Terbit: 20 Januari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Adakah manfaat buah murbei bagi kesehatan? Buah murbei umumnya diolah menjadi selai, smoothies, pie, atau hiasan makanan pembuka. Sebelum Anda menikmatinya, ketahui kandungan nutrisi murbei, khasiat buah, cara mengolah, dll.

Buah Murbei: Manfaat, Nutrisi, dan Kandungannya (Paling Lengkap)

Kandungan Nutrisi Murbei

Buah Murbei adalah buah yang berasal dari pohon Morus sp. Anda mungkin mengira jika buah murbei termasuk dalam jenis beri-berian karena bentuknya yang kecil hampir mirip seperti raspberry atau blueberry, namun buah murbei sebenarnya masih satu keluarga dengan buah ara, buah sukun, dan beringin.

Buah ini memiliki rasa yang manis dan berwarna merah kebiruan, ada pula jenis buah murbei putih. Terdapat banyak olahan buah murbei seperti selai, jus, smoothies, pie, es krim, kismis, dll. Selain enak, buah ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi murbei dalam setiap 100 gram penyajian, yaitu:

  • Air 88%
  • Protein 1,4 gram
  • Gula 8,1 gram
  • Serat 1,7 gram
  • Karbohidrat 9,8 gram
  • Lemak 0,4 gram
  • Kalori 43

Kandungan vitamin dan mineral pada buah ini, yaitu:

  • Vitamin C
  • Vitamin K1
  • Vitamin E
  • Zat besi
  • Potasium

Kandungan lain dari buah ini, yaitu:

  • Antosianin
  • Sianidin
  • Asam klorogenat (Chlorogenic acid)
  • Myricetin
  • Antioksidan

Bila Anda lebih suka mengkonsumsinya dalam bentuk buah kering atau kismis, berikut ini adalah kandungan nutrisi kismis murbei, yaitu:

  • 70% karbohidrat
  • 14% serat
  • 12% protein
  • 3% lemak

Setiap olahan buah murbei mengandung nutrisi yang berbeda-beda, Anda mungkin harus mengeceknya pada label kemasan. Kandungan nutrisi alami pada buah ini memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh Anda.

Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan

Terdapat banyak nutrisi alami yang terkandung dalam buah Morus sp ini. Berikut ini adalah manfaat buah murbei untuk kesehatan, yaitu:

1. Mengurangi Risiko Kanker

Buah murbei memiliki kandungan antioksidan tinggi untuk mengurangi stres oksidatif dalam sel dan jaringan. Stres oksidatif adalah kondisi dimana jumlah radikal bebas melebihi batas yang bisa diatasi oleh tubuh dan meningkatkan risiko sel-sel kanker tumbuh.

Sebuah penelitian pada hewan menyatakan bahwa jus murbei dapat mengurangi stres oksidatif dan mengurangi risiko kanker. Penelitian lain yang dilakukan di Korea pada tahun 2017 menyatakan bahwa senyawa tertentu pada buah ini dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor pada tikus.

Buah ini pun dipercaya sebagai obat kanker tradisional dalam pengobatan Tiongkok, namun penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memastikan manfaat murbei sebagai pencegah kanker.

2. Membantu Mengontrol Level Gula Darah

Buah dari pohon Morus sp. ini memiliki kandungan 1-deoxynojirimycin (DNJ), yaitu enzim yang membantu mengurai karbohidrat dan menjaga kadar gula darah. Buah murbei juga dipercaya menjadi cemilan sehat penderita diabetes tipe 2 karena kandungannya menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Baca Juga: 7 Fakta Diabetes Tipe 2 dan Kadar Insulin di Dalam Tubuh

3. Mengontrol Kadar Kolesterol

Sebuah studi pada hewan menyatakan bahwa ekstrak buah murbei dapat membantu mengurangi lemak berlebih di tubuh, menurunkan kadar kolesterol, serta menyeimbangkan level LDL atau kolesterol jahat dan level HDL atau kolesterol baik.

Kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada seseorang. Mengkonsumsi ekstrak buah ini dapat membantu Anda dalam mengontrol kadar kolesterol. Walaupun begitu, uji klinis masih dibutuhkan untuk mendukung pernyataan tersebut.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Sebuah penelitian di Taiwan menyatakan bahwa senyawa tertentu dalam ekstrak buah ini dapat mencegah penumpukan lemak, membantu memecahkan lemak agar keluar dari liver, serta menurunkan produksi asam lemak.

Studi lainnya juga menemukan bahwa kandungan dalam buah ini dapat menjaga kesehatan hati atau liver yang berperan penting dalam tubuh untuk pembekuan darah, menyaring racun, dll. Penelitian masih dibutuhkan untuk membuktikan manfaat buah murbei secara uji klinis. Anda harus tetap menjaga kesehatan liver dengan menerapkan pola makan sehat dan rajin berolahraga.

5. Menurunkan Berat Badan

Murbei adalah buah yang rendah kalori namun padat nutrisi. Buah ini juga mengandung serat untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian di Journal of Agricultural and Food Chemistry yang dilakukan pada hamster menunjukan bahwa buah ini memiliki efek anti-obesitas dan menurunkan berat badan, namun penelitian pada manusia belum pernah dilakukan untuk membuktikan uji tersebut.

6. Membantu Melancarkan Sirkulasi Pernapasan

Manfaat buah murbei yang selanjutnya adalah untuk membantu melancarkan sirkulasi pernapasan. Buah ini mengandung zat besi yang berperan penting dalam meningkatkan produksi sel darah merah untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh jaringan dan organ tubuh.

Baca Juga: Sayuran Untuk Meredakan Masalah Pernapasan

7. Agen Antiinflamasi

Antiinflamasi adalah senyawa yang dibutuhkan untuk mengurangi efek peradangan pada tubuh. Buah dari pohon Morus sp. ini memiliki sifat antiinflamasi untuk menekan peradangan terhadap penyakit kronis. Sementara manfaat teh murbei adalah untuk meredakan nyeri radang.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Murbei mengandung zeaxanthin yang berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan retina, degenerasi makula, katarak, serta menjaga kesehatan visual secara umum.

Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin, A, B6, B9, B12, C, dan E untuk menjaga kesehatan mata Anda.

9. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cara meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan mengkonsumsi vitamin C sesuai dengan asupan harian yang dibutuhkan tubuh Anda. Vitamin dapat membantu tubuh Anda dalam melawan infeksi dan penyakit.

Satu porsi buah ini mengandung vitamin C yang cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Anda juga disarankan untuk menyeimbangkan konsumsi nutrisi dan mineral lain, serta rajin berolahraga demi menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Rusak Sistem Kekebalan Tubuh

10. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Buah murbei mengandung vitamin K, kalsium, zat besi, fosfor, dan magnesium yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang, serta mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis, osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan masalah tulang lainnya.

Nah, itulah manfaat buah murbei untuk kesehatan yang juga masih terus diteliti secara uji klinis. Anda dapat mencoba buah murbei segar atau dalam bentuk olahan seperti jus, kismis, selai, teh murbei, dll. Semoga informasi ini dapat berguna untuk Anda.

 

  1. Bjarnadottir, Adda, MS, LN. 2019. Mulberries 101: Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.healthline.com/nutrition/foods/mulberries. (Diakses pada 20 November 2019).
  2. Link, Rachael, MS, RD. 2018. Mulberry: The Fruit that Protects Your Heart & Liver. https://draxe.com/nutrition/mulberry/. (Diakses pada 20 November 2019).
  3. Staughton, John (BASc, BFA). 2019. 8 Best Benefits Of Mulberries. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/mulberries.html. (Diakses pada 20 November 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi