Terbit: 3 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Di awal kehamilan, kadang para ibu dibuat khawatir dengan munculnya flek darah. Flek darah ini disebut perdarahan implantasi, dan merupakan kondisi yang wajar dialami selama trimester pertama. Hal ini disebabkan oleh proses mulai menempelnya embrio pada dinding rahim yang dapat menyebabkan perdarahan ringan. Volume darah yang keluar saat perdarahan implantasi juga tidak sebanyak darah menstruasi dan hanya terjadi selama beberapa jam atau beberapa hari.

Muncul Flek Saat Hamil, Jangan Panik Dulu

Selain perdarahan implantasi, flek yang muncul saat hamil juga bisa terjadi karena hubungan seks, perubahan hormon sehingga leher rahim lebih mudah berdarah atau infeksi vagina. Jika flek yang muncul selama trimester awal tidak disertai gejala apa pun, maka hal ini adalah hal yang normal dan tidak berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

Namun, munculnya flek saat awal kehamilan patut diwaspadai jika perdarahan terus terjadi dan disertai rasa kram yang menyiksa. Begitu juga jika terjadi perdarahan yang diikuti dengan keluarnya jaringan dari vagina. Jika Anda mengalami hal ini, simpan dulu jaringan tersebut yang mungkin diperlukan untuk pemeriksaan dokter.

Salah satu perdarahan yang juga perlu diwaspadai adalah apabila terjadi perdarahan disertai demam, menggigil atau kedinginan. Beberapa perdarahan di awal kehamilan juga bisa disebabkan oleh keguguran, plasenta previa, hamil anggur, atau kehamilan ektopik.

Saat mengalami perdarahan, beberapa hal bisa Anda lakukan sebagai penanganan awal, antara lain segera berbaring dan beristirahat untuk mencegah perdarahan terjadi lebih hebat. Untuk sementara, hindari berhubungan seks selama perdarahan berlangsung dan jangan gunakan pembersih vagina. Perhatikan juga warna darah yang keluar, apakah berwarna merah muda, merah tua, atau merah terang, dan apakah perdarahan disertai dengan gumpalan darah.

Keluarnya flek memang tidak dapat diprediksi, namun Anda bisa menjaga kondisi untuk meminimalisir risiko munculnya flek dengan banyak beristirahat, menghindari kerja berat, dan makan makanan yang sehat saat hamil.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi