Obat Nadolol – Indikasi dan Efek Samping

obat nadolol-doktersehat

Nadolol obat apa? Obat Nadolol adalah obat yang digunakan untuk mengobati penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Obat Nadolol adalah obat yang juga sering diresepkan dokter untuk mengobati nyeri dada (angina) dan juga digunakan untuk mencegah stroke serta mencegah serangan jantung. Tidak hanya itu, obat Nadolol ini juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan ginjal. Penggunaan obat Nadolol harus berada di bawah pengawasan dokter.

Telah dijelaskan di atas bahwa salah satu indikasi utama dari penggunaan obat Nadolol adalah sebagai obat untuk mengobati angina (nyeri dada) atau hipertensi (tekanan darah tinggi). Nadolol termasuk dalam kelompok obat yang disebut beta-blocker. Beta-blocker dapat mempengaruhi jantung dan sirkulasi (aliran darah melalui arteri dan vena). Nadolol juga bisa digunakan untuk tujuan lain yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini.

Setelah Anda mengetahui obat Nadolol obat apa, Anda juga harus mengetahui fungsi dan manfaat dari obat Nadolol obat apa. Sudah tahukah Anda mengenai hal tersebut? Mari simak informasi yang ada di bawah ini supaya Anda lebih cermat dalam menggunakan obat Nadolol untuk mengatasi penyakit tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya yang dapat ditangani dengan menggunakan obat ini.

Fungsi Nadolol & Manfaat Nadolol

Dari penjelasan singkat di atas, Anda tentunya telah mengetahui Nadolol obat apa.  Tidak hanya mengetahui penjelasan tentang Nadolol obat apa, Anda juga perlu untuk mengetahui fungsi Nadolol. Fungsi Nadolol adalah bekerja dengan cara menghalangi aksi zat alami tertentu. Contohnya seperti adrenalin (epinefrin) pada jantung dan pembuluh darah. Sehingga obat ini dapat menurunkan denyut jantung, tekanan darah, dan ketegangan pada jantung.

Nadolol memang memiliki fungsi yang besar untuk mengobati penderita tekanan darah tinggi dan mencegah penyakit jantung.Dalam hal pengelolaan nyeri dada atau angina, Nadolol dapat juga membantu untuk mengurangi frekuensi episode nyeri dada dan dapat meningkatkan kemampuan Anda ketika berolahraga.

Perhatian, untuk penggunaan obat bagi ibu hamil dan menyusui harap diperhatikan dengan baik. Penggunaan obat bahan kimia akan berdampak atau pun memiliki efek samping pada janin dan bayi Anda. Maka dari itu, jika Anda berniat mengkonsumsi obat ini harap dilakukan dengan hati-hati. Untuk kondisi kehamilan, Nadolol bisa saja memiliki efek untuk janin. Begitupula jika Anda sedang berada dalam kondisi menyusui, lebih baik Anda menghindari konsumsi Nadolol. Jika Anda memang harus mengonsumsinya, harap konsultasikan penggunaan obat tersebut pada dokter. Obat Nadolol adalah obat yang dapat memasuki ASI sehingga dikhawatirkan dapat memengaruhi kondisi bayi Anda.

Jika Anda berniat untuk mengkonsumsi Nadolol, akan lebih baik jika melakukan konsultasi atau pemeriksaan yang lebih khusus dengan dokter, supaya janin dan bayi Anda terhindar dari bahaya atau pun efek samping akibat penggunaan obat tersebut. Melakukan pencegahan dini tidak akan membuat Anda merasa dirugikan, bukan?

Setelah Anda mengetahui manfaat dan fungsi dari penggunaan obat Nadolol, mari kenali juga beberapa efek samping yang mungkin terjadi saat Anda mengkonsumsi obat yang satu ini.

Informasi di bawah ini akan menjelaskan secara rinci tentang obat Nadolol, termasuk efek samping yang mungkin didapatkan jika mengonsumsi obat ini.

Nama dagang: Corgard
Sediaan: Tablet 20 mg, tablet 40 mg, tablet 80 mg

Apa efek samping obat Nadolol (Corgard) yang mungkin terjadi?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi sebagai berikut:

  • Gatal-gatal
  • Sulit bernafas
  • Pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan

Hubungi dokter Anda sekaligus jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

nadolol formula
Photo Credit: Wikimedia Common
  • Detak jantung lambat atau tidak teratur
  • Mati rasa atau perasaan dingin
  • Merasa seperti akan pingsan
  • Merasa sesak napas, bahkan dengan kondisi tidak beraktivitas
  • Pembengkakan atau kenaikan berat badan yang cepat
  • Bronkospasme (mengi, sesak dada, sulit bernafas)
  • Halusinasi, perubahan perilaku
  • Mual, sakit perut bagian atas, gatal, kehilangan nafsu makan, urine gelap, kotoran berwarna tanah liat,dan ikterik (menguningnya kulit atau mata)

Efek samping yang kurang serius bisa meliputi:

  • Pusing dan sensasi berputar
  • Perasaan lelah
  • Mual ringan, diare, konstipasi, sakit perut, kembung, dan kentut
  • Perasaan kesemutan

Ini bukan daftar lengkap efek samping dan yang lainnya mungkin terjadi. Hubungi dokter Anda untuk mendapatkan saran medis tentang efek samping. Carilah bantuan medis darurat atau hubungi bantuan keracunan segera di nomor (021) 4250767 atau (021) 4227875.

Penggunaan obat Nadolol harus dilakukan di bawah pengawasan dokter. Untuk Anda yang menggunakan obat Nadolol dan kemudian merasakan satu atau beberapa efek samping obat Nadolol di atas, Anda sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mendapatkan pertolongan medis yang tepat. Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang obat Nadolol, seperti dosis Nadolol, atau komposisi Nadolol, Anda bisa membaca informasi lebih lanjut di halaman selanjutnya.

Obat Nadolol (Corgard) – Halaman Selanjutnya :   1   2   3