Terbit: 22 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara soal perawatan kulit, tentu terdapat beragam cara untuk melakukannya. Salah satunya adalah menggunakan bahan-bahan tertentu seperti NAC. NAC atau yang dikenal dengan N-Acetylcysteine merupakan salah satu bahan yang dipercaya mengandung antioksidan tinggi. Tidak heran jika minyak NAC atau N-Acetylcysteine memiliki khasiat untuk merawat dan melindungi kesehatan kulit dengan optimal. Dilansir dari laman Nootropedia, berikut khasiat dari N-Acetylcysteine untuk kulit:

Khasiat dari NAC Oil yang Ampuh Sempurnakan Kulit

1. Melawan Penuaan

Anda yang memiliki masalah dengan kulit kusam, kendur dan keriput rupanya harus berhati-hati. Pasalnya, gejala-gejala tersebut merupakan pertanda dari penuaan sel kulit. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memperbanyak asupan antioksidan pada sel kulit. Anda dapat menggunakan minyak NAC yang mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan pada NAC akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan menstimulasi produksi kolagen dan elastin agar kulit tetap terasa kencang dan elastis.

2. Meredakan Jerawat

Anda yang sedang berkutat dengan masalah jerawat meradang rupanya juga dapat memanfaatkan minyak NAC. Dilansir dari Nootropedia, minyak N-Acetylcysteine memiliki kandungan zat anti peradangan yang dapat membantu meredakan masalah peradangan pada kulit, termasuk peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Apalagi peradangan jerawat merupakan akibat dari infeksi bakteri P. Acnes.

3. Mencerahkan Kulit

Kandungan antioksidan pada minyak NAC juga dapat berperan sebagai sunscreen yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Apalagi sinar matahari merupakan salah satu faktor utama penyebab kulit kusam karena mengandung UVA dan UVB yang dapat menembus lapisan kulit dan memicu produksi melanin. Tidak heran jika mengoleskan minyak NAC akan membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit yang ampuh mencegah tembusnya UVA dan UVB.

Selain dikemas dalam bentuk minyak esensial, NAC atau N-Acetylcysteine juga dikemas dalam bentuk suplemen yang lebih mudah untuk dikonsumsi. Kendati demikian, ternyata Anda Tidka boleh menggunakan minyak NAC secara berlebihan karena dapat menyebabkan efek samping. Gunakan sesuai kebutuhan hanya pada kulit yang memiliki masalah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi