Mungkinkah Tinggi Badan Menyusut?

doktersehat-tulang-belakang-1024

DokterSehat.Com– Setelah usia kita mencapai 20-an, tinggi badan kita cenderung tidak akan bisa lagi bertambah. Hanya saja, apakah tinggi badan ini juga bisa menyusut seiring dengan bertambahnya usia?

Dilansir dari Beritagar, menurut pakar kesehatan, para wanita ternyata memang bisa mengalami penyusutan tinggi badan. Bahkan, penyusutan ini bisa mencapai 5 cm saat usia wanita berada di antara 30 hingga 70 tahun.

Penyebab dari penyusutan tinggi badan ini adalah terjadinya dehidrasi pada tulang belakang dan berkurangnya tulang rawan diantara ruas-ruas tulang belakang. Kondisi ini dipengaruhi oleh kondisi kesehatan yang memang cenderung lebih rentan menyerang kaum wanita, yakni menopause.

Tatkala sudah mencapai fase menopause, wanita akan tidak lagi bisa menjalani reproduksi. Hal ini membuat kadar hormon estrogen di dalam tubuh menurun dengan drastis. Padahal, hormon estrogen memiliki peran besar dalam mempertahankan kekuatan tulang. Tanpa adanya hormon estrogen yang cukup, maka risiko untuk mengalami penyusutan tinggi badan atau bahkan osteoporosis pun meningkat dengan signifikan.

Pakar kesehatan dariĀ University of Buffalo menyebutkan bahwa proses penyusutan tinggi badan ini memang tidak terjadi pada semua orang. Hanya saja, bagi mereka yang menerapkan pola makan yang tidak sehat, khususnya dalam hal memenuhi asupan kalsium harian yang masih kurang dan jarang berolahraga atau mendapatkan paparan sinar matahari pagi akan cenderung rentan untuk terkena penyusutan tinggi badan dan masalah kesehatan tulang.

Sebagai informasi, berolahraga memang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tulang. Aktivitas olahraga akan membuat tubuh mengirimkan sel lebih banyak untuk membangun kembali tulang sehingga membuatnya menjadi semakin kuat.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita selalu menjaga gaya hidup sehat demi mencegah penyusutan tinggi badan.