Terbit: 16 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat pekerjaan terus menumpuk dan tekanannya semakin meningkat, maka kita akan merasakan gejala stres seperti kepala pusing, susah untuk berkonsentrasi, hingga munculnya jerawat. Menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita segera mengatasi stres ini dengan melakukan latihan pernapasan dan minum air putih. Mengapa harus minum air putih?

doktersehat-minum-air-botol

Dilansir dari Reader’s Digest, konsumsi air putih bisa membantu kita mengatasi stres dengan efektif meskipun dampaknya memang hanya akan berlangsung dalam jangka pendek. Hanya saja, jika kita susah untuk berkonsentrasi saat banyak pekerjaan yang menanti, solusi ini tentu akan cukup efektif.

Tubuh yang sedang terkena stres akan mengalami kelelahan pada bagian kelenjar adrenal. Hal ini membuat fungsi kelenjar ini menjadi tidak maksimal. Padahal, sistem kebebalan tubuh, metabolisme tubuh, dan berbagai sistem lain yang bekerja dalam tubuh dipengaruhi oleh kelenjar ini.

Stres juga bisa memicu perubahan hormon pada tubuh, khususnya dalam hal menurunnya hormon aldosterone yang berperan besar dalam mengendalikan cairan tubuh. Jika sampai hal ini terjadi, jumlah hormon kortisol akan meningkat dan akhirnya memicu gejala-gejala stres seperti pusing dan susah untuk berkonsentrasi.

Dengan mengonsumsi air, maka kita pun bisa kembali mengoptimalkan fungsi dari kelenjar adrenal dalam tubuh. Selain itu, mencukupi kebutuhan air putih juga akan membuat keseimbangan hormon menjadi lebih baik dan mencegah datangnya dehidrasi. Tubuh akan menjadi lebih segar dan kita pun bisa kembali melakukan aktivitas dengan baik.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi