Dengarkan Musik Ini untuk Turunkan Tekanan Darah

manfaat-mendengarkan-musik-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang dianggap sebagai pembunuh diam-diam karena tidak menunjukkan gejala dengan jelas adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Yang menjadi masalah, jika masalah kesehatan ini dibiarkan, maka risiko untuk terkena penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung dan stroke meningkat dengan signifikan.

Karena alasan inilah ada baiknya kita harus pandai-pandai menjaga tekanan darah tetap dalam kondisi normal. Sebagai contoh, kita bisa mulai menurunkan asupan makanan kaya lemak dan kolesterol demi menjaga kesehatan pembuluh darah. Dengan pembuluh darah yang tidak memiliki plak terlalu banyak, maka risiko terjadinya peningkatan tekanan darah bisa ditekan.

Selain menjaga pola makan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita menjalani terapi musik demi mencegah stres dan menjaga tekanan darah tetap dalam kondisi normal. Dalam sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa jenis musik tertentu bisa mempengaruhi tekanan darah sistolik dan diastolik. Musik tersebut adalah yang berirama lembut dan harmonis seperti musik klasik.

Jika kita mendengarkan jenis musik ini, maka pembuluh darah akan melebar hingga 26 persen. Hal ini berpengaruh besar pada tekanan darah dan kelancaran sirkulasi darah yang tentu bisa membantu mencegah datangnya hipertensi, penyakit kardiovaskular, dan serangan jantung.

Beberapa jenis lagu yang sangat direkomendasikan demi menurunkan tekanan darah adalah musik klasik seperti ‘Serenata No.13 in G Major’ ciptaan Mozart atau ‘The Four Seasons’ karya Vivaldi. Para peneliti menyebutkan bahwa mendengarkan musik dari lagu-lagu ini bisa memberikan dampak yang luar biasa bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Melihat adanya fakta ini, jangan ragu mendengarkan musik klasik jika kita tidak ingin terkena masalah hipertensi.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria