Menjadi Narsis Bisa Membuat Lebih Cerdas?

Photo Credit : www.freepik.com

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengaku tidak begitu suka dengan orang-orang yang narsis, mereka dengan tingkat kepercayaan diri yang sangat tinggi dan terkadang berlebihan. Padahal, menurut pakar kesehatan, mereka yang cenderung narsis ternyata memiliki kecenderungan lebih cerdas di sekolah dan memiliki sikap mental yang lebih baik.

Dilansir dari iol.co.za, mereka yang narsis percaya bahwa dirinya lebih baik dari orang lain. Yang tidak disangka adalah, rasa percaya diri ini juga berimbas positif bagi dirinya sendiri.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Kosta Papageorgiou dan kawan-kawan dari Queen’s University di Belfast, Irlandia utara, disebutkan bahwa terdapat kaitan erat antara narsisisme dan keteguhan mental yang lebih baik. Hal ini akan berimbas positif bagi mekanisme kepribadian yang akhirnya membuat motivasi seseorang menjadi lebih tinggi.

“Memiliki rasa percaya diri bisa membuat kita memiliki kemampuan kekuatan mental yang lebih baik. Hal ini membuat kita tenang dan lebih yakin saat mengambil berbagai tantangan dan menganggapnya sebagai kesempatan untuk mengembangkan kepribadian,” ucap Papageorgiou.

Dalam penelitian yang hasilnya kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul Personality and Individual Differences ini, terdapat 340 murid berusia remaja dilibatkan. Mereka diminta untuk melakukan dua buah tes yang bisa menunjukkan tingkat kenarsisan sekaligus tingkat kecerdasan mereka. Hasilnya adalah, kenarsisan memang terkait dengan kecerdasan seseorang.

“Siswa yang memiliki tingkat kenarsisan tinggi cenderung memiliki keuntungan dalam hal kecerdasan karena memiliki motivasi lebih tinggi untuk mendapatkan kesuksesan,” lanjut Papageorgiou.

Papageorgiou pun menyarankan setiap orang untuk tidak menganggap sifat narsis seseorang sebagai sesuatu yang buruk karena hal ini juga termasuk dalam produk evolusi.