Terbit: 24 Januari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Musim hujan seringkali dianggap sebagai berkah. Melimpahnya air bisa memberikan banyak manfaat. Hanya saja, di musim ini juga kita cenderung lebih mudah jatuh sakit. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk lebih rajin makan buah jeruk demi mencegah datangnya masalah kesehatan di musim hujan.

Saat Musim Hujan, Sebaiknya Perbanyak Makan Jeruk

Manfaat Makan Jeruk di Musim Hujan

Di musim hujan, suhu udara cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan di musim kemarau. Selain itu, kondisi lingkungan yang lebih lembap juga membuat bakteri atau kuman penyebab penyakit cenderung berkembang biak semakin banyak. Jika kita tidak menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik, maka risiko terkena penyakit tentu akan meningkat.

Pakar kesehatan menyebut makan jeruk secara rutin bisa membantu mencegah datangnya masalah kesehatan di musim hujan. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin C di dalamnya. Ditambah dengan adanya kandungan antioksidan, vitamin C bisa semakin memperkuat sistem kekebalan tubuh dan akhirnya membuat tubuh lebih kuat melawan infeksi dan paparan bakteri penyebab penyakit.

Selain itu, ada penelitian yang menyebut kasus stroke di musim hujan cenderung lebih sering terjadi dibandingkan dengan di musim kemarau. Keberadaan antioksidan yang tinggi di dalam jeruk bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit mematikan ini. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam memperbaiki kondisi jantung dan pembuluh darah.

Keberadaan serat yang tinggi di dalam jeruk juga terbukti bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, menyehatkan pencernaan, mengendalikan berat badan, dan menjaga kadar gula darah tetap seimbang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Melihat fakta ini, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi buah jeruk yang menyegarkan di musim hujan demi mencegah datangnya berbagai masalah kesehatan.

Berbagai Manfaat Makan Jeruk bagi Kesehatan

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan jika rutin mengonsumsi buah jeruk.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Di dalam jeruk terdapat serat larut dan serat tidak larut. Keberadaan serat ini bisa membersihkan saluran pencernaan sekaligus membuat makanan lebih mudah terdorong untuk diolah. Sisa makanan juga bisa dibuang dengan lebih baik. Hal ini bisa berimbas pada menurunnya risiko terkena sindrom iritasi usus, sembelit, dan masalah pencernaan lainnya.

  1. Mengendalikan Tekanan Darah

Jeruk tinggi kandungan magnesium yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Selain itu, di dalam buah ini juga terdapat kandungan flavonoid dan hesperidin yang bisa memberikan manfaat yang sama. Mengonsumsinya tentu bisa membantu mencegah datangnya hipertensi.

Selain itu, keberadaan antioksidan yang tinggi di dalam buah berwarna cerah ini juga terbukti bisa membuat paparan oksidasi atau radikal bebas bisa dicegah. Risiko terkena masalah kolesterol tinggi, aterosklerosis, dan berbagai pemicu serangan jantung lainnya bisa diturunkan dengan signifikan.

  1. Baik bagi Kesehatan Tulang dan Gigi

Di dalam jeruk juga tinggi kandungan vitamin D yang bisa membantu tubuh menyerap kalsium dengan maksimal. Hal ini tentu akan berimbas pada kekuatan dan kepadatan tulang yang terjaga. Kandungan arkorbat di dalam buah ini juga bisa memberikan manfaat yang sama. Selain itu, jeruk bisa memperkuat jaringan gusi, mencegah penumpukan plak di gigi, dan menurunkan risiko terkena gigi berlubang.

  1. Menjaga Kondisi Ginjal

Rutin makan buah jeruk atau jus jeruk disebut-sebut bisa menyehatkan ginjal, mencegah batu ginjal, dan menurunkan risiko hipertensi, salah satu faktor penyebab masalah pada organ ini.

  1. Menurunkan Risiko Asma

Di dalam jeruk terdapat senyawa anti peradangan yang bisa mencegah terjadinya peradangan pada saluran pernapasan. Risiko terkena asma tentu bisa diturunkan dengan signifikan.

 

Sumber

  1. Anonim. 2020. 10 Health Benefits of Eating Oranges. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/diet/why-you-should-eat-oranges/articleshow/4662391.cms. (Diakses pada 24 Januari 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi