Muncul Bisul pada Miss V? Jangan-Jangan Anda Terkena Penyakit ini!

vagina-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Menjaga kebersihan vagina memang sebuah hal yang tidak bisa ditawar oleh semua wanita. Sebab, dengan keadaan yang bersih, vagina akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari bakteri yang bisa memicu datangnya gangguan. Seperti diketahui, gangguan umum yang biasa menjangkiti vagina seperti aroma tak sedap, gatal, serta keputihan.

Photo Credit : pexels.com

Namun, ada pula sebuah kasus berbeda, yakni tumbuhnya bisul pada organ keintiman wanita. Pernahkah Anda mengalami hal tersebut? Jika pernah, maka jangan disepelekan. Bisa saja Anda sedang terjangkit sebuah penyakit yang cukup mengkhawatirkan.

Perlu diketahui sebelumnya, munculnya bisul pada organ intim adalah sebuah reaksi atau tanda bahwa vagina sedang dihinggapi oleh jamur dan bakteri. Hal tersebut dikarenakan Anda kurang rajin merawat serta membersihkan area kewanitaan Anda. Terlebih jika bisul tersebut sampai bernanah dan mengeluarkan bau busuk. Maka Anda perlu waspada dan segera menanganinya.

Menurut penelitian, penyebab munculnya bisul tersebut bisa menandakan bahwa Anda sedang terkena herpes genital. Penyakit ini merupakan penyakit kelamin yang cukup berbahaya dan bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Adapun penularannya dikarenakan Infeksi Menular Seksual (IMS) yang umumnya terjadi saat melakukan hubungan seksual.

Herpes genital disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 2 atau HSV 2. Dikatakan jika herpes genital merupakan salah satu gangguan yang cukup sulit penyembuhannya. Sehingga jenis herpes ini tidak bisa  dianggap remeh dan sifatnya sangat mudah ditularkan. Parahnya lagi, herpes ini juga memiliki potensi menular kepada anak yang dilahirkan. Melihat risiko yang cukup serius tersebut, ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri herpes genital lebih lanjut.

Biasanya, jika Anda terkena herpes ini, maka area kelamin Anda menjadi lebih sering gatal disertai rasa nyeri, terdapat benjilan sedikit memar, rasa nyeri pada saat buang air kecil, lantas keluarnya getah bening pada sekitar selangkangan. Nah, jika area kewanitaan Anda sedang muncul bisul dan disertai gejala-gejala tersebut, maka segeralah pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.