Mungkinkah Seorang Transgender Bisa Hamil?

doktersehat bahaya cacar bagi ibu hamil
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan kabar selebritis Lucinta Luna hamil. Meskipun sudah berkali-kali menyebut dirinya sebagai wanita tulen dan bisa hami, banyak orang yang tetap menudingnya sebagai seorang transgender.

Tudingan ini kemudian berlanjut, sehingga membuat banyak orang penasaran dan bertanya-tanya:

Mungkinkah seorang transgender bisa hamil?

Banyak warganet yang mempertanyakan kebenaran kabar kehamilan sang artis. Sebagian bahkan mempertanyakan kejanggalan foto-foto kehamilan yang diunggah Lucinta Luna karena dianggap aneh.

Sebagai informasi, sang artis menyebut bahwa kehamilannya sudah berjalan dua bulan.  Ia juga mengatakan bahwa kondisi perutnya cenderung lebih besar dari yang dialami wanita pada umumnya saat menjalani trimester awal kehamilan.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa seharusnya transgender tidak bisa hamil. Seorang pria yang kemudian melakukan operasi kelamin menjadi wanita atau sebaliknya, biasanya juga tidak mendapatkan operasi lain yang berkaitan dengan rahim atau organ reproduksinya.

Biaya operasi kelamin yang tidak sedikit membuat kebanyakan dari mereka hanya memilih untuk mengubah kelaminnya. Banyak transgender yang mengaku bahwa jiwanya ada di dalam tubuh yang salah sejak lahir, namun menjalani operasi pergantian kelamin ternyata bisa memberikan dampak psikologis yang luar biasa.

Meskipun bisa mengubah jenis kelaminnya, hal ini tidak lantas membuat dirinya bisa tenang karena harus menghadapi pertanyaan dari keluarga atau masyarakat yang belum tentu menerima keputusannya.