui: 31 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menghangatkan nasi di rice cooker bisa menjadi dilema tersendiri. Meskipun bisa membuat nasi tetap dalam kondisi hangat dalam waktu yang lebih lama yang tentu bisa membuat kita menikmatinya dengan lebih baik, kita tentu pernah mendengar artikel atau berita yang menyebutkan bahwa nasi yang dihangatkan bisa meningkatkan risiko diabetes.

Nasi Mengering di Rice Cooker, Sudah Basi?

Selain itu, ada pula berita yang menyebutkan bahwa nasi yang sudah kering di rice cooker adalah nasi yang basi dan sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa karena dipanaskan terus-menerus, maka nasi yang biasanya berada di posisi paling dekat dengan panci rice cooker akan mengeras.

Meskipun nasi di sekitarnya yang masih memiliki tekstur yang normal tetap layak untuk dikonsumsi, nasi yang sudah mengeras ini sudah tidak layak untuk dimakan karena tentu sudah tidak bisa lagi dicerna di dalam perut. Kita pun sebaiknya menyingkirkannya dan memilih untuk makan nasi yang masih dalam kondisi baik saja.

Selain nasi yang mengeras, terdapat beberapa ciri nasi basi atau nasi yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi lainnya seperti warnanya yang sudah mulai menguning. Memang ada beras yang tidak berkualitas baik yang menghasilkan nasi dengan warna kekuningan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Hanya saja, jika nasi ini mengalami perubahan warna dari putih menjadi kekuningan dan bahkan menimbulkan aroma yang tidak sedap, ada baiknya memang nasi ini tak lagi dikonsumsi.

Ciri nasi basi lainnya adalah yang sudah mulai lembek dan berair. Nasi ini juga sudah tidak layak untuk dikonsumsi sehingga sebaiknya dibuang saja karena jika dikonsumsi, dikhawatirkan bisa memicu keracunan atau gangguan pencernaan lainnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi