DokterSehat.Com– Indonesia adalah negara yang memiliki iklim tropis. Pada iklim tropis paparan sinar matahari selalu ada hampir sepanjang tahun. Paparan sinar matahari adalah sumber vitamin D terbaik untuk tubuh. Hal ini menyebabkan kita sering merasa aman karena sinar matahari selalu ada sepanjang tahun, dibandingkan dengan negara lain yang beriklim subtropis. Benarkah kita boleh merasa aman dari kekurangan vitamin D?

doktersehat-sinar-matahari

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Bagian Gizi Universitas Tarumanegara ternyata kita harus mewaspadai terjadinya kekurangan vitamin D. Ada beberapa hal yang dapat memengaruhi kekurangan vitamin D di Indonesia meskipun negara kita ini kaya akan sinar matahari.

Salah satunya adalah kepadatan aktivitas kerja di dalam ruangan. Umumnya aktivitas kerja dimulai pada pagi hari sebelum sinar matahari memiliki sinar UV yang cukup, sedangkan aktivitas kerja baru selesai pada sore atau malam hari dimana paparan matahari sudah tidak lagi memiliki sinar UV. Kondisi tersebut membuat kita rentan mengalami kekurangan vitamin D meskipun paparan sinar matahari selalu ada sepanjang tahun. Selain itu penelitian tersebut juga menyebutkan penggunaan baju yang tertutup dapat memengaruhi penerimaan vitamin D dari paparan sinar matahari.

Vitamin D merupakan zat gizi yang membantu penyerapan kalsium untuk pembentukan tulang. Efek kekurangan vitamin D pada orang dewasa akan meningkatkan resiko terjadinya pengeroposan pada tulang. Selain itu, kekurangan vitamin D juga dikaitkan dengan terjadinya penyakit diabetes. Sedangkan pada anak-anak kekurangan vitamin D dapat menyebabkan pertumbuhan tulang terganggu.

Jika kita mengalami kekurangan vitamin D, yang dibuktikan melalui tes darah, maka diperlukan suplementasi vitamin D. Suplementasi vitamin D diberikan sesuai dosis tubuh dan hingga kadar vitamin D dalam serum darah normal.

Meskipun negara kita kaya akan sinar matahari yang ada sepanjang tahun kita tetap perlu memenuhi kebutuhan vitamin D kita. Selain dari paparan sinar matahari asupan makanan kaya vitamin D, seperti ikan laut, akan mencukupi kebutuhan vitamin D tubuh kita. Jadi lakukan keduanya agar kita tidak kekurangan vitamin D ya.