Tips Nahan Pipis 3 Jam Nonton Avengers: Endgame, Bahaya Tidak?

bioskop-film-doktersehat

DokterSehat.Com– Antusiasme masyarakat Indonesia untuk menonton film Avengers: Endgame sangatlah luar biasa. Sejak ditayangkan mulai 24 April 2019, penggemar film berbondong-bondong memenuhi bioskop di seluruh penjuru Tanah Air. Bahkan, ada sebagian bioskop yang sampai menambah waktu tayang film ini sejak pukul 05.00 pagi karena tahu bahwa di jam-jam ini penonton juga mau berdatangan.

Tak hanya alur ceritanya yang menarik, film Avengers: Endgame juga memiliki hal spesial lainnya, yakni durasi film yang sangat panjang berupa lebih dari tiga jam. Meskipun hal ini bisa memberikan kepuasan tersendiri, banyak orang yang mengaku sampai menahan pipis atau buang air kecil dalam waktu yang lama demi menyelesaikan film ini.

Tips Menahan Pipis Saat Menonton Avengers: Endgame

Mengingat kandung kemih manusia hanya mampu menahan sekitar 500 ml air seni saja. Jika kita terus menahan air seni dalam waktu yang lama, dikhawatirkan kandung kemih ini mengalami pembengkakan atau kerusakan yang bisa berdampak cukup fatal.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa menahan pipis saat menonton film ini.

  1. Pipis sebelum film mulai

Sebelum film dimulai, pastikan untuk pergi ke toilet untuk buang air kecil. Setidaknya hal ini akan mampu membantu mengosongkan kandung kemih sehingga kita pun tidak mudah mengalami keinginan buang air kecil selama menonton film.

  1. Jangan minum terlalu banyak

Minumlah dalam jumlah yang terlalu banyak sebelum film dimulai. Pastikan untuk meminum air putih, bukannya kopi, teh, dan minuman bersoda yang bisa merangsang keinginan untuk buang air kecil.

  1. Memakai jaket

Suhu bioskop yang dingin bisa membuat keinginan buang air kecil meningkat. Gunakan jaket untuk menghangatkan tubuh demi mencegahnya.

  1. Terdapat beberapa fase film yang bisa kita gunakan untuk buang air kecil

Meski terlihat sebagai spoiler, kita bisa mengambil kesempatan di beberapa fase film untuk buang air kecil. Sebagai contoh, saat muncul subjudul San Fransisco, Hulk sedang makan siang, dan subjudul New Jersey muncul, kita bisa pergi ke toilet karena meskipun tidak menonton bagian-bagian ini, kita tidak akan kehilangan plot dari film.

Bahaya menahan pipis bagi kesehatan

Tak hanya menyebabkan sensasi tidak nyaman pada tubuh, menahan pipis dalam waktu yang lama juga bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

Berikut adalah dampak-dampak kesehatan tersebut.

  1. Memicu infeksi saluran kemih

Pakar kesehatan menyebut dampak yang paling sering terjadi jika kita sering menahan pipis adalah munculnya infeksi saluran kemih. Hal ini disebabkan oleh berkembangnya bakteri di dalam saluran kemih yang tidak kunjung dibilas keluar oleh urine.

  1. Gangguan kesensitivitasan kandung kemih

Sering menahan pipis bisa membuat kandung kemih lebih sensitif sehingga kita pun memiliki keinginan buang air kecil lebih sering dari biasanya.

  1. Pembengkakan pada kandung kemih

Menahan pipis akan membuat kandung kemih semakin penuh. Jika urine di dalam kandung kemih tak kunjung dibuang, maka organ ini akan membengkak demi memastikan urine tidak keluar. Masalahnya adalah pembengkakan kandung kemih bisa merusak fungsi organ ini.

  1. Batu ginjal

Menahan pipis bisa memicu pengendapan berbagai macam mineral yang akhirnya membentuk batu ginjal, salah satu masalah kesehatan yang sangat menyakitkan.

  1. Gagal ginjal

Menahan pipis terlalu lama bisa memicu infeksi pada kandung kemih dan ginjal yang berujung pada gagal ginjal. Salah satu penyakit yang berpotensi mematikan.

  1. Interstitial cystitis

Kondisi ini adalah peradangan yang terjadi pada kandung kemih akibat infeksi bakteri. Gejalanya bisa berupa beser atau sering buang air kecil dan sensasi nyeri yang luar biasa.

  1. Kandung kemih pecah

Meski kasus ini jarang terjadi, namun ada kemungkinan kandung kemih yang sudah terlalu penuh akan pecah atau bocor. Hal ini membuat urine justru merembes ke berbagai organ lain dan bisa menyebabkan infeksi.

Jika memang sudah tidak bisa lagi menahan pipis, jangan ragu untuk pergi ke toilet. Lebih baik ketinggalan sedikit plot film daripada terkena penyakit, bukan?