Terbit: 31 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Penderita diabetes memang tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan, khususnya yang memiliki rasa manis. Hanya saja, hal ini membuat mereka menghindari hampir semua jenis makanan manis termasuk buah manis. Padahal, menurut pakar kesehatan, terdapat beberapa buah dengan rasa manis yang masih boleh mereka konsumsi. Salah satunya adalah buah nangka.

Nangka, Buah Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Mengapa nangka aman untuk dikonsumsi penderita diabetes?

Pakar kesehatan menyebut nangka termasuk dalam buah dengan nilai indeks glikemik yang rendah. Sebagaimana kita ketahui, penderita diabetes harus mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam membuat kadar gula darah naik dengan lambat. Hal ini tentu akan lebih aman bagi kondisi kesehatannya.

Meskipun begitu, karena kadar karbohidratnya cukup tinggi, pakar kesehatan juga menyebut penderita diabetes harus membatasi konsumsi nangka agar tidak berlebihan. Jika perlu, mereka bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui porsi nangka yang aman bagi kondisinya.

Nangka juga boleh dikonsumsi oleh ibu hamil

Banyak ibu hamil yang takut untuk makan nangka karena adanya mitos bahwa hal ini bisa mempengaruhi ukuran perut dan membuat bayi kesulitan bergerak di dalam rahim. Padahal, hal ini sama sekali tidak benar.

Pakar kesehatan menyebut nangka memiliki manfaat yang sama sebagaimana buah-buahan lainnya, yakni menyediakan nutrisi yang baik bagi kesehatan, termasuk bagi ibu hamil. Hanya saja, konsumsinya memang sebaiknya dibatasi maksimal sekitar dua atau tiga biji saja.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Jangan berlebihan makan nangka

Nangka termasuk dalam buah yang kaya akan karbohidrat. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsinya sekitar 100 gram saja, maka kita sudah memasukkan 95 kalori. Hal ini berarti, nangka tidak cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Nangka ternyata juga sebaiknya tidak dikonsumsi dengan berlebihan karena bisa menyebabkan produksi gas di dalam perut meningkat. Hal ini tentu akan memicu datangnya masalah perut kembung. Selain itu, saat perut juga sedang tidak nyaman, sebaiknya kita juga tidak makan nangka terlebih dahulu demi mencegah gejalanya menjadi semakin parah.

Berbagai manfaat lain yang bisa didapatkan dari nangka

Sebagaimana buah-buahan pada umumnya, nangka juga tinggi manfaat kesehatan. Rasanya yang enak juga cocok untuk dijadikan camilan meskipun tentu saja porsinya tidak boleh berlebihan.

Berikut adalah manfaat kesehatan dari buah ini.

  1. Baik bagi kesehatan pencernaan

Jika dikonsumsi dengan berlebihan, nangka memang bisa menyebabkan masalah perut kembung atau tidak nyaman, namun kandungan serat dan vitamin C nya cukup tinggi. Mengonsumsinya bisa membantu melancarkan pencernaan dan mencegah masalah sembelit.

  1. Mencegah datangnya kanker

Di dalam nangka terdapat kandungan lignin dan saponin yang bisa mencegah pertumbuhan kanker. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam melawan paparan buruk radikal bebas yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker, khususnya kanker usus.

  1. Mencegah hipertensi

Nangka kaya akan kandungan potasium yang bisa menjaga tekanan darah berada dalam kondisi normal. Dengan mengonsumsinya, maka kita bisa menurunkan risiko terkena hipertensi, stroke, dan penyakit jantung. Selain itu, di dalam nangka juga terdapat kandungan zat besi yang bisa menyehatkan sel darah merah sekaligus mencegah datangnya anemia.

  1. Baik bagi kesehatan tulang

Kandungan magnesium dan kalsium yang tinggi di dalam nangka bisa membantu mencegah datangnya masalah kesehatan tulang seperti osteoporosis atau radang sendi.

Melihat fakta-fakta ini, tak perlu ragu lagi untuk makan nangka karena bisa membantu kita menjadi lebih sehat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi