Batuk Parah, Pria Ini Muntahkan Darah dengan Bentuk Aneh

muntah-darah-doktersehat
Photo Source: GEORG WIESELTHALER / THE NEW ENGLAND JOURNAL OF MEDICINE

DokterSehat.Com– Sebuah kasus yang sangat aneh muncul di California, Amerika Serikat, seorang pria berusia 36 tahun mengalami batuk parah yang selama ini membuat paru-parunya terasa nyeri. Hanya saja, ia kemudian mengeluarkan darah saat batuk. Bentuk dari darah ini sangat tidak biasa karena seperti gumpalan darah yang membentuk cabang pohon yang merupakan saluran pernapasan di paru-paru. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Kondisi kesehatan yang dialami sang pria

Dilansir dari Health, pria ini sebenarnya sedang dirawat di rumah sakit karena mengalami palpitasi jantung. Kasus sang pria yang berasal dari Kota San Fransisco ini bahkan sampai dilaporkan dalam New England Journal of Medicine karena sangat aneh. Sebagai informasi, sang pria memang memiliki kondisi kesehatan kardiovaskular yang jelek dan harus menggunakan alat pacu jantung.

Saat dirawat di bagian ICU rumah sakit, sang pria terus-menerus batuk-batuk dan mengeluarkan darah ataupun lendir yang tebal, namun ia kemudian mengeluarkan gumpalan darah yang ternyata membentuk pohon bronkial dari paru-paru bagian kanan. Dokter yang merawat kondisi sang pria pun terkejut dengan hal ini apalagi saat mengetahui bahwa darah ini bisa keluar dalam bentuk yang utuh dan membentuk pohon bronkial paru-paru.

“Kami sangat terkejut. Kasus ini sangat, sangat langka,” ungkap dr. George Wieselthaler yang merupakan ahli bedah dari rumah sakit yang merawat sang pria.

Meski sudah berusaha untuk menolong kondisi sang pria dengan memasang semacam tabung pernapasan di tenggorokan, seminggu kemudian sang pria akhirnya meninggal karena mengalami komplikasi gagal jantung.

Muntah darah menandakan bahaya kesehatan

Muntah darah termasuk dalam kondisi kesehatan yang tidak bisa disepelekan. Dalam dunia medis, kondisi yang disebut sebagai menatemesis ini bisa jadi adalah tanda dari masalah kesehatan yang serius di bagian lambung, kerongkongan, atau usus.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit yang ditandai dengan muntah darah.

  1. GERD

Penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) lebih sering dianggap masalah kenaikan asam lambung ke kerongkongan yang biasa. Padahal, jika sampai kondisi ini sudah sering terjadi atau sangat parah, bisa jadi kerongkongan akan mengalami peradangan yang akhirnya memicu perdarahan. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan muntah darah.

  1. Mimisan

Siapa bilang mimisan hanya akan membuat darah keluar dari hidung? Jika sampai darah juga masuk ke dalam saluran pernapasan bagian dalam, maka kita pun bisa mengeluarkan muntah darah di lain waktu.

  1. Peradangan dinding lambung

Jika lambung mengalami peradangan parah, ada kemungkinan akan menyebabkan perdarahan yang ditandai dengan sensasi perih atau nyeri pada lambung. Kondisi ini juga bisa menyebabkan muntah darah.

  1. Varises pada kerongkongan

Varises kerongkongan adalah kondisi yang membuat pembuluh darah kerongkongan bagian dalam mengalami pembesaran yang akhirnya bisa menyebabkan muntah darah. Kondisi ini sering dialami oleh mereka yang hobi menenggak alkohol.

  1. Keracunan

Jika kita tanpa sengaja menelan racun, termasuk racun berbahaya seperti arsenik, maka besar kemungkinan hal ini akan menyebabkan muntah darah.

  1. Gejala kanker

Beberapa jenis kanker seperti kanker lambung atau kanker kerongkongan ternyata menimbulkan gejala muntah darah yang harus segera diperiksakan ke dokter.

  1. Intususepsi

Intususepsi adalah kondisi masuknya bagian usus ke bagian lain yang bisa berbahaya dan harus segera ditangani oleh dokter. Kondisi ini juga bisa menyebabkan gejala muntah darah.

  1. Kelainan darah

Beberapa jenis kelainan darah seperti leukemia, trombositopenia, dan hemophilia juga bisa menyebabkan muntah darah.

Jika kita mengalami muntah darah, jangan disepelekan dan segeralah memeriksakan diri ke dokter karena bisa jadi hal ini adalah tanda dari kondisi kesehatan yang serius.