Terbit: 15 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Banyak di antara ibu hamil termasuk Anda mulai merasa mulut pahit saat hamil. Sebenarnya hal tersebut adalah hal yang wajar pada saat hamil. Lidah pahit saat hamil tidak perlu membuat Anda gusar apalagi sampai mengganggu kenyamanan dan ketenangan Anda selama kehamilan. Hal ini hanya bersifat sementara saja.

Mulut Pahit Saat Hamil: Penyebab dan Cara Mengatasi

Sebaiknya Anda mengetahui lebih jauh tentang penyebab dan cara mengatasi mulut pahit saat hamil. Baca terus untuk mendapatkan informasi penting ini sehingga masalah mulut pahit saat hamil bisa segera diatasi.

Penyebab mulut pahit saat hamil

Biasanya, ibu hamil mulai merasakan rasa pahit pada mulutnya saat trimester pertama kehamilan. Lidah pahit saat hamil yang sering terjadi pada awal kehamilan ini disebabkan oleh beberapa hal.

Berikut ini adalah beberapa penyebab mulut pahit selama masa kehamilan:

1. Adanya perubahan hormon kehamilan

Sejak masa kehamilan, perubahan hormon terjadi di dalam tubuh setiap ibu hamil. Adanya perubahan hormon kehamilan inilah yang sering kali menjadi penyebab utama mulut pahit saat hamil. Hormon estrogen merupakan hormon kehamilan yang paling berkontribusi menjadi penyebab rasa pahit pada mulut ibu hamil.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Selain mengubah selera makan, hormon estrogen selama kehamilan juga telah mengubah sensori pada lidah ibu hamil. Hal inilah yang membuat sensori pada lidah menjadi pahit pada trimester pertama kehamilan.

2. Hubungan kepekaan indera penciuman dan perasa

Perubahan hormon kehamilan juga telah membuat indera penciuman ibu hamil menjadi lebih peka. Penciuman ibu hamil yang semakin sensitif berdampak pada indera perasa. Jadi, apabila ibu hamil mencium makanan tertentu yang memiliki aroma tidak menyenangkan maka hal ini akan merangsang rasa pahit pada mulut.

3. Mual dan muntah saat hamil

Adanya perubahan hormon kehamilan juga telah menyebabkan adanya rasa mual selama hamil. Rasa mual ini memang merupakan gejala awal kehamilan yang sering ditemukan dalam bentuk morning sickness. Rasa mual yang hadir pada morning sickness menyebabkan lidah pahit saat hamil karena sering memuntahkan makanan yang telah dicerna di lambung yang memiliki rasa pahit.

Baca juga: Tips Mengatasi Mual Muntah Saat Hamil

4. Kekurangan asupan makanan

Kurangnya asupan makanan pada ibu hamil akan membuat kondisi morning sickness yang dialami semakin lebih parah. Rasa mual dan sering muntah-muntah pada ibu hamil sudah menyebabkan rasa pahit di mulut.

Mulut pahit saat hamil akan semakin terasa apabila perut ibu hamil kosong karena sedikit makan sehingga membuat ibu hamil memuntahkan cairan asam lambung yang berwarna kekuninggan. Cairan asam lambung yang berwarna kekuningan ini sangat pahit.

5. Diabetes

Penyakit diabetes yang sering terjadi pada beberapa kasus adalah diabetes gestasional. Diabetes gestasional yang diakibatkan oleh perubahan kadar gula yang labil saat hamil ini ternyata bisa menjadi penyebab mulut pahit saat hamil.

6. Asupan vitamin dan mineral

Kita telah mengetahui bahwa ibu hamil sebaiknya mengonsumsi vitamin dan mineral tertentu yang berguna untuk menunjang kehamilan selama 9 bulan lamanya. Vitamin dan mineral yang biasanya dimiliki ibu hamil biasanya memiliki rasa pahit yang membuat lidah pahit saat hamil.

Cara mengatasi mulut pahit saat hamil

Anda tidak perlu khawatir apabila sedang merasakan rasa pahit selama kehamilan ini. Rasa pahit yang sering dirasakan di masa awal kehamilan ini bersifat sementara. Walau bersifat sementara, Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi mulut pahit saat hamil di bawah ini tanpa menunggu rasa pahit ini menghilang dengan sendirinya.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi mulut pahit saat hamil:

1. Sikat gigi dan lidah

Cara mengatasi rasa pahit pada mulut yang sangat mudah dan cepat adalah dengan menyikat gigi dan juga lidah Anda. Sikatlah gigi dan lidah Anda saat mulai merasa pahit di luar dari sikat gigi pada saat mandi pagi dan sore.

2. Berkumur-kumur

Cara mengatasi mulut pahit saat hamil yang cepat selain dengan menyikat gigi dan lidah adalah dengan cara berkumur-kumur. Namun, berkumur-kumur untuk menghilangkan rasa pahit di lidah tidak cukup hanya dengan air saja. Berkumur-kumurlah dengan menggunakan larutan garam. Larutan garam ini terdiri dari satu sendok teh garam dan 800 gram air.

3. Mengubah citarasa pada vitamin ibu hamil

Anda bisa berbicara dengan dokter kandungan Anda untuk tentang mengubah vitamin dan mineral yang Anda konsumsi selama kehamilan. Mintalah untuk diberi resep vitamin dan mineral yang tidak memiliki citarasa pahit.

Baca juga: 5 Manfaat Konsumsi Cokelat Bagi Ibu Hamil

4. Mengonsumsi makanan dan minuman dengan rasa yang nikmat

Cara mengatasi lidah pahit saat hamil juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi cairan dengan berbagai variasi yang nikmat seperti manis dan asam. Jenis makanan dan minuman yang bisa menghilangkan rasa pahit seperti cokelat, jus buah seperti jus jeruk, jus mangga, es lemon, dan lainnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi